Keren, Pemuda Yogyakarta Ciptakan Robot Replika T-Rex, Mirip Seperti Film Jurassic Park


Muhammad Iqbal Firmansyah dan robot T-rex buatannya (Kompas)

Barang bekas tak selamanya menjadi rongsokan. Melalui tangan dan pemikiran yang kreatif, barang bekas bisa jadi salah satu inovasi yang bernilai. Seperti yang dilakukan oleh pemuda asal Kota Yogyakarta bernama Muhammad Iqbal Firmansyah ini.

Muhammad Iqbal Firmansyah memang baru berusia 19 tahun, namun ia sudah menciptakan sebuah karya yang cukup visioner. Ia membuat replika dinosaurus berjenis Tyranosaurus (T-Rex) layaknya dinosaurus yang muncul dalam film “Jurassic Park”. Kerennya lagi, T-Rex itu bukan hanya sebagai pajangan saja, namun bisa juga bergerak. Tak sendirian, Iqbal dibantu oleh ayahnya dan tiga anggota tim dari Jagad Karya Kreasi.

Robot T-rex (Kapanlagi)

Ia mengaku, ide pembuatan T-Rex ini muncul saat dirinya berjalan-jalan di mal yang menyediakan wahana permainan dan melihat robot T-Rex. Namun pengunjung yang kebanyakan dari kalangan anak-anak hanya dapat meihat dari kejauhan tanpa boleh memegang perwujudan binatang purba tersebut.

“Saya jalan-jalan di mal yang kebetulan ada wahana dinosaurus. Saya penasaran, mendekat dan memegang salah satu dinosaurus, tapi dilarang,” ujar Iqbal saat ditemui di rumahnya di Purbayan, Kotagede, Kota Yogyakarta, seperti dikutip dari Kompascom, Selasa (23/1/2018).

Sepulang dari mal, remaja yang baru lulus SMK pada tahun 2017 ini lantas memiliki keinginan untuk membuat replika dinosaurus yang bisa berjalan dan bebas dipegang siapa pun, termasuk anak-anak.

“Idenya sebelum bulan puasa 2017 kemarin, Ingin membuat yang bebas dipegang, bisa dinaiki dan berjalan seperti aslinya, bukan dengan roda. Saya lalu memilih dinosaurus jenis T-Rex,” tuturnya.

Iqbal menuturkan, T-Rex yang ia buat tersebut terdiri dari barang-barang bekas, diantaranya menggunakan bahan dari motor listrik dan gearbox bekas untuk penggeraknya. Lalu, untuk rangka badan, Imam menggunakan rangka baja hollow. Sedangkan untuk kulit dari T-Rex, ia memanfaatkan sponati, busa dan silikon bekas.

Robot T-rex (Kapanlagi)

“T-Rex ini menggunakan sumber energi dari aki baterai 12 volt. Aki ini digunakan untuk menggerakkan motor listrik dan gearbox. Gearbox ini digunakan untuk menggerakkan kaki T-Rex,” terang Iqbal.

Tak hanya bisa bersuara, T-Rex yang dibuat dalam jangka waktu 2 bulan tersebut juga dapat bergerak. Iqbal melengkapi “robot” buatannya tersebut dengan gerobak di belakang. Bukan tanpa alasan, ternyata gerobak tersebut berguna untuk menarik penumpang. Bahkan menurut Iqbal, kapasitas gerobak tersebut bisa mengangkut sampai 60 kg.

Jika dilihat, T-Rex ini memang terlihat sebagai robot, namun Iqbal menolak menyebutnya sebagai robot. Iqbal lebih suka menyebut karyanya itu sebagai dinosaurus animatorik. Hal tersebut karena ia tidak memakai teknologi chip dan komputer dalam T-Rex yang ia buat. Lebih lanjut, Imam juga menyatakan bahwa ia sampai menggelontorkan dana sampai Rp 20 juta untuk membuat T-Rex tersebut. Beruntung, ada investor dari luar daerah yang tertarik untuk membelinya.

“Sudah ada yang mau beli. Ada dua dari Jakarta dan Surabaya. Minggu ini baru mau ketemu, kemarin sudah sempat ngabari kalau tertarik dengan T-Rex buatan saya dan mau beli,” katanya.

Robot T-Rex (Starjogja)

Tak ingin cepat puas, Iqbal bercita-cita membuat animatronik dinosaurus yang lebih besar dari sekarang dan berjalan dengan kaki empat. Jadi punggung dinosaurus tersebut bisa dinaiki. “Rencana ke depan pengen buat sebesar gajah, kaki empat dan bisa dinaikin. Saya pengen membuat dinosaurus Triceratops yang seperti badak itu,” kata Iqbal.

Wah, semoga Iqbal bisa menggapai cita-citanya itu ya. Mungkin di masa depan bakal lebih banyak lagi wahana untuk anak-anak menunggangi dinosaurus. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
40
Love
OMG OMG
30
OMG
Yaelah Yaelah
60
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
50
Keren Nih
Ngakak Ngakak
80
Ngakak