Bangga, Mahasiswa Indonesia Raih Medali Emas di Ajang Sains Dunia

Tim dari Indonesia berhasil menyabet emas dan perunggu di International Invention and Innovation (INTARG) yang diadakan di Katowice, Poland. Acara yang diadakan pada tanggal 22-23 Juni 2017 ini dihadiri oleh ilmuwan dari seluruh dunia.

Perwakilan dari Indonesia yang berpartisipasi dalam acara ini berjumlah dua tim, yaitu dari Universitas Islam Indonesia (UII) dan SMA 3 Denpasar. Judul penelitian yang dipamerkan oleh tim SMA 3 Denpasar adalah “Nata De Coco Cellulose as a Calcium Binder From Egg Shell Waste in Imitation Bone Formation”. Sedangkan judul penelitian yang dipamerkan oleh tim UII adalah “BG-Trole (Blood Glucose control equipment): A Novel Equipment to Decrease the Glycemic Index on White Rice as New Innovation For Prevent the Increasing of Blood Glucose on Diabetes Mellitus Type 2 Patient”.

Medali emas yang diraih Indonesia (ppipolandia)

Tim dari UII beranggotakan Razty Surisfika jurusan pendidikan dokter 2014, Nurul Hidayah jurusan pendidikan dokter 2015, dan Muhammad Abdul Rauf Lamada jurusan teknik mesin 2014.

â??Pada awalnya, penelitian sudah pernah dilakukan sebelumnya oleh Nurul Hidayah sampai pada tahap pengujian kadar glukosa nasi. Kemudian kami mengembangkan penelitian tersebut. Dalam penelitian yang kami buat kali ini, kami modifikasi alatnya dan kemudian mengembangkan penelitian sampe ke pasien diabetesnya juga,â? jelas Razty Surisfika seperti dikutip dari PPIPolandia, Senin (3/7/2017).

Mahasiswa Indonesia di akang INTARG (ppipolandia)

Penelitian tersebut dimulai dari pembuatan alat yang prinsip kerjanya untuk menurunkan kadar glukosa dalam nasi, sehingga kenaikan kadar glukosa darah pasien diabetes juga tidak meningkat. Setelah selesai membuat alatnya, perlu dilakukan uji hasil nasi BG-Trole tersebut menggunakan alat tes kadar glukosa, serta melakukan tes kepada pasien diabetesnya. Hasilnya ada penurunan kadar glukosa nasi dibanding nasi biasa, dan kadar glukosa darah pasien diabetes juga lebih rendah dibanding mereka yang konsumsi nasi biasa.

Katowice International Conference Centre, tempat penyelenggaraan INTARG (Goodnewsfromindonesia)

Tentunya alat ini sangat berguna bagi penderita diabetes. â??Saat ini kami sedang proses untuk melakukan paten,â? pungkas Razty. (tom)

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

Canggihnya Charger Smartphone Pakai Panas Tubuh Karya Mahasiswa Unair

Mantap, Lombok Jadi Destinasi Wisata Utama 5 Artis Mancanegara Ini