Ini Dia 5 Mal Terbesar di Dunia


Mal telah menjadi tujuan anak-anak muda untuk berbelanja atau untuk sekadar jalan-jalan. Di Indonesia sendiri ada beberapa mal yang terkenal. Rupanya, mal yang ada di Indonesia ini tidak ada apa-apanya dibandingkan mal yang ada di negara lain, karena ukurannya jauh lebih besar, sehingga masuk ke daftar mal terbesar di dunia. Dilansir jadiBerita dari berbagai sumber, berikut adalah 5 mal terbesar di dunia.

1 Utama, Malaysia

1 Utama (First Nation Wide)

Ini dia mal terbesar yang ada di Malaysia. Dibuka pada tahun 1995 di Selangor, Malaysia, 1 Utama pada awalnya bukanlah mal yang sangat besar namun kemudian tahun 2003, bagian gedung baru ditambahkan ke dalamnya. Kini mal tersebut memiliki 2 bagian sayap gedung yang setidaknya terdapat 700 toko di dalamnya dengan 4 departemen store terbesar yaitu AEON, Isetan, Parkson dan Tangs. Di hari-hari biasa jumlah pengunjung dari mal ini adalah sekitar 60 ribu sampai 90 ribu pengunjung, sedangkan di hari libur jumlah pengunjung minimalnya adalah 120 ribu pengunjung. Mal ini memiliki luas 465 ribu meter persegi.

Isfahan City Center, Iran

Isfahan City Center (Skyscrapercity)

Isfahan City Center adalah pusat perbelanjaan terbesar yang ada di Iran. Terletak di pusat kota Isfahan, pembangunannya saja dilakukan secara bertahap hingga menjadi 4 tahap pembangunan. Selain merupakan salah satu mal terbesar di dunia, Isfahan City Center juga adalah salah satu mal unik yang di dalamnya berisikan museum, hotel bintang 5, 7 bioskop, World Trade Center (WTC), International Financial Center (IFC) dan 750 toko. Luas mal ini adalah 465.500 meter persegi.

SM Megamall, Filipina

SM Megamall (Arquitectonica)

Jika mall-mall terbesar lainnya hanya terbesar di negaranya, maka mall SM Megamall ini adalah yang terbesar di Asia Tenggara. Terletak di Filipina dan dibangun pada tahun 1989, kini mal ini memiliki sekitar 1.100 toko dan 400 restoran. Yang mengagumkannya adalah mal ini dapat menampung 4 juta pengunjung. Mal dengan luas 506.435 meter persegi ini dibagi menjadi 8 bagian yakni City Center, Interior Zone, The Annex, The Block, The Warehouse Club, Sky Garden, Northlink dan Grass Residence.

Golden Resource Mall, Tiongkok

Golden Resource Mall (Constructionweekonline)

Sejak berdiri pada tahun 2004, selama 1 tahun, Golden Resource Mall adalah mal terbesar di dunia dengan luas 557.419 meter persegi. Hingga akhirnya digeser oleh New South China Mall pada tahun 2005. Golden Resource Mall juga di kenal sebagai Jin Yuan yang dapat diartikan Great Mall of China.

Pada awal pembangunannya diharapkan bahwa akan terdapat setidaknya 50 ribu orang yang belanja di mal tersebut, akan tetapi hal ini tidak sesuai dengan harapan karena ternyata sebagian besar barang yang dijual di mal ini terlalu mahal. Ditambah lagi letak posisi dari mal ini yang tidak strategis dimana bukan berada di daerah pusat perbelanjaan Beijing. Alasan lain mengapa mal ini tidak sesukses mal besar lainnya adalah karena kebanyakan toko tidak menerima kartu kredit luar negeri yang menyebabkan kunjungan turis agak sepi.

New South China Mall, Tiongkok

New South China Mall (CNN)

Berdasarkan luas wilayah maka New South China Mall adalah mal terbesar di dunia yang memiliki luas hingga 659 ribu meter persegi. Berada di kota Dongguan, Tiongkok, mal ini dapat menampung hingga 2.350 toko dengan konsep awal toko-toko ini akan dibagi menjadi beberapa nama daerah di dunia, seperti Amsterdam, California, Caribbean, Egypt, Paris, Rome dan Venice. Ironisnya karena mal ini terlalu besar dan dapat menampung banyak sekali toko, namun tidak seluruh daerah toko dapat dijangkau oleh pengunjung. Hal ini menyebabkan para pengunjung hanya berkunjung di bagian depan mal saja yang sebagian besarnya berisikan restoran siap saji. Sampai pada akhir tahun 2013 masih ada 1/3 bagian mal yang belum ditempati, dengan kata lain sebagian besar mal ini tidak berpenghuni. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
40
Love
OMG OMG
30
OMG
Yaelah Yaelah
60
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
50
Keren Nih
Ngakak Ngakak
80
Ngakak