BAGIKAN
Ilustrasi gaji (Sumut24)

Jika kamu menganggap bahwa profesi yang ada di Indonesia memiliki gaji yang terbilang rendah, maka kamu keliru. Faktanya, ada beberapa profesi di Indonesia yang dibayar dengan gaji yang sangat besar. Menurut survei yang dilakukan Roberts Walters, perusahaan yang melakukan “Salary Survey 2018”, menemukan beberapa jenis pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia. Mereka juga menemukan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia sedang mengalami peningkatan. Apa saja jenis pekerjaannya?

1. Marketing

Ilustrasi marketing (Thebluediamondgallery)

Menurut survei Roberts Walters, seorang Direktur Pemasaran atau Chief Marketing Officer (CMO) digaji Rp 1,5 miliar sampai Rp 2,9 miliar per tahun. Itu artinya gaji mereka dalam satu bulan adalah sekitar Rp 125 juta sampai Rp 241 juta. Sebagai perbandingan, Global Indonesia Voices menyebut gaji marketing sekitar Rp 175 juta rupiah per bulan. Gaji yang menggiurkan bukan?

2. Akuntansi dan keuangan

Ilustrasi akuntansi (Pxhere)

Chief Financial Officer (CFO) digaji dengan kisaran Rp 1,6 miliar sampai Rp 2,6 miliar per tahun, atau sekitar Rp 133 juta hingga Rp 216 juta per bulan. Nah, kalau Direktur Audit Internal digaji Rp 750 juta sampai Rp 1 miliar per tahun. Sementara Senior Vice President (SVP) di bidang keuangan dan perbankan digaji Rp 100 juta per bulan. Dari Global Indonesia Voices, gaji untuk pekerjaan di bidang keuangan adalah Rp 181 juta per tahun atau sekitar Rp 15 juta per bulan.

3. Pengacara, hakim dan jaksa

Ilustrasi pengacara (Aktualpost)

Di bidang hukum, profesi seperti pengacara, hakim dan jaksa juga memiliki gaji selangit. Untuk Direktur Hukum biasanya digaji Rp 2,1 miliar per tahun, atau sekitar Rp 175 juta per bulan, sementara untuk Penasihat Hukum digaji Rp 1 miliar per tahun atau sekitar Rp 83 juta per bulan. Namun, gaji pengacara relatif beragam tergantung jenis hukum yang ditempuh, sertifikasi yang dimiliki, dan pengalaman kerja. Dari data di Qerja.com, gaji yang diterima bisa berkisar dari Rp 2 atau 3 juta untuk pegawai magang dan pengacara junior hingga Rp 25,5 juta dan Rp 42,5 juta bagi associate lawyer di berbagai firma.

4. Pengadaan barang dan jasa

Ilustrasi barang dan jasa (Basarta)

Seorang direktur pengadaan barang dan jasa di sebuah perusahaan bisa digaji mulai dari Rp 1,25 miliar sampai Rp 1,65 miliar per tahun, atau sekitar Rp 137 juta per bulan. Sedangkan untuk General Manager Procurement digaji Rp 800 juta sampai Rp 1,2 miliar per tahun, atau sekitar Rp 100 juta per bulan. Sementara menurut data dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP) tahun 2015, seorang deputi LKPP bisa meraih gaji sebesar Rp 25,5 juta per bulan.

5. Layanan pelanggan dan logistik

Logistik (Pixabay)

Jangan anggap remeh orang yang bekerja sebagai Customer Service atau Layanan Pelanggan. Jika mereka naik pangkat jadi Direktur Customer Service dan Logistik, gajinya bisa mencapai Rp 1,2 miliar sampai Rp 1,7 miliar per tahun, atau sekitar Rp 140 juta per bulan.

Gajinya menggiurkan bukan? Apakah kamu juga ingin melamar salah satu dari pekerjaan di atas? (tom)

Apa Komentarmu