Sepak Terjang Yannie Kim, Orang Indonesia yang Jadi Aktris Drama Korea

Tahun 2015 lalu, para penggemar drama Korea di Indonesia sempat dibuat heboh oleh seorang aktris yang bermain dalam drama Korea itu. Pasalnya, yang bermain dalam drama Korea berjudul “Yong Pal” itu bukannya artis asal Korea, melainkan orang Indonesia. Orang Indonesia itu bernama Yannie Kim.

Dalam drama “Yong Pal”, Yannie Kim beradu akting dengan Joo Won dan Kim Ta Hee, meskipun hanya sebatas cameo. Dalam drama tersebut, Yannie berperan sebagai ibu hamil yang akan melahirkan.

Yannie Kim (Instagram)

Kehebohan kembali terjadi saat Yannie bermain dalam drama “Hospital Ship” pada tahun 2017 lalu. Yannie pun berkesempatan beradu akting dengan Minhyuk CNBLUE dan Ha Jiwon. Lalu, siapa sebenarnya Yannie Kim ini?

Yannie Kim, yang bernama asli Mustafa Yani, sebenarnya nggak  sengaja ikut drama Joo Won. Profilnya di drama lokal dan progam dokumenter menarik tim casting drama Yong Pal. “Aku nggak sengaja ikutan di drama ini. Pas kebetulan pihak casting telepon aku. Nggak ditawarin casting, tapi langsung ikut. Mereka sudah lihat video casting aku sebelumnya,” katanya seperti dikutip dari Bintangcom, Kamis (266/4/2018).

Perjalanan karir Yannie Kim menembus drama Korea cukup berliku. Bahkan keberangkatannya ke Korea juga sempat ditentang orangtua. “Dulu tahun 2000 kerja di perusahaan Korea di Cikarang. Korea belum booming, 9 orang kepilih belajar ketrampilan mebuat layar notebok salah satunya aku. Aku mau berangkat ke Korea tapi nggak dikasih izin orangtua,” ujar Yannie.

Yannie Kim (Instagram)

Karena belum menikah, diperlukan izin orangtua untuk pembuatan visa. Yannie nekad memalsukan tanda tangan ibunya saat itu. “Meskipun ibu kuatir aku berangkat dengan menandatangani orangtua untuk buat visa. Seminggu sebelum berangkat baru kasih tahu ibu,” kenangnya.

Rasa nekad untuk tetap berangkat itulah yang mengubah takdir hidupnya. “Dari situ berangkat dan ketemu sama calon suami. 2005 aku datang ke Korea untuk nikah sampai sekarang di Korea,” katanya.

Awalnya, Yannie Kim bekerja seperti ibu rumah tangga pada umumnya. Bahkan dia nggak pernah membayangkan untuk berakting di drama Korea. Namun, jalan hidupnya berubah ketika Korea memiliki aturan baru untuk pernikahan campuran. “Sebenarnya nggak pernah ngebayangin untuk akting, jangankan di Korea, di Indonesia juga nggak berani mimpi akting di drama. Aku jadi ibu-ibu dan kerja aja awalnya,” kenang Yannie.

Yannie Kim (Instagram)

Tahun 2009, Presiden Korea membuat kebijakan khusus untuk pernikahan multikultur. “Kalau nggak salah ada kebijakan khusus untuk multikultur. Dipromosiin sama pemerintah. Ibu-ibu yang nikah campur dikasih sarana belajar bahasa Korea. Dari situ ada dokumentari kehidupan ibu-ibu nikah campur. Aku ikut tampil,” jelasnya.

Dari proyek dokumenter itulah Yannie Kim mulai dikenal oleh sineas Korea. “Akhirnya ada tawaran masuk untuk broadcasting, iklan, terus drama,” jelasnya. Sebelum tampil di drama “Yong Pal” dan “Hospital Ship”, Yannie Kim sudah membintangi drama keluarga yang tampil di stasiun TV lokal. Temanya juga nggak jauh dari kisah pernikahan beda negara.

“Sebenarnya dari 2010 aku sudah masuk akting. Sudah ada 8 judul drama keluarga yang tayang khusus di Korea. Baru pas akting sama Joo Won di Yong Pal itu bikin penggemar drama Korea di Indonesia jadi heboh,” katanya.

Yannie Kim (Instagram)

Lebih menarik lagi, ternyata sebelum berkarier di bidang akting, Yannie pernah mengikuti kontes Miss Korea pada tahun 2012 dan menyabet gelar Mrs Korea Best Talent. Setelah itu, Yannie sering mendapat undangan untuk tampil di TV sebagai narasumber maupun bintang iklan. Yannie juga pernah menjadi pembicara tetap dalam sebuah program di salah satu stasiun TV korea pada tahun 2013-2014.

Begitulah perjuangan Yannie hingga bisa menjadi eksis di drama Korea. Sukses terus untuk Yannie, dan jangan lupakan Indonesia. (tom)

Mereka Juga Suka Berita Ini
Apa Komentarmu
Tunggu Dong...