Hasil Jepretan Keren, 5 Fotografer Indonesia Ini Jadi Sorotan Dunia, Bikin Bangga


Karya Nicoline Patricia Malina (Fashiontrendsetter)

Profesi fotografer mungkin masih dipandang sebelah mata oleh sebagian orang. Padahal, profesi fotografer bisa menjadi profesi yang menjanjikan. Di Indonesia sendiri, ada beberapa anak muda yang berkecimpung dalam dunia fotografi. Berkat karya-karyanya yang keren, mereka pun jadi sorotan media, baik nasional maupun internasional. Berikut adalah 5 fotografer Indonesia yang jadi sorotan dunia.

1. Adi Putra

Adi Putra (Tribunnews)

Adi adalah salah satu fotografer muda asal Indonesia yang telah memukau publik di luar negeri dan dipuji di beberapa media asing internasional. Lewat karya lomografi-nya (fotografi analog yang menggunakan kamera khusus bernama Lomo), pria ini menghadirkan karya yang menarik, sesuatu yang unik dan eksperimental. Beberapa media asing yang telah mengulas dan menulis tentang karya Adi Putra, yakni Dazed Digital (Ten Photographers who owned it this month), Impossible Magazine (Adi Putra – Far Away Memories), CrispMe (These Cinematic Photographs by Adi Putra Make You Nostalgic), Beautiful Decay, Fotografia Magazine/FotoSounds, Lamono Magazine (Spanyol), Vein Magazine (Spanyol), MILK X (Hongkong), Ballad Of Magazine, Honest Magazine, dan lain sebagainya.

Karya Adi Putra (Instagram)

2. Andiyan Lutfi

Andiyan Lutfi (Tribunnews)

Andiyan Lutfi, fotografer asal Cibinong, Jawa Barat, berhasil mengabadikan momen alam yang menakjubkan dengan kameranya. Lantaran itu pula, foto jepretannya menjadi headline dalam rubrik Science and Technology di Dailymail. Dalam salah satu hasil jepretannya, tampak koloni semut sedang menyerang seekor lalat yang berusaha masuk ke teritorinya. Foto ini menggambarkan perilaku semut yang mati-matian mempertahankan wilayahnya dari “makhluk” asing. Foto yang dihasilkan Andiyan tergolong dalam fotografi makro, yaitu jenis fotografi yang membuat pembesaran terhadap suatu obyek atau bisa dikatakan fokus terhadap obyek mikro.

Karya Andiyan Lutfi (Dailymail)

3. Mukti Echwantono

Mukti Echwantono (Radarmalang)

Selama sebelas tahun menjadi fotografer, Mukti Echwantono sudah menghasilkan karya-karya yang mendapat pengakuan di kancah internasional. Prestasinya yang paling menonjol adalah dia memenangi lomba foto untuk sampul album band asal California, Amerika Serikat, Maroon 5. Mukti menunjukkan sebuah postingan atau unggahan gambar di akun Instagram @maroon5. Seperti namanya, itu memang akun Instagram resmi milik band Maroon 5. Pada 26 Juni lalu, ada 12 gambar yang di-posting di akun tersebut. Gambar-gambar itu merupakan karya dari pemenang kontes desain sampul yang diadakan Maroon 5. Ke-12 pemenang itu mewakili 12 lagu Maroon 5 dalam album “Songs About Jane”. Nah, Mukti menjadi pemenang untuk kategori lagu “Harder to Breathe”.

4. Michael Theodric

Michael Theodric (Mtheodric)

Michael Theodoric adalah seorang anak muda Indonesia yang karya fotonya telah menjadi juara di berbagai lomba foto internasional. Prestasinya yang paling diingat adalah dirinya menang dalam kompetisi Atkins CIWEM Enviromental Photographer of the Year 2015 dengan mengirimkan foto berjudul “Enjoy”. Foto Michael tersebut menangkap pemandangan kritis tentang Jakarta, satu dari beberapa kota terpadat di Bumi, dan menjadi pengingat pentingnya merancang ruang kota dengan konsep keberlanjutan untuk generasi kini dan nanti. Prestasi lain yang telah diraih Michael adalah memenangkan The Children Eyes on Earth International Youth Competition 2012, dan Sony World Photography Awards 2014 untuk kategori Youth.

Enjoy (Dok. Michael Theodric)

5. Nicoline Patricia Malina

Nicoline Patricia Malina (YouTube)

Dara kelahiran Surabaya ini telah menjajaki karirnya di dunia fotografi sejak tahun 2006. Berawal dari keinginan untuk mengisi waktu luang, Nicoline justru terjun secara profesional dalam dunia fotografi baik nasional maupun internasional. Ia juga berhasil menyabet juara Iconique Societas Excellence in Photography Award pada tahun 2007. Kita juga dapat menikmati hasil karyanya yang unik dan berciri khas lewat akun instagram pribadinya.

Karya Nicoline Patricia Malina (Fashiontrendsetter)

Keren-keren yah karyanya? Siapa lagi di antara JB’ers yang mau mengikuti jejak mereka berlima? (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
60
Love
OMG OMG
50
OMG
Yaelah Yaelah
81
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
70
Keren Nih
Ngakak Ngakak
103
Ngakak