Don't be Captious

Inilah 5 Alasan Utama Kenapa PNS Jadi Profesi Idaman Calon Mertua

Hutomo Dwi
Hutomo Dwi
Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

Pemerintah telah membuka Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) putaran II pada tanggal 11-25 September lalu. Meski pemerintah mendorong masyarakat untuk menjadi entrepreneur alias wiraswasta, namun tetap saja lowongan CPNS selalu penuh sesak oleh pelamar, yang mungkin beberapa di antaranya adalah JBers. Tak hanya diminati oleh masyarakat Indonesia, tapi profesi PNS juga dilirik oleh calon mertua. Mau tahu alasannya? Inilah alasan utamanya.

1. Hidup sejahtera

PNS (Kitamuda)

Alasan utama orang memilih untuk menjadi PNS tentu saja soal gaji. Masyarakat, termasuk camer, menganggap profesi PNS bisa menjadi jaminan kesejahteraan yang tinggi. Selain gaji bulanan, PNS juga menerima tunjangan-tunjangan lainnya dengan nominal yang tak sedikit. Nilainya bisa dari jutaan rupiah sampai ratusan juta rupiah tergantung jabatannya. Siapa camer yang tak ingin melihat anak dan menantunya sejahtera dan hidupnya terjamin?

2. Bebas PHK

PNS (Inovasee)

Ya, inilah keunggulan lain dari profesi PNS dibandingkan pekerjaan lainnya. Tak seperti masyarakat yang bekerja di kantor, khususnya pabrik, ancaman Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) selalu membayangi, apalagi ekonomi Indonesia sedang tak stabil seperti sekarang. Selama kamu tak melakukan sesuatu yang melanggar hukum saat bekerja jadi PNS, kamu tak akan pernah kena PHK.

3. Mendapat jaminan kesehatan dan asuransi

PNS (Rappler)

Semua orang pasti ingin selalu sehat, tak terkecuali calon mertua pasti ingin anaknya selalu dalam keadaan sehat. Kalau pun harus sakit, mertua masih bisa tenang karena sudah diasuransikan oleh instansi terkait. Fasilitas ini bisa kamu dapatkan jika bekerja jadi PNS.

4. Tenang di masa pensiun

PNS (Penyalainews)

Semua hidup kamu bakal dijamin oleh negara, bahkan ketika sudah pensiun. Selama masa pensiun, kamu juga masih menerima uang pensiun tiap bulannya, meski nominalnya tak sebesar saat kamu masih bekerja. Camer pun tenang karena anaknya memiliki jaminan di hari tua.

5. Derajat Sosial Naik

PNS (Lensaindonesia)

Tak hanya soal ekonomi, ternyata menjadi PNS juga erat kaitannya dengan budaya masyarakat. Tak dipungkiri, menjadi PNS bisa meningkatkan derajat seseorang jadi lebih tinggi di dalam masyarakat. Jika camer harus memilih dua calon menantu yang masing-masing berprofesi sebagai karyawan swasta dan PNS, sudah pasti sang camer akan memilih calon menantu yang seorang PNS.

Dengan alasan-alasan yang telah disebutkan di atas, memang pekerjaan PNS bisa menjadi magnet besar seseorang dalam urusan mencari profesi. Bagaimana dengan JBers? Apakah berminat menjadi PNS? Atau sudah ada yang menjadi PNS? (tom)

Latest article