5 Tips Pintar Menghemat Biaya Kartu Undangan Pernikahan

Undangan Pernikahan (thewedding.id)

Apa saja yang harus dipersiapkan pasangan yang akan menikah? Melakukan foto prewedding, memesan gedung atau tempat resepsi pernikahan, catering, baju pernikahan, souvenir, dan yang tak boleh ketinggalan adalah kartu undangan pernikahan. Kartu undangan pernikahan bukanlah sekedar kartu undangan biasa karena berisi tentang informasi penikahan kalian berdua.

Oleh karena itu, kartu undangan pernikahan ini memegang peranan yang sangat penting sehingga terkadang kamu harus mengeluarkan budget lebih untuk membuat kartu undangan dengan design apik dan memikat sehingga para tamu undangan semakin penasaran dan ingin cepat datang ke acara pernikahan kamu.

Lalu bagaimana jika kamu memiliki budget yang minim untuk biaya kartu undangan pernikahan? JadiBerita punya lima tips pintar nih buat kamu menghemat biaya kartu undangan pernikahan. Yuk lihat!

1. Mencari Referensi

Mencari Referensi (images.britcdn.com)

Sebelum kamu membuat kartu undangan pernikahan, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mencari referensi sebanyak mungkin. Mulai dari tema kartu undangan, bahan yang digunakan, serta range harganya. Usahakan untuk mencari tema kartu undangan pernikahan yang sesuai dengan tema pernikahanmu terlebih dahulu. Jika tema sudah ditentukan, kamu pasti bisa dengan mudah mencari kisaran harga dari masing-masing percetakan. Bahan pembuatnya seperti kertas yang digunakan sangat berpengaruh besar pada harga kartu undangan pernikahan sehingga kamu harus cermat ya memilih bahannya.

2. Buatlah yang Simple

Kartu Undangan yang Simple (apis.xogrp.com)

Biasanya ada orang yang ingin kartu undangan pernikahannya terlihat mewah sehingga bisa membuat para tamu undangan terkesan dan penasaran ingin datang. Mereka akan menggunakan kertas yang cukup tebal dengan tambahan ukiran yang diberi glitter agar terlihat mewah. Tapi tak selamanya mewah itu terlihat bagus loh JBers karena kamu juga bisa membuat para tamu undangan terkesan dengan design kartu undangan pernikahanmu yang simple. Cari bahan kertas yang tak terlalu tebal sehingga harganya bisa lebih murah. Tambahkan gambar-gambar bunga-bunga yang cantik untuk menggantikan ukiran dengan glitter.

3. E-Invitation

E-invitation (ruffledmedia)

E-invitation alias undangan digital ini memang banyak menuai pro dan kontra. Pasalnya, ada sebagian orang yang menganggap kalau e-invitation ini terkesan kuran sopan dan tidak formal dibanding undangan fisik. Kamu bisa menyiasatinya dengan hanya mengirimkan e-invitation kepada teman-temanmu sedangkan jika kamu mengundang orang yang lebih tua, kamu bisa memberikan undangan dalam bentuk fisik. E-invitation bisa berupa website pernikahan yang bisa dikunjungi teman-temanmu atau kamu juga bisa mengirimkan e-invitation berupa gambar undangan berbentuk jpg atau png yang kamu kirimkan melalui facebook, whatssapp, atau sosial media lainnya.

4. Membuat Sendiri

Undangan Pernikahan dari Kardus Bekas (pinimg.com)

Cara pintar untuk menghemar biaya kartu undangan pernikahan adalah dengan membuat kartu undangan sendiri. Caranya? Kamu bisa mengambil tema nature seperti mempergunakan bahan-bahan daur ulang seperti kertas daur ulang untuk membuat undangan pernikahanmu agar terlihat unik dan menarik. Selain kertas daur ulang, kamu juga bisa menggunakan karton bekas yang dipadu dengan tile atau renda agar terlihat cantik. Memang terlihat repot dan melelahkan,

5. Cari Vendor

Cari Vendor (grouponcdn.com)

Tak mau repot bikin sendiri? Cobalah untuk mencari vendor dari gedung pernikahan, catering, hingga wedding organizermu. Biasanya vendor akan memberikan diskon khusus buat kamu sehingga kamu bisa mendapatkan harga kartu undangan pernikahan yang lebih murah. Jika diskon dari vendor masih kurang, cobalah untuk mencari teman yang punya rekanan percetakan agar kamu bisa mencetak kartu undangan pernikahan dengan harga murah.

Bagaimana JBers, kira-kira kamu ingin gunakan tips yang mana? (jow)

Written by Merna Arini

Buka jendela ilmu dengan membaca.

5 Tipe Cowok yang Paling Didambakan Cewek untuk Diajak ke Pelaminan

Ingin Mantan Menyesal Mutusin Kamu? Coba Pakai 5 Cara Pintar Ini