Fakta-fakta Pulau Bali yang Belum Kamu Tahu


Pulau Bali sudah menjadi tujuan wisata bagi kebanyakan orang Indonesia. Bahkan, turis mancanegara juga tak sedikit yang menjadikan Bali sebagai tujuan utama wisata mereka. Meski sudah banyak dikenal, rupanya tak semua tahu ada beberapa fakta dari Bali itu sendiri. Dilansir jadiBerita dari Villa-balicom, Selasa (15/11/2016), berikut adalah 15 fakta tentang Bali yang mungkin belum kamu tahu.

Pantai di Bali (Baliguide)
Pantai di Bali (Baliguide)

1. Banyak nama orang Bali yang sama. Hal ini dikarenakan oleh adat istiadat mereka yang mengharuskan menamakan seseorang berdasarkan urutan saudara di dalam keluarga. Untuk anak pertama harus memiliki nama Wayan atau Putu, anak kedua Made atau Kadek, anak ketiga Nyoman atau Komang dan anak keempat Ketut.

2. Seperti halnya panggilan Mas/Mbak untuk orang Jawa, warga Bali juga memiliki panggilannya sendiri. Untuk pria, panggilannya adalah Bli, sementara untuk wanita ada Gek (untuk wanita lebih muda) dan Mbok (untuk wanita lebih tua).

3. Setiap hari orang Bali akan memberikan sajen untuk para leluhur berupa bunga, biskuit atau permen atau uang yang ditaruh di atas janur yang telah dibentuk menyerupai kotak. Sajen ini bisa ditaruh di mana saja, seperti misalnya di jalan, rumah, pura, bahkan di tempat berjualan. Persembahan ini ditujukan untuk para dewa dalam rangka permohonan keselamatan dan kesejahteraan.

4. Turis yang berkunjung ke Bali bisa mencapai 5 juta orang menurut data statistik tahun lalu.

5. Peak season di Bali adalah pada bulan Juni-Agustus dilanjutkan bulan November akhir hingga akhir Januari.

Bali (Asiawebdirect)
Bali (Asiawebdirect)

6. Bali Selatan yang meliputi Seminyak, Kuta, Legian, Jimbaran, Uluwatu dan sekitarnya adalah tempat yang akan sangat padat dengan turis ketika peak season. Kepadatan mulai dari bandara hingga perbatasan Seminyak dan Canggu.

7. Turis asing yang paling banyak berlibur di Bali adalah orang Australia, disusul dengan orang Tionghoa.

8. Saat menjemur pakaian, kamu tidak boleh menaruh jemurannya di tiang paling atas yang melebihi kepala.

9. Apabila kamu seorang wanita dan sedang mengalami menstruasi, kamu dilarang masuk ke dalam pura atau tempat-tempat wisata yang dianggap suci karena dianggap sedang berada dalam keadaan kotor.

10. Kamu bakal menemukan banyak makanan yang dijual di Bali mirip dengan makanan di Pulau Jawa dengan nama yang berbeda seperti Lalapan yang berarti Pecel Ayam/Lele, Tipat Cantok yang berarti Ketoprak atau Gado-Gado.

Budaya Bali (Thebalitimes)
Budaya Bali (Thebalitimes)

11. Polisi adat di Bali jauh lebih berperan dari polisi nasional.

12. Pajak restoran yang diterapkan kebanyakan tempat cukup tinggi, yaitu mencapai 21%.

13. Kamu harus punya kartu penduduk asli Bali atau paling tidak kartu tanda penduduk sementara saat tinggal di Bali. Apabila polisi adat sedang bertugas dan memeriksa tempat kamu dan tidak menemukan kartu tanda penduduk tersebut, maka kamu akan disidang di balai adat.

14. Kamu akan sangat mudah berinteraksi dengan para bule dan menemukan banyak bule laki-laki yang mengendarai motor tanpa baju atasan, helm dan bahkan alas kaki.

15. Bali termasuk ke dalam salah satu pulau terbaik di dunia. Menurut majalah wisata bergengsi dari Amerika Serikat, Travel+Leisure, Bali menempati urutan ke-10 pulau terbaik di dunia. Tak hanya di penghargaan Travel+Leisure, situs perjalanan TripAdvisor, juga mengeluarkan penghargaan “Traveler’s Choice 2016”, khusus untuk kategori “Pulau Terbaik di Dunia”, Bali menempati urutan ke-5. Sedangkan untuk kategori “Pulau Terbaik di Asia”, Bali berada di peringkat pertama. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
10
Love
OMG OMG
100
OMG
Yaelah Yaelah
30
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
20
Keren Nih
Ngakak Ngakak
50
Ngakak