Mengintip Indahnya Pulau Anambas Riau yang Jadi Terbaik di Asia


Pulau Anambas di Riau (mongabay.co.id)

Keindahan alam Indonesia memang tak akan ada habisnya jika kamu jelajahi. Selalu saja ada tempat yang keindahannya yang bisa membuatmu tercengang kagum. Salah satu tempat yang keindahannya bisa memukau kamu adalah Pulau Anambas yang berada di ujung utara pulau Sumatera dan berbatasan negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia. Beberapa tahun belakangan ini, Pulau Anambas memang sedang naik daun dan banyak diperbincangkan oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Pada tahun 2012, Pulau Anambas dinobatkan menjadi pulau tropis terbaik di Asia versi CNN.com mengalahkan  Koh Chang di Thailand, Langkawi di Malaysia, Halong Bay di Vietnam) dan Similan di Thailand.

Kepulauan Anambas (kompas.com)

Jika Raja Ampat disebut sebagai surga Indonesia di bagian Barat, maka Pulau Anambas dijuluki sebagai surga Indonesia di bagian Timur. Karena julukan ini jugalah yang membuat banyak orang penasaran seindah apa sih Pulau Anambas ini. Pulau Anambas ini sebenarnya adalah kepulauan yang terdiri dari gugusan pulau-pulau kecil yang masuk dalam wilayah Riau. Tercatat ada sekitar 200 lebih pulau yang masuk dalam Kepulauan Anambas, dari ratusan pulau tersebut, hanya 30-an pulau saja yang berpenghuni, seperti Pulau Bawah, Pulau Durai, Pulau Penjalin, Pulai Selai, Pulau Ayam, dan masih banyak lagi.

Gugusan Pulau di Kepulauan Anambas (kompas.com)

Pulau Anambas ini terkenal akan lagunanya, yakni danau air laut yang sangat jernih sehingga kamu bisa dengan mata telanjang melihat bagian dasarnya dengan sangat jelas. Jernihnya laguna yang ada di Pulau Anambas ini menjadikannya setara dengan laguna yang ada di Bora-bora, Tahiti. Pulau Anambas memiliki pasir putih halus yang terbentang landai di sepanjang pantai-pantainya. Air lautnya yang biru jernih membuat tempat ini menjadi spot wisata diving hingga snorkeling favorit bagi para wisatawan yang datang. Spot diving dan snorkeling di sini memang terpencil namun kamu pasti akan puas karena bisa melihat biota laut yang beraneka ragam dan menyebar dengan rata.

Bawah Laut Kepulauan Anambas (news.swipeloud.com)

Di kedalaman sekitar sepuluh meter, kamu bisa melihat koral aneka warna serta aneka terumbu karang mulai dari karang bercabang hingga karang meja dengan pemandangan yang sangat eksotis. Jika kamu tak suka diving atau snorkeling, kamu bisa bersantai sambil berjemur di pinggir pantai sambil menatap keindahan birunya laut yang berpadu dengan birunya langit. Kamu juga bisa melihat penyu-penyu yang ada di sekitar pantai karena Pulau Anambas ini terkenal sebagai habitat penyu, mulai dari penyu sisik hingga penyu belimbing.

Pulau Anambas di Riau (kompas.com)

Buat kamu yang ingin melihat langsung keindahan Pulau Anambas, kamu bisa sampai ke lokasi dengan dua cara, yakni lewat jalur laut dengan menumpang kapal Pelni yang berlayar dua minggu sekali dan kapal Perintis yang jadwal keberangkatannya suka berubah-ubah. Cara kedua adalah dengan jalur udara lewat Tanjung Pinang ke Bandara Matak lalu naik speedboat ke Tarempa, Pulau Anambas. Jika kamu dari Batam, kamu bisa naik pesawat Fokker 50 dari perusahaan Conoco Philip dengan rute Jakarta-Batam-Matak kemudian naik speedboat ke Tarempa. Waktu yang tepat untuk kamu datang ke Pulau Anambas ini adalah pada bulan sekitar bulan Maret-Mei karena curah hujan tidak terlalu tinggi. Saat curah hujan tinggi, kondisi laut tidak menentu sehingga akan menyulitkan kamu mencapai lokasi. Yuk, segera agendakan untuk liburan bersama teman-temanmu ke Pulau Anambas ini! (jow)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
70
Love
OMG OMG
60
OMG
Yaelah Yaelah
90
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
80
Keren Nih
Ngakak Ngakak
10
Ngakak