Don't be Captious

5 Tanaman Ini Cuma Ada di Indonesia, Bukti Negeri Kita Penuh Kekayaan Alam

Tumbuhan Indonesia (Fotojet)

Jika ditanya mengenai kekayaan apa saja yang ada di Indonesia, mungkin nggak bakal ada yang bisa menjawabnya, dikarenakan jumlahnya yang sangat banyak, baik itu dalam hal flora atau fauna. Berbicara tentang flora, rupanya beberapa tumbuhan ada yang cuma tumbuh di Indonesia, dan nggak ada di negara lain. Tumbuhan apa saja itu? Yuk, kita lihat di bawah ini.

1. Bunga Bangkai

Bunga Bangkai (Famous)

Sesuai namanya, bunga ini punya bau seperti bangkai. Meski baunya menyengat, kamu pasti akan berlama-lama memandangi bunga ini. Bunga bangkai hanya muncul puluhan tahun sekali, dan kamu pasti tak mau melewatkan momen ini. Cukup pakai masker saat melihat bunga ini.

2. Rafflesia Arnoldi

Rafflesia Arnoldi (Tirto)

Banyak orang salah sebut kalau Raflesia Arnoldi itu sama saja dengan bunga bangkai, padahal kenyataannya nggak seperti itu. Meski dua jenis bunga tersebut memang masih satu family, tapi keduanya beda suku. Satu-satunya kemiripan yaitu baunya yang sama-sama menusuk hidung. Tapi ini sepadan dengan keindahannya.

3. Bunga Edelweiss

Bunga Edelweiss (Famous)

Meski memiliki nama kebarat-baratan, siapa kira jika bunga ini hanya tumbuh di Indonesia. Yang unik, bunga Edelweiss hanya tumbuh di gunung khususnya Pulau Jawa. Bunga ini hanya bisa tumbuh di ketinggian mulai 2.000 mdpl. Sayangnya, populasi Edelweiss kian berkurang karena ulah pendaki nakal. Jika kamu hobi hiking, dan kebetulan menemukan bunga ini, jangan dipetik! Cukup difoto saja. Dengan melakukan hal ini kamu juga turut melestarikan bunga tersebut.

4. Kantong Semar

Kantong Semar (Uajy)

Jika di rumahmu banyak lalat plus kamu ternyata penyuka bunga, kantong semar bisa kamu beli. Tanaman ini memang dikenal kemampuannya yang bisa makan serangga kecil, alias karnivora. Kantong semar punya cara unik makan serangga, yaitu menghancurkan serangga dengan nectar.

5. Cendana

Cendana (Tokopedia)

Tumbuhan ini masuk kategori rempah-rempah. Sehari-hari, cendana dimanfaatkan untuk bahan parfum, aroma terapi, dupa, minyak dan lainnya. Konon, minyak wangi cendana bisa tahan hingga puluhan tahun. Jadi, jika kamu ingin terus wangi sepanjang waktu, cukup pakai parfum dari cendana ini.

Itulah beberapa tanaman yang hanya tumbuh di Indonesia. Apakah kamu pernah melihat salah satunya? Atau malah tumbuhan di atas ada di dekatmu? (tom)

Mereka Juga Suka Berita Ini
Apa Komentarmu
Tunggu Dong...