Kerajinan tangan (Pixabay)

Ide untuk menjalankan bisnis bisa datang dari mana saja, bahkan dari hal yang paling dekat dengan kamu. Salah satu contohnya adalah barang bekas. Barang-barang bekas yang ada di rumah biasanya suka menumpuk dan terkadang dibuang begitu saja. Nah, daripada sayang mending kita alihfungsikan jadi barang yang lebih berguna, dan yang lebih penting lagi bisa dijadikan uang. Berikut ini 5 kreasi keren yang bisa kamu buat dari barang bekas.

1. Pot bunga dari botol bekas

Kerajinan dari botol bekas (Seruni)

Dari botol bekas minuman soda, kamu bisa kreasikan menjadi pot bunga yang lucu, seperti gambar di atas. Selain lucu, pot bunga dari botol bunga ini juga mudah dibuatnya. Ambil botol air mineral bekas berukuran besar, kemudian potong menjadi setengah bagian, ambil bagian bawahnya. Kamu bisa kreasikan dengan memberika warna, motif, dan tempelan sebagai hiasan. Masukan tanah dan tanaman yang akan ditanam.

2. Gantungan dari sendok dan garpu bekas

Gantungan (Homesthestic)

Untuk membuat kreasi unik seperti ini barang yang dibutuhkan hanya garpu, sendok bekas, papan kayu, lem, dan cat warna sesuai selera. Papan kayu terlebih dahulu dibuat ukuran kecil sekitar 10×10 cm, kemudian beri cat warna tempelkan sendok/garpu yang sebelumnya sudah dibengkokan, kemudian tempelkan ke dinding rumah kamu. Bisa buat menaruh kunci motor/mobil, dan jadi gantungan serba guna lainnya.

3. Tempat pensil dari koran bekas

Tempat pensil dari koran (Ratakan)

Tempat pensil ini dibuat dari koran bekas dengan membentuk gulungan panjangan dibuat menjadi banyak, kemudian dibuat seperti tabung dengan menggabungkan gulungan koran seperti anyaman, selang-seling. Agar lebih colorful kamu bisa memberinya warna. Seperti yang bisa kamu lihat di atas, tempat pensil dari koran ini tak terlihat terbuat dari koran bekas.

4. Kursi dari ban bekas

Kursi dari ban bekas (Edukreatif)

Punya ban bekas yang nggak terpakai? Jangan dibuang, karena ban bekas itu masih bisa disulap menjadi hal yang berguna, seperti salah satunya kursi. Cara membuatnya pun relatif mudah. Kamu bisa membuatnya dengan menggabungkan 2 ban bekas sebagai kursi yang bagian pinggirnya diberi kayu sebagai penyangga. Untuk mejanya kamu hanya menggabungkan dengan memberinya lem. Beri warna jika ingin terlihat lebih menarik.

5. Lampu gantung dari botol bekas

Lampu dari botol bekas (Fatinia)

Agar dekorasi terlihat mewah, kamu nggak perlu beli lampu mahal, cukup beli lampu biasa, ditambah dengan botol bekas. Kamu bisa menggunakan botol bekas sirup yang terbuat dari beling untuk membuat hiasan ini. Caranya adalah potong bagian bawah untuk menjadi tempat lampu, lalu pasang dan rekatkan menggunakan lem yang sesuai, kemudian sambungkan dengan aliran listrik dan nyalakan.

Nah, itulah tadi 5 kreasi yang bisa kamu jadikan ide bisnis. Selain barangnya mudah didapat, kamu nggak butuh modal banyak. Selamat berkreasi! (tom)