Kenapa Amerika Serikat Dijuluki Negeri Paman Sam?


Kita tahu bahwa negara Amerika Serikat dijuluki Negeri Paman Sam. Rupanya, julukan itu bukan sembarang julukan. Julukan Negeri Paman Sam itu memiliki sejarahnya sendiri. Seperti apa sejarahnya? Berikut asal usul julukan Negeri Paman Sam, seperti dilansir dari History, Selasa (13/9/2016).

Julukan Paman sam atau Uncle Sam itu terkait Samuel Wilson, penyuplai daging sapi dan babi dari Troy, New York, yang menyediakan protein hewani itu untuk Angkatan Darat Amerika Serikat selama Perang 1812.

Samuel Wilson (Priceonomics)
Samuel Wilson (Priceonomics)

Di tong-tong berisi daging yang ia kirimkan, Wilson memberikan cap ‘US’, yang aslinya merupakan singkatan United States. Namun, para tentara kala itu lebih suka mengartikannya sebagai ‘Uncle Sam’ alias Paman Sam. Surat kabar lokal saat itu memuat kisah menarik tersebut. Uncle Sam akhirnya memperoleh penerimaan luas sebagai julukan bagi pemerintah federal AS.

Pada tahun 1860-an dan 1870-an, kartunis politik Thomas Nast mulai mempopulerkan gambar Paman Sam. Ia menggambarkannya sebagai sosok berjanggut putih dan baju bintang dan garis, yang merupakan motif bendera Amerika Serikat.

Paman Sam versi Thomas Nast (Simanaitissays)
Paman Sam versi Thomas Nast (Simanaitissays)

Sosok Paman Sam yang lebih populer diciptakan oleh seniman bernama James Montgomery Flagg. Dalam versinya, Uncle Sam mengenakan topi tinggi dan jas biru, dan jarinya menunjuk ke depan. Selama Perang Dunia I, potret Paman Sam disertai dengan kalimat “I Want You For The U.S. Army” digunakan sebagai poster perekrut tentara. Gambar populer itu pertama kali muncul dalam gambar sampulĀ  Leslie’s Weekly edisi Juli 1916, dengan judul, “What Are You Doing for Preparedness?”. Poster tersebut akhirnya tersebar luas, digunakan berkali-kali untuk beragam tujuan dan maksud, hingga kini.

Paman Sam versi James Montgomery Flagg (Wikipedia)
Paman Sam versi James Montgomery Flagg (Wikipedia)

Pada September 1961, Kongres AS mengakui Samuel Wilson sebagai “kakek moyang simbol nasional Amerika Paman Sam.”

Samuel Wilson pada akhirnya tutup usia di usia 88 tahun pada tahun 1854. Ia dimakamkan di samping istrinya, Betsey Mann di Pemakaman Oakwood di Troy, New York, kota yang menyebut dirinya sebagai “The Home of Uncle Sam.” Rumahnya Paman Sam.

“Paman Sam — kematian Sam Wilson, warga senior Troy yang sepuh, dihormati, dan giat dalam hidupnya akan selalu dikenang oleh mereka yang familiar dengan insiden Perang 1812, sebagai asal-usul julukan populer bagi ‘Amerika Serikat’,” tulis Troy Daily Whig menyampaikan berita duka meninggalnya Samuel Wilson pada 3 Agustus 1854. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
60
Love
OMG OMG
50
OMG
Yaelah Yaelah
80
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
70
Keren Nih
Ngakak Ngakak
101
Ngakak