Tanpa Suplemen, 5 Makanan Ini Bisa Bantu Kamu dalam Membentuk Otot


Otot (Pixabay)

Bagi kamu yang hobi nge-gym, atau ingin membentuk otot, tentu tahu jika kamu harus memakai suplemen di samping makan makanan yang tinggi protein untuk membantu pembentukan otot dari dalam secara maksimal. Sebenarnya, tanpa suplemen, kamu juga bisa membentuk otot kamu, asalkan makan makanan berprotein tingginya itu dilakukan secara rutin. Nah, buat kamu yang ingin membentuk otot tanpa suplemen, bisa nih makan makanan berikut ini.

1. Brokoli

Brokoli (Pixabay)

Dalam 100 gram brokoli terkandung 2,8 gram protein dan 2,6 serat. Brokoli juga kaya akan vitamin C dan K. Kandungan folat dalam brokoli sudah teruji klinis mengurangi risiko kanker tipe tertentu. Untuk mengolahnya juga cukup mudah, yaitu direndam di air mendidih selama kurang lebih setengah menit (30 detik). Bisa juga brokoli ini kamu makan mentah-mentah.

2. Bayam

Bayam (Pixabay)

Tiap 100 gram, bayam mengandung 2,9 gram protein dan 2,2 gram serat. Bayam juga tinggi kandungan vitamin A. Untuk pengolahannya, bayam bisa dijadikan sup, atau bisa juga dicincang tipis-tipis untuk dijadikan salad. Namun perlu diingat, jangan pernah makan sayur bayam yang umurnya 3 jam lebih dari proses pengolahan, agar kamu tak terkena muntaber.

3. Tauge

Tauge (Pixabay)

Tauge atau kecambah per 100 gramnya mengandung 4 gram protein dan 1,9 serat. Lecithin yang banyak terkandung dalam tauge ini sangat bermanfaat untuk membantu menurunkan kadar kolesterol kamu. Kandungan vitamin E tauge pun sangat tinggi. Konon, tauge ini bagus untuk menambah kesuburan pria. Untuk pengolahannya, bisa disiram dengna air mendidih, atau cukup dicelup saja.

4. Kacang hijau

Kacang hijau (Pixabay)

Dalam  100 gram kacang hijau mengandung 24 gram protein dan 16 gram serat. Belum lagi kandungan vitamin B1, asam amino, lemak tak jenuh yang baik untuk jantung, serta mineral semacam kalsium dan fosfor yang tinggi. Namun yang jadi masalah adalah pengolahannya. Selama ini banyak yang mengkonsumsi kacang hijau ini dengan dijadikan bubur. Padahal, merebus kacang hijau dalam waktu lama bisa menghilangkan nutrisinya. Mungkin solusinya adalah dengan merebusnya namun jangan lama-lama.

5. Kacang kedelai

Kacang kedelai (Pixabay)

Dalam tiap 100 gramnya, kacang kedelai mengandung 36 gram protein. Kandungan kalsiumnya yang baik untuk tulang melimpah ruah, begitu pula dengan zat besi dan magnesiumnya. Kedelai merupakan salah satu dari dua jenis tumbuhan yang mempunyai kandungan protein nabati terlengkap. Satu lagi itu quinoa. Asam amino esensial dan lemak tak jenuhnya juga sangat tinggi. Biasanya produk olahan turunannya berbentuk susu, tempe, dan tahu.

Itu 5 makanan yang bisa kamu makan untuk membentuk otot. Perlu juga diingat selain makan makanan berprotein tinggi, tentu juga harus diimbangi dengan pola makan baik, pola istirahat, dan workoutnya. Selamat mencoba. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
50
Love
OMG OMG
40
OMG
Yaelah Yaelah
70
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
60
Keren Nih
Ngakak Ngakak
90
Ngakak