Pulau Sombori (@deedeecaniago)

Raja Ampat dikenal sebagai destinasi wisata favorit yang ada di bagian timur Indonesia. Hampir semua orang di Indonesia mendambakan liburan di Raja Ampat, tapi sayangnya liburan ke Raja Ampat tak bisa dengan mudah diwujudkan karena terkendala masalah biaya. Budget yang harus dikeluarkan untuk liburan ke Raja Ampat memang tergolong cukup mahal di banding wisata-wisata lainnya di Indonesia. Pasalnya untuk mencapai daerah ini dibutuhkan perjuangan dan kerja keras yang lumayan. Tapi kamu tak perlu khawatir lagi karena ternyata ada lima spot wisata di Indonesia yang pemandangannya sangat mirip dengan Raja Ampat. Yuk, lihat!

1. Pulau Sombori

Pulau Sombori (@like_palu)

Spot pertama yang mirip dengan Raja Ampat bisa kamu temukan di Pulau Sombori yang terletak di Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah. Di sini kamu bisa melihat panorama pulau-pulau kecil yang mirip dengan gugusan pulau-pulau di Raja Ampat. Tak hanya bisa berfoto-foto ria dari atas bukit, tapi kamu juga bisa melakukan kegiatan snorkeling karena terumbu karang yang ada di sini masih bagus dan alami. Airnya sangat bening dan jernih sehingga kamu bisa betah lama-lama berada di dalam air.

2. Ulu Kasok

Ulu Kasok (@wahyurdh)

Banyak orang yang belum tahu kalau Riau juga memiliki destinasi wisata alam yang sangat memukau. Ulo Kasok yang terletak di Desa Pulau Gadang ini sering dijuluki sebagai kembaran Raja Ampat di Riau. Saat melihat pemandangan yang dimiliki Ulu Kasok, kamu pasti akan langsung setuju dengan julukan tersebut. Berhubung kawasan ini masih belum terjamah banyak wisatawan, jadi fasilitas yang disediakan tidak lengkap seperti tidak adanya pedagang makanan. Kamu juga harus menempuh medan jalanan berbatu yang tidak rata. Tapi tenang saja, saat sudah sampai di tujuan, semua itu seolah terbayar dengan keindahan yang ditawarkan Ulu Kasok.

3. Pantai Kasap

Pantai Kasap (@belladhevi)

Bagi kamu yang tinggal di Pulau Jawa, tak perlu jauh-jauh ke luar pulau karena kamu bisa menikmati pemandangan seperti Raja Ampat di Pacitan, Jawa Timur. Pantai Kasap yang berada di Watukarung, pesisir selatan Pacitan ini akan memukaumu dengan pemandangan alamnya yang sangat indah seperti di Raja Ampat. Ada gugusan pulau-pulau kecil yang sangat hijau berpadu dengan birunya air laut. Pantai ini memiliki karakteristik pantai selatan yakni berpasir halus dan memiliki ombak yang besar. Tak heran jika kamu akan merasakan angir semilir yang cukup kencang saat berada di pantainya.

4. Waduk Bajulmati

Waduk Bajul Mati (blog.reservasi.com)

Masih berada di kawasan Jawa Timur, ada Waduk Bajulmati yang bisa kamu kunjungi kapan saja secara gratis. Waduk ini terletak di perbatasan antara Banyuwangi, Situbondo, dan Bondowoso. Di Waduk Bajulmati terdapat gundukan-gundukan tanah besar yang menyerupai bukit-bukit kecil di Raja Ampat. Tak heran kalau banyak orang yang datang ke sini untuk berfoto layaknya sedang pergi berlibur di Raja Ampat. Waduk yang dibuat pada tahun 2006 ini bisa menjadi pembangkit listrik, saluran irigasi sawah, penyedia air untuk masyarakat setempat, serta bisa menahan banjir.

5. Pulau Mandeh

Teluk Mandeh (minangtourism.com)

Pot wisata mirip Raja Ampat yang terakhir adalah Pulau Mandeh yang berlokasi di Teluk Mandeh, Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Kawasan ini dikelola dengan baik oleh pemerintah dan penduduk setempat sehingga kamu akan menemukan fasilitas lengkap mulai dari tempat duduk nyaman yang disediakan khusus untuk bersantai sambil menikmati pemandangan hingga penjual makanan sehingga kamu tak perlu khawatir kelaparan. Tapi untuk sampai ke puncak Pulau Mandeh ini kamu harus berjalan kaki terlebih dahulu selama kurang lebih 10 menit ya JBers!

Mirip-mirip bukan spot wisata di atas dengan Raja Ampat? Tunggu apalagi, langsung agendakan liburanmu ke salah satu spot wisata di atas! (rei)