Salut, Gadis Non Muslim Ini Ajarkan Baca Alquran untuk Anak-anak


Wajar jika ada seseorang yang beragama Islam dan dia pandai membaca kitab suci Alquran serta mengajarkan cara bacanya ke anak-anak yang belum bisa baca. Namun bagaimana jika hal itu justru dilakukan oleh orang non Muslim? Itulah yang terjadi pada gadis asal India ini.

Pooja Kushwaha (18 tahun), adalah seorang gadis India beragama Hindu berasal dari Agra, sebuah kota kuno di negara bagian Uttar Pradesh, India. Namun, walaupun beragama Hindu, Pooja, begitu akrab disapa, ternyata dapat membaca Alquran. Dan bukan hanya itu, ia pun kini mengajarkan anak-anak Muslim di sekitar rumahnya belajar mengaji Alquran, sesuai kaidah tajwid yang cukup baik.

Murid-murid dari gadis yang kini duduk di kelas XII sekolah menengah itu, kini berjumlah 45 anak, yang ia ajar sore hari seusai pulang sekolah. Anak-anak asuhannya umumnya berasal dari keluarga tidak mampu, dan ia pun mengajari mereka membaca ayat-ayat kitab suci Alquran secara sukarela alias gratis.

Pooja mengajar Alquran (India)
Pooja mengajar Alquran (India)

Dilansir dari India Times, Jumat (11/11/2016), orangtua salah satu murid yang diajarkan oleh Pooja mengungkapkan bahwa ia sangat kagum dengan apa yang dilakukan oleh Pooja. Masih berusia 18 tahun, tapi Pooja sudah memiliki pikiran yang sangat terbuka, apalagi ia mau mengajarkan anak-anak di Sanjay Nagar, Agra, India dengan secara sukarela.

â??Saya bahagia karena anak saya memiliki guru seperti Pooja. Agamanya adalah hal terakhir yang saya pikirkan ketika menitipkan anak saya untuk belajar membaca Alquran dengannya,â? ungkap salah satu orangtua murid, Reshma Begum.

Lalu, mengapa gadis yang beragama Hindu ini bisa membaca dan mengajarkan Alquran pada anak-anak Muslim? Hal ini berawal dari beberapa tahun yang lalu, ketika seorang guru Al-Quran dan Bahasa Arab, Sangeeta Begum, yang mengajar di wilayah Agra.

Sangeeta yang lahir dari ayah Muslim dan ibu Hindu, mengadakan kursus kelas Alquran untuk anak-anak. Termasuk Pooja kala itu, walau bukan anak Muslim, mengikuti kursus tersebut. Dia rupanya tertarik dengan bacaan Alquran yang diajarkan gurunya. Lalu, dia pun rajin dan tekun menghadiri setiap pelajaran dari Sangeeta. Bahkan, ia dengan cepat menjadi salah satu murid yang baik bacaan Alquran-nya.

Karena ada beberapa masalah pribadi, Sangeeta Begum pindah ke tempat lain dan tidak lagi mengajar Alquran di kelas anak-anak ngajinya. Sebelum pergi, dia meminta kepada Pooja yang dianggap cukup baik dan cakap mengajar, untuk meneruskan â??warisanâ??-nya. â??Dia berpesan kepada saya sebuah ajaran penting dalam Islam, bahwa tidak ada gunanya memperoleh pengetahuan jika tidak berbagi,â? katanya. Maka, sejak saat itu pula dirinya mencoba melanjutkan mengajar mengaji Alquran.

Pooja mengajar Alquran (India)
Pooja mengajar Alquran (India)

Salah satu pemimpin Muslim terkemuka di kota Agra, Haji Jamiluddin Qureshi (70 tahun), yang memimpin banyak forum sosial dan memiliki sekolah sendiri, mengatakan, â??Ini sungguh membesarkan hati saya, bahwa ada contoh langka seperti dia di kota kami. Pooja adalah seorang guru yang mengajarkan membaca Alquran dengan baik. Soal agamanya tidak masalah asalkan dia mampu mengajarkan kitab suci Alquran ini dengan baik. Selain itu, Islam tidak keberatan bila ada umatnya yang belajar Bahasa Arab atau membaca Alquran dengan siapa pun.â?

Salut untuk Pooja. Semoga makin banyak orang di dunia ini yang seperti dia.

Berikut ini videonya.

(tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
40
Love
OMG OMG
30
OMG
Yaelah Yaelah
60
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
50
Keren Nih
Ngakak Ngakak
80
Ngakak