Jarang Dilirik, 5 Pulau Terluar Indonesia Ini Punya Pesona yang Mendunia


Ada beragam pulau di Nusantara yang punya pesona mendunia. Namun sayangnya, pulau-pulau ini jarang dilirik sehingga kurang terekspos. Berikut adalah 5 pulau terluar Indonesia yang memiliki pesona mendunia, seperti dilansir jadiBerita dari berbagai sumber.

1. Rondo

Rondo (Indonesia-tourism)

Pulau ini sering disebut sebagai penjaga Indonesia lantaran berada di wilayah paling utara di Tanah Air. Letaknya berbatasan langsung dengan India, juga masih jauh berada di utara Pulau Weh. Laut lepas yang biru dapat dinikmati dari sana. Bahkan kamu akan merasa laut itu menjadi milik sendiri.

2. Alor

Alor (Tinuku)

Keindahan Indonesia Timur memang tak ada habisnya. Selain Labuan Bajo dan Raja Ampat yang belakangan naik daun, ada Alor yang tak kalah menawan. Pulau ini letaknya berada di sebelah Flores dan Lembata. Keberadaannya menjadi punggawa timur di NTT. Ikan-ikanan dan rumput laut menjadi komoditas utamanya. Pulau ini memiliki bentang alam yang sangat indah. Pantai-pantainya perawan, pasirnya putih, dan wisata bawah lautnya tak kalah cantik.

3. Liran

Liran (Trihatmadja-journal)

Pulau Liran yang terletak di Selat Wetar digambarkan memiliki tugu perbatasan. Tugu ini menandai batas wilayah yang jelas antar negara. Tugu tersebut letaknya di bukit, di barat pulau. Soal panorama, tak usah ditanya lagi. Selayaknya pulau-pulau terluar lain, Liran memiliki panorama yang mempesona. Ada mercusuar yang membuat pemandangan terkesan dramatis. Lautnya pun biru, seperti tak pernah terjamah siapa pun.

4. Jemur

Jemur (Indonesia-tourism)

Jemur termasuk pulau terluar lantaran berbatasan langsung dengan negara tetangga. Jika diukur, jaraknya kira-kira hanya 64,3 km dari Pelabuhan Klang, Malaysia. Pulau ini punya panorama laut yang indah dan bebatuan yang menawan seperti yang terdapat di Belitung. Hanya, suasananya jauh lebih sepi. Cocok untuk menepi. Yang menarik lagi, selain karena pulau itu terasa seperti pulau pribadi, terdapat penyu hijau yang akan naik ke pantai kala musim bertelur.

5. Dolangan

Dolangan (Covesia)

Pulau yang berlokasi di Laut Sulawesi ini menjadi batas antara Indonesia, Malaysia, dan Filipina. Secara administratif, wilayah tersebut terdaftar menjadi bagian dari pemerintah Kabupaten Toli-Toli, Sulawesi Tengah. Pulau ini memiliki kekuatan pada terumbu karangnya. Pertumbuhan terumbu karang dinilai sangat bagus lantaran mencapai 70 persen. Selain itu, banyak ikan spesies menarik dengan warna-warna mencolok di perairan ini. Benar-benar surga bagi para pecinta wisata bahari. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
40
Love
OMG OMG
30
OMG
Yaelah Yaelah
60
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
50
Keren Nih
Ngakak Ngakak
80
Ngakak