Kisah Pengamen Makassar Persunting Bule Cantik Asal Prancis


Rizal Hamid atau biasa disapa Ijal Ricardo sungguh termasuk pria beruntung. Pasalnya, mantan pengamen kelahiran Makassar ini menikah dengan seorang gadis asal Perancis, Julie Martha. Meski keduanya berkebangsaan beda, namun mereka memutuskan untuk hidup bersama dalam ikatan pernikahan.

Ijal menikah di kediaman pribadinya di Jl Tamangapa Raya, Kecamatan Manggala, Kota Makassar, pada Mei lalu. Dilanjutkan dengan gelaran resepsi yang dilaksanakan di Hotel Pantai Gapura, Jl Ujung Pandang, Kota Makassar, pada Sabtu kemarin.

Foto-foto pernikahan Ijal dan Julie pun kemudian banyak beredar di media sosial Facebook dan menarik perhatian warganet. Dalam foto-foto yang beredar luas Julie terlihat mengenakan busana pengantin khas Suku Bugis.

“Saya suka sama Julie, dia pun begitu. Karena suka sama suka, akhirnya kami memutuskan untuk bersatu,” kata Ijal Ricardo seperti dikutip dari Tribunnewscom, Selasa (8/8/2017).

Lalu, bagaimana mereka berdua bisa bertemu? Berikut ini awal dari kisah cinta mereka berdua.

Pernikahan Ijal dan cewek bule asal Prancis (Facebook)

Pertemuan mereka berawal saat Ijal mengisi konser di Padang, Sumatera Barat. Ijal yang merupakan seorang gitaris, tidak sengaja di perkenalkan dengan Julie melalui istri dari rekan se-bandnya, Redo Malano usai manggung di Padang. Istri Redo bernama Marine, warga negara Prancis yang mengajar di Universitas Hasanuddin, sebaga dosen “terbang” Bahasa Prancis waktu itu.

Ijal dan Redo sendiri adalah musisi yang lebih banyak menghabisikan aktivitas di ibu kota Jakarta. Sesekali mereka ke kota-kota besar di Indonesia jika ada undangan atau acara yang membutuhkan band yang beraliran rock. Ijal adalah pemuda rantau. Sejak 2001 ia memilih hijrah dan meninggalkan Kota Makassar.

Kota yang ia pilih yakni Jakarta. Tanpa modal serta sanak keluarga di Jakarta, Ijal mengaku gentar. Sesampainya di sana, ia tak tahu harus kemana, modal dan keluarga pun tak ada. Untuk menyambung kehidupannya, Ijal memilih jadi pengamen, baik di jalan perempatan lampu lalu lintas, di dalam bus, kawasan Mangga Tiga, terminal, atau di sejumlah pusat kuliner di Jakarta Timur.

Dari hasil ngamennya, Ijal menyisihkan uang untuk menyewa kos untuk tidur ataupun beristirahat, di kawasan Kampus Persada Indonesia, Jakarta Pusat.

Karena keuletannya bermain gitar, Ijal dikagumi banyak komunitas di Jakarta hingga akhirnya memiliki banyak teman artis. Bahkan Ijal sempat nge-Band bareng Zian ex vokalis Band Zigaz, serta sejumlah artis yang juga penyanyi solo di Jakarta.

Ijal Ricardo (Twitter)

Tak banyak yang menduga ternyata mantan pengamen itu akhirnya jatuh cinta dan menikah dengan Julie, seorang bule cantik berkewarganegaraan Prancis. Julie sendiri adalah wanita karier yang kesehariannya bekerja di salah satu media di Paris, Courrier International.

Hubungan Ijal dan Julie pun tak selalu berjalan mulus. Di masa awal pendekatan, keduanya kerap kesulitan berkomunikasi lantaran perbedaan bahasa.

Setiap mereka ingin komunikasi, keduanya harus membuka aplikasi terjemahan. Bahkan, tak jarang keduanya pakai bahasa tubuh. Julie tidak tahu bahasa Indonesia, begitupun dengan Ijal yang tidak tahu bahasa Prancis.

“Hehehe. Seru nah, kalau tidak ada translate tidak bisa maki apa-apa. Jadi kalau mau komunikasi pasti buka Om Google dulu,” kata Ijal mengenang awal perkenalan mereka.

Namun kini, keduanya sudah mulai paham bahasa masing-masing. Ijal dan Julie mengaku sudah kursus bahasa. Usai resmi menikah, Ijal pun mengaku tidak ingin gantung gitar atau pensiun dari industri musik. Meski ia memutuskan untuk pindah ke Paris, Ijal rencananya juga akan mematangkan ilmunya di kota kelahiran sang istri. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
80
Love
OMG OMG
70
OMG
Yaelah Yaelah
100
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
90
Keren Nih
Ngakak Ngakak
20
Ngakak