Menjelajah Waktu ke Zaman Batu di Bukit Kapur Gresik


Bukit Kapur Sekapur (@dyah0857)

Kota Gresik terkenal sebagai kawasan industri yang memiliki iklim cukup panas. Selain itu, Gresik juga dikenal sebagai kota santri karena di sini berdiri banyak pondok pesantren. Tapi tahukah kamu kalau kota yang terletak di Jawa Timur ini menyimpan banyak spot wisata tersembunyi yang tak kalah menariknya dari kota-kota yang ada di Indonesia? Salah satu lokasi wisata yang sedang jadi berita adalah Bukit Kapur Sekapuk. Bukit ini belakangan sedang hits karena sering muncul di instagram sebagai background selfie atau wefie.

Bukit Kapur Sekapuk (travelingyuk.com)

Sesuai dengan namanya, Bukit Kapur Sekapuk merupakan bukit yang terbuat dari kapur dengan luas area sekitar 3-4 km. Bukit ini konon awalnya adalah sebuah pegunungan kapur yang menjulang tinggi. Tapi pada tahun 1950-an, para penduduk lokal kemudian menambang kapur yang ada di gunung tersebut selama berpuluh-puluh tahun. Penambangan tidak dilakukan di atas permukaan tanah, tapi juga di dalamnya sehingga jangan heran jika di bukit ini terdapat bentuk lorong-lorong serta tebing-tebing yang sangat unik dan sangat artistik. Dalam arti kata lain, tempat hits ini terbentuk karena bekas aktivitas penambangan masyarakat setempat yang menyulapnya menjadi tempat wisata.

Bukit Kapur Sekapuk (@yugo_ss)

Ada beberapa spot di Bukit Kapur Sekapuk yang bisa kamu jadikan background foto kecemu, spot yang pertama adalah pilar-pilar kapur yang menjulang tinggi seperti zaman bebatuan kuno di bagian depan, lalu kawah besar seperti kawah gunung yang di bagian pinggir atasnya ditanami rerumputan serta tumbuh-tumbuhan hijau, serta bagian bawah tanah yang mirip seperti goa dengan lubang-lubang yang terbentuk secara alami. Selain ketiga spot kece tersebut, masih ada lagi spot-spot berfoto lainnya yang bisa kamu eksplore.

Bukit Kapur Sekapur (@ivuer_rets)

Tapi jangan lupa ya JBers, saat mengeksplore bukit ini, kamu membutuhkan kewaspadaan yang tinggi karena ada beberapa titik atau tempat yang lapisan tanahnya labil. Di sini juga minim fasilitas keselamatan. Jadi, kamu harus memperhatikan rambu larangan juga pesan dari pengelola setempat ya! Bukit Kapur Sekapuk yang terletak di Desa Sekapuk, Kecamatan Ujung Pangkah, Gresik ini tidak mematok biaya untuk tiket masuk sepeser pun karena spot wisata ini gratis. Sebagai gantinya, kamu harus tetap menjaga kelestarian lingkungan setempat alias tidak boleh membuang sampah sembarangan.

Bukit Kapur Sekapur (@gresiktourism)

Bagi kamu yang ingin datang langsung ke sini, lokasinya sangat mudah ditemukan. Jika kamu naik kendaraan pribadi seperti motor atau mobil dari arah timur, rute yang bisa kamu ambil adalah rute menuju kota Gresik lalu ke arah Pantura Lamongan kemudian menuju Ujung Pangkah, Desa Sekapuk, barulah sampai di Bukit Kapur Sekapuk. Sementara jika datang dari arat barat, kamu bisa mengambil jalur ke Lamongan, Paciran, jalur Pantura Gresik, Ujung Pangkah, lalu ke Desa Sekapuk dan sampailah di tujuan. Untuk waktu yang paling tepat untuk datang berkunjung ke sini adalah pada saat siang hari karena di lokasi ini masih ada truk-truk penambangan yang beroperasi.

Bagaimana JBers? Ingin menambah koleksi foto wisata kecemu? Langsung datang saja ke Bukit Kapur Sekapuk ini! (rei)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
70
Love
OMG OMG
60
OMG
Yaelah Yaelah
90
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
80
Keren Nih
Ngakak Ngakak
10
Ngakak