Mengenal Manusia Kerdil ‘Hobbit’ Nyata di Dunia yang Berasal dari Indonesia


Pernah mengenal kata The Hobbit? Yup, si manusia kerdil yang populer dalam film Lord of The Rings. Dalam kisahnya, manusia mini yang punya tinggi badan kurang dari 130 cm ini digambarkan tokoh baik yang tinggal di Eropa.

Nah, ternyata tak perlu jauh-jauh di Eropa. Konon, manusia kerdil ini hidup di Indonesia, lho. Bahkan, masih eksis hingga sekarang. Berada di Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Di sana kamu bakalan menemukan sebuah kampung yang dihuni oleh manusia bertubuh pendek layaknya Hobbit.

Dalam bahasa ilmiah, Hobbit Flores ini bernama Homo Floresiensis. Jangan salah, meskipun ukurannya mini tapi para Hobbit ini diceritakan sangat cerdas dan punya keberanian tinggi. Beberapa tahun lalu para arkeolog berhasil menemukan Hobbit di sebuah gua bernama Liang Bua.

Pinterest
Pinterest

Melansir JadiBerita dari Boombastis, Homo Floresiensis ini memiliki tinggi rata-rata hanya sekitar 110 sentimeter alias sepinggang orang dewasa. Diperkirakan makhluk ini berusia sekitar 95.000-12.000 tahun lalu dan sudah hidup cukup cerdas dengan ditemukannya pula alat-alat sederhana di sekitar kerangka mereka.

Ternyata, ‘keturunan’ Hobbit Flores ini masih ada hingga kini, lho. Saat ini 70 dari 250 warga di dusun sekitar gua Liang Bua ini memiliki tinggi kurang dari 150 cm. Mayoritas warganya bekerja sebagai petani atau buruh proyek dengan upah Rp 30 ribu per hari.

Salah satu penduduk Liang Bua (floresbangkit.com)
Salah satu penduduk Liang Bua (floresbangkit.com)

Selain Hobbit Flores, Gua Liang Bua ini cukup populer di kalangan wisatawan yang singgah ke Flores. Hal ini lantaran misteri kisah nenek moyang manusia kerdil yang tinggal di gua secara turun-temurun yang bikin orang-orang penasaran. Nah, buat kamu yang berkunjung ke Flores, tak ada salahnya singgah ke Gua unik ini, lho, JBers!

Masih penasaran? Yuk lihat tayangan video berikut ini.


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
90
Love
OMG OMG
80
OMG
Yaelah Yaelah
10
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
100
Keren Nih
Ngakak Ngakak
30
Ngakak