Bangga, Bule Cantik Ini Jadikan Alam Indonesia sebagai Inspirasi Bermusik


Nama Sandrayati Fay mungkin masih asing ditelinga penikmat musik populer. Namun, cewek berusia 23 tahun ini telah menjajal dunia musik berjenis folk dan kerap tampil di beberapa daerah.

Ia merupakan penyanyi asal yang memiliki keturunan darah Amerika dan Filipina. Meski belum memiliki album, Sandra aktif dalam kegiatan bermusik yang bertemakan lingkungan seperti tergabung dalam komunitas AMAN (Aliansi Masyarakat Adat Nusantara).

Sandrayati Fay (Viva)

 

Kedekatannya dengan alam Indonesia telah terbangun sejak kecil. Sandra merupakan kelahiran Bali dan orang tuanya punya ketertarikan akan budaya Nusa Tenggara Timur. Tak heran, tumbuh di daerah membuatnya dekat dan hobi menjajal wisata alam.

Kepeduliannya dengan lingkungan sekitar menjadi inspirasi dalam bermusik dan menjadikan suara alam sebagai sumbernya.

“Dengan kehidupanku, aku peduli dengan apa yang terjadi di Bumi. Pengalamanku hidup di dunia ini. Ada lagu tentang lingkungan, masalah sosial dan cinta,” ujar Sandrayati saat dijumpai dalam acara Musika Foresta di Semanggi, Jakarta Pusat, seperti dikutip dari Okezonecom, Senin (15/5/2017).

“Lewat lagu aku dapat banyak inspirasi dari suara alam. Mungkin karena saya sering ke gunung dan sungai,” tambahnya dengan aksen bahasa Indonesia yang unik bercampur logat asing.

Sandrayati Fay (Seccoguitar)

Kedekatan dengan alam membuatnya mendapatkan persepsi khusus. Ia menganggap bahwa badannya adalah bumi yang sama-sama hidup dan adanya kesinambungan setiap pijakan langkah di tanah.

Saat ini Sandra tengah mempersiapkan mini album perdananya yang rencananya akan direkam dengan versi live. Lagu-lagu dalam album tersebut diangkat dari perjalanan alam dan pengalaman hidup, seperti lagu Shine yang ia persiapkan datang dari keresahan semasa di bangku sekolah saat berusia 12 tahun.

“Saya dulu tinggal di Filipina dua tahun, dipaksa sama sekolah kalau kita harus percaya suatu agama. Kalau enggak mau nurutin akan dihukum, saya baru 12 tahun. Setiap malam enggak bisa tidur akhirnya bikin lagu. Di sana serius sekali soal agama,” jelasnya.

Kamu bisa lihat penampilan Sandra berikut ini.

(tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
90
Love
OMG OMG
80
OMG
Yaelah Yaelah
10
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
100
Keren Nih
Ngakak Ngakak
30
Ngakak