Air Terbaik Kedua Setelah Air Zam-zam Ternyata Ada di Indonesia


Air merupakan kebutuhan utama tiap manusia. Hal ini terbukti dari unsur penyusun manusia, di mana 80 persen tubuhnya tersusun dari unsur air. Tentu, memenuhi kebutuhan tersebut tidak cukup hanya memenuhi dari segi kuantitas, namun juga kualitas.

Tentang kualitas air, Indonesia patut berbangga, karena kualitas air terbaik kedua dunia setelah air zam-zam di Arab Saudi ternyata ada di negeri ini. Sumber mata air tersebut berada di Petirtaan Jolotundo, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Petirtaan Jolotundo (Ged3ditrawas)

Dilansir dari IDNTimescom, Rabu (12/7/2017), berdasarkan hasil penelitian, air yang keluar dari Petirtaan Jolotundo, yang berada di area lereng Gunung Penanggungan memiliki kandungan mineral yang sangat tinggi, menjadikan air dari petirtaan ini dinyatakan sebagai air terbaik kedua dunia setelah zam-zam. Keunikan lain dari sumber mata air di petirtaan ini adalah berkaitan dengan debet air yang tidak pernah turun meskipun pada musim kemarau.

Petirtaan Jolotundo merupakan salah satu peninggal sejarah kerajaan, sebuah pemandian kuno peninggalan kerajaan Kahuripan (Prabu Airlangga). Material utama Petirtaan Jolotundo berupa batu andesit yang dipahat secara halus dengan panjang 16,85 m, lebar 13,52 m, serta kedalaman 5,20 m.

Petirtaan ini dibangun sebelum zaman kerajaan Majapahit, bahkan jauh sebelum kerajaan Singasari. Di duga dibangun pada tahun 997 M, hal ini dibuktikan dari pahatan batu yang ada dipetirtaan yang bertuliskan 997 M (dalam huruf Palawa).

Petirtaan Jolotundo (Ged3ditrawas)

Konon, petirtaan ini dibuat untuk menyambut lahirnya raja Airlangga, putra raja Udayana yang berasal dari Bali, dari pernikahannya dengan putri Guna Priya Dharma (putri Mpu Sindok, raja Mataram Hindu).

Selain itu, terdapat pahatan kuno dengan tulisan â??Gempengâ? dimana dalam bahasa Indonesia berarti hancur atau luluh lantah, juga menjadi tanda pendukung bahwa candi ini berdiri sebelum Kerejaan Majapahit. â??Gempengâ? memiliki filosofi bahwa air ini sebagai tempat menyucikan diri dan meluluh lantahkan segala hal negatif dari tubuh. Sebagian orang juga mempercayai bahwa dengan meminum air dari petirtaan ini dapat membuat awet muda.

Wah, ternyata negara kita memiliki berbagai macam hal yang tak dimiliki negara lain. Bangga menjadi orang Indonesia. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
20
Love
OMG OMG
10
OMG
Yaelah Yaelah
40
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
30
Keren Nih
Ngakak Ngakak
60
Ngakak