Setelah Kampung Warna-warni, Kini Ada Kampung Topeng di Malang, Apa Uniknya?


Kampung Topeng Malang (IG @amazingmalang)

Malang seolah tanpa henti menghadirkan aneka tempat wisata kekinian yang terlihat apik jika diabadikan dengan jepretan kamera. Beberapa tahun belakangan ini, pemerintah Malang sedang merencanakan perubahan kampung-kampung untuk disulap semenarik mungkin agar bisa menarik para wisatawan, salah satunya adalah dengan menjadikan kampung tersebut sebagai kampung tematik. Jika sebelumnya sudah ada Kampung 3D, Kampung Warna-warni, dan Kampung Biru Arema, kini hadir Kampung Topeng yang keberadaannya sering muncul di instagram.

Kampung Topeng Malang(IG @topengmalangan)

Sesuai dengan namanya, Kampung Topeng merupakan kampung yang memiliki tema topeng. Jadi di sini ada sekitar kurang lebih 1000 topeng yang tersebar di pelosok kampung dengan berbagai ukuran, bentuk, dan warna. Memasuki area Kampung Topeng, kamu akan disambut oleh dua buah topeng raksasa setinggi 7,5 meter yang berwarna hijau dan putih. Topeng hijau dibuat dengan karakter cowok dan topeng putih dibuat dengan karakter cewek. Pada bagian bawah dua topeng raksasa ini terdapat topeng-topeng kecil yang ditancapkan di antara tanaman-tanaman hijau.

Kampung Topeng di Malang (IG @ziqhkii)

Pada bagian dalam terdapat banyak spot-spot yang terlihat instagramable untuk kamu berfoto-foto dengan gratis. Mulai dari mural berbentuk topeng yang dilukis di tembok-tembok rumah, hingga topeng-topeng yang dipasang di dinding jalanan sepanjang kampung ini. Ada juga beberapa spot yang mencantumkan jenis dan nama topeng di bawahnya sehingga kamu bisa sekalian belajar tentang topeng-topeng Indonesia.

Kampung Topeng Malang (IG @kampung_topeng_malang)

Selain keunikan topeng-topengnya, ada satu lagi keunikan dari kampung ini loh JB’ers. Hampir sebagian besar topeng-topeng yang ada di sini ternyata dihasilkan dari tangan-tangan kreatif para gelandangan yang berhasil dibina oleh pemerintah setempat. Pihak pemerintah Malang yang bekerja sama dengan pihak Kementrian Sosial Republik Indonesia berhasil menyulap kampung yang tadinya dianggap setengah mata menjadi sebuah kampung wisata yang bisa memajukan ekonomi warga-warganya karena di sini kamu juga bisa membawa pulang topeng-topeng yang kamu suka dengan membelinya di toko souvenir milik warga.

Kampung Topeng Malang (IG @ziqhkii)

Meskipun Kampung Topeng baru dibuka dan diresmikan oleh pemerintah Malang pada Februari 2017 yang lalu, tapi keberadaan kampung ini tetap menjadi sorotan karena keunikannya karena merupakan kampung topeng pertama di Indonesia. Untuk dapat menikmati wisata di Kampung Topeng ini, kamu tak akan dipungut biaya sepeser pun karena wisata ini gratis. Hanya saja, jika kamu membawa kendaraan pribadi, maka kamu akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 3.000 saja.

Kampung Topeng Malang (IG @insta_malang)

Buat yang ingin langsung datang, Kampung Topeng ini tepatnya berada di Dusun Barang Tlogowaru, Kedungkandang, Kota Malang. Saat ke sini, jangan lupa untuk mampir ke tiga kampung wisata lainnya yakni Kampung 3D, Kampung Warna-warni, dan Kampung Biru Arema yang jaraknya tidak terlalu jauh dari Kampung Topeng. Selamat berwisata bersama dengan teman atau keluarga ya JB’ers! (jow)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
50
Love
OMG OMG
40
OMG
Yaelah Yaelah
70
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
60
Keren Nih
Ngakak Ngakak
90
Ngakak