Dont be Captious
Karakter Ridwan Kamil Walikota Bandung (tstatic.net)

5 Karakter Ridwan Kamil yang Patut Dijadikan Inspirasi Anak Muda

Ridwan Kamil atau yang lebih sering disapa dengan panggilan Kang Emil ini namanya memang semakin diakui di dunia politik sejak menjabat sebagai Walikota Bandung pada tahun 2013. Banyaknya perubahan yang ia lakukan untuk kota Bandung membuat pria kelahiran 4 Oktober 1971 ini menjadi inspirasi banyak orang terutama anak muda. Berawal dari seorang arsitek dengan segudang prestasi, kini Ridwan Kamil bisa dibilang sukses menata kota Bandung dan meraih banyak penghargaan dari berbagai pihak. JadiBerita kali ini merangkum lima karakter Ridwan Kamil yang patut untuk dijadikan inspirasi anak muda, yaitu:

1.Cinta Tanah Air

Cinta Tanah Air (www.suratkabar.id)

Kecintaan Ridwan Kamil akan tanah airnya, terutama kampung halamannya tidak usah kamu ragukan lagi. Pasalnya saat kariernya sedang naik pesat di Amerika, ia justru ingin kembali ke Indonesia untuk membangun negerinya sendiri dimulai dari kampung halamannya di Bandung. Saat ini sangat jarang anak muda berprestasi serta memiliki otak cerdas yang mau tinggal di dalam negeri. Mereka akan lebih memilih untuk tinggal di luar negeri jika ditawari penghasilan yang lumayan besar. Oleh karena itu, kecintaan Ridwan Kamil pada Indonesia patut kamu tiru.

2.Peduli Lingkungan

Peduli Lingkungan (majalahkuntum.com)

Kembalinya Ridwan Kamil dari Amerika ke Indonesia adalah untuk memajukan kota Bandung, terutama lingkungan yang ada di kota Bandung. Bandung yang awalnya hanya dipandang sebelah mata, kini disulap menjadi kota yang ramah wisatawan dan menjadi tempat yang menyenangkan untuk dihuni warganya. Hal ini dikarenakan Ridwan Kamil berani memberikan gebrakan baru dengan mengubah beberapa taman kota di Bandung menjadi taman kota yang unik tapi tetap asri dan teduh sehingga nyaman untuk dikunjungi. Selain itu, ia juga menggagas Smart Bike Sharing yang baru saja di resmikan bulan Maret 2017 yang lalu.

3.Berpikir Out of The Box

Out of the Box (okezone.com)

Inovatif, kreatif, dan inspiratif, ketiganya adalah sosok Ridwan Kamil yang membuat banyak orang menjadikannya inspirasi. Saat menjadi arsitek, ia telah membuat banyak karya yang unik dan out of the box sehingga menjadikannya arsitek yang menjual nilai jual tinggi. Begitu pula saat ia menjabat sebagai walikota Bandung, ia membuat beberapa taman tematik yang unik dan ditujukan untuk anak muda dan juga lansia. Taman tematik yang sudah ia buat seperti Taman Jomblo, Taman Pasupati, Taman Pustaka Bunga, dan masih banyak lagi. Cara berpikirnya yang out of the box ini menjadi inspirasi bagi anak muda untuk selalu jangan takut mengembangkan ide-ide kreatif dan mewujudkannya.

4.Pantang Menyerah

Pantang Menyerah (kompasiana.com)

Sudah bukan rahasia lagi kalau Ridwan Kamil adalah orang yang pantang menyerah. Hidupnya yang dulu pernah mengalami jatuh bangun saat berada di Amerika membuat ia menjadi pribadi yang pantang menyerah. Jatuh bangun dalam hidup itu adalah hal yang biasa terjadi. Ia memiliki prinsip yang kuat kalau jika kita pantang menyerah dan terus berusaha, maka akan selalu ada jalan untuk menyelesaikan permasalahan hidup yang sedang kita hadapi. Jadi jangan malas dan tetap terus berusaha ya JBers demi meraih cita-citamu.

5.Berkomitmen dan Bertanggung Jawab

Berkomitmen dan Tanggung Jawab (okezone.com)

Pada tahun lalu, Ridwan Kamil sempat ditawari menjadi calon gubernur Jakarta, tapi ia menolaknya karena masa jabatannya sebagai walikota Bandung masih ada beberapa tahun lagi. Ia tidak mau terpengaruh pihak manapun dan tetap memegang teguh komitmennya untuk memajukan kota Bandung hingga akhir masa jabatannya. Hal ini membuktikan kalau Ridwan Kamil adalah seorang pribadi yang berkomitmen dan bertanggung jawab. Saat ia sudah diberikan tanggung jawab, maka ia akan terus menjaga komitmen tersebut.

Karakter-karakter Ridwan Kamil di atas memang patut untuk dijadikan inspirasi anak muda agar generasi muda Indonesia juga bisa turut andil untuk memajukan bangsanya. (jow)

Apa Komentarmu
Loading...