5 Bahaya Ini Mengincar Kamu yang Suka Mager, Jangan Dibiasakan!

Mager (YouTube)

Siapa sih yang nggak suka malas-malasan di kasur seharian apalagi di saat cuaca mendung dan gerimis? Mungkin JB’ers juga suka mager alias malas gerak di kasur. Mager adalah sebuah kondisi dimana kita merasa tak ingin melakukan apapun. Bisa jadi karena lelah atau hanya karena benar-benar malas. Namun, kamu harus waspada, soalnya mager lama-kelamaan memiliki dampak negatif pada tubuh kita. Berikut ini bahaya yang mengincar kamu jika sering mager.

1. Menurunkan konsentrasi

Kurang konsentrasi (Grid)

Seseorang yang malas bergerak biasanya cenderung untuk duduk. Duduk yang terlalu lama akan membuat paru-paru tak cukup mengembang serta membuat tulang belakang membungkuk. Akibat posisi tulang belakang yang bungkuk, paru-paru akan kesulitan mengembang dan mengakibatkan tubuh tidak menerima oksigen dengan baik. Karena asupan oksigen ke otak kurang, hal ini bisa menjadikan kamu sulit untuk berkonsentrasi.

2. Penyakit jantung dan stroke

Ilustrasi stroke (Pixabay)

Kita pasti sudah mendengar bahwa salah satu cara mencegah penyakit jantung dan stroke adalah dengan berolahraga. Jika kita adalah seorang yang malas bergerak, bisa dibayangkan risiko penyakit jantung dan stroke akan terus mengintai. Dengan olahraga, kita dapat meningkatkan fungsi otak. Hal ini karena aktivitas fisik mampu merangsang aliran darah yang penuh oksigen menuju otak. Aliran darah yang penuh oksigen ini juga mampu memperbaiki sel dan jaringan otak yang rusak. Jika kita malas bergerak, jelas hal ini akan menurunkan fungsi otak.

3. Menimbulkan diabetes

Diabetes (Pixabay)

Kebiasaan malas bergerak juga ternyata berdampak pada resistensi insulin. Duduk atau berbaring terlalu lama akan meningkatkan kadar gula dalam darah yang berujung pada terjangkit penyakit diabetes. Selain itu, kamu juga bisa terkena penyakit tekanan darah tinggi.

4. Osteoporosis

Osteoporosis (Netralnews)

Saat masih muda pastinya kamu nggak mau terkena pengeroposan tulang atau osteoporosis. Jarang bergerak atau berolahraga bisa membuat kepadatan tulang kita menjadi melemah. Hal itu bisa terjadi karena massa otot berkurang drastis, yang kemudian berimbas pada otot-otot di sekitar tulang menjadi lemah sehingga bisa membuat tulang keropos.

5. Obesitas

Obesitas (Pixabay)

Bahaya utama yang bisa ditimbulkan dari keseringan mager adalah obesitas. Gerak saja malas, apalagi berolahraga pastinya lebih malas kan? Itulah yang menjadi salah satu penyebab kenapa kita bisa obesitas jika kebiasaan ini nggak segera dihilangkan. Karena kurangnya gerak maka metabolisme tubuhmu akan melambat sehingga bisa menjadi lebih gemuk.

Jadi, mulai sekarang cobalah JB’ers melakukan sedikit aktivitas fisik sederhana namun rutin untuk mengurangi risiko masalah kesehatan di atas. (tom)

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

5 Faktor Penentu Harga Cincin Pernikahan, Calon Pengantin Wajib Tahu!

Ini 5 Musisi yang Sukses Borong Piala AMI Awards dari Tahun ke Tahun