in

5 Alasan Pentingnya Backup File Hosting

Pentingnya backup file hosting memang sangat wajib apalagi bagi kamu yang menjalankan bisnis online. Tak hanya sekadar pengelolaannya saja, tetapi juga harus memperhatikan pemilihan jenis layanan domain dan hosting. Selain agar lebih aman, berikut ini beberapa alasan penting lainnya untuk melakukan backup file hosting. 

Apa itu file hosting?

Sebelum masuk ke dalam pembahasan terkait dengan backup file hosting, kamu harus lebih dulu mengetahui apa itu file hosting. 

Hosting sendiri adalah sebuah layanan online yang nantinya menjadi tempat untuk menyimpan semua file dan data website. Nantinya semua file dan data website tersebut akan ditampilkan melalui internet. 

File-file yang tersimpan di dalam hosting tersebut berisi gambar, script, video, email, aplikasi, dan database (basis data). 

Saat menggunakan jaringan internet dan ingin mengakses sebuah situs, hal perlu kamu lakukan adalah menuliskan nama domain atau kata kunci tertentu pada halaman mesin pencari.

Kemudian, cara kerja dari layanan hosting ini sendiri dengan menyediakan ruang server yang menyimpan aset dan data untuk kebutuhan website. 

Ketika ada user atau pengguna yang menuliskan nama website di browser, maka secara otomatis server tersebut akan mengirimkan file yang diperlukan. 

Alasan pentingnya backup file hosting

1. Cara untuk mengantisipasi serangan virus

Virus atau malware bisa menyerang sebuah situs website kapan saja, meskipun jenis hosting yang dipilih sudah dilengkapi dengan sistem keamanan yang optimal. 

Umumnya, serangan virus tersebut akan menyebabkan terjadinya pencurian data hingga percobaan login ke sebuah account atau sistem. 

Oleh karena itu, demi menghindari hal tersebut kamu harus melakukan backup file hosting secara berkala. 

2. Mencegah terjadinya website down

Setiap orang yang memiliki sebuah situs website pasti menginginkan agar selalu online tanpa adanya kendala seperti server down

Walaupun hanya sekadar downtime dalam waktu yang cukup singkat, tetapi dampaknya ternyata bisa memengaruhi data penting pada website. Bahkan hal terburuknya, setelah kembali normal data-data tersebut bisa hilang begitu saja. 

Hal ini pun sudah pasti sangat merugikan kamu apalagi yang menjalankan bisnis online. Maka, pastikan kamu selalu melakukan backup file hosting secara berkala. Agar tidak terjadi kendala seperti hilangnya data-data penting tersebut.

3. Cegah kerusakan HDD atau SSD

Biasanya HDD atau SSD akan mengalami overload, jika banyaknya data yang disimpan. Dengan kondisi yang seperti itu, kamu sudah membutuhkan backup file hosting agar data tetap aman tersimpan. 

HDD ini seringkali dipakai untuk menyimpan data dalam skala ukuran besar, jadi apabila tidak dilakukan backup secara rutin, maka memiliki risiko terjadinya kerusakan. 

4. Bisa lebih waspada jika ada gangguan dari hacker

Selain harus waspada dengan serangan virus, pengguna website juga wajib berhati-hati terhadap peretasan yang mungkin terjadi kapan saja. 

Demi mengantisipasi terjadinya peretasan pada sebuah situs website, sebaiknya lakukan backup file secara berkala, karena hacker bisa datang kapan saja. 

Jangan sampai lengah atau malas untuk melakukan backup file hosting, karena dengan begitu data bisa menjadi lebih aman sehingga peretas pun tidak mudah mengambil alih. 

5. Mengurangi terjadinya human error

Seperti yang kita tahu, bahwa pada dasarnya website juga dikelola oleh manusia. Tentu saja akan ada saatnya manusia lalai atau tidak sengaja  menghapus data-data yang penting. 

Demi mencegah terjadinya kehilangan data permanen, kamu harus melakukan backup file hosting secara berkala sehingga bisa tersimpan lebih aman dan rapi. 

Human error ini juga bisa terjadi akibat terlalu sibuk mengelola bisnis online. Jadi, ada baiknya kamu memilih layanan hosting dengan backup file secara otomatis.

Itulah beberapa alasan pentingnya melakukan backup file hosting. Agar lebih aman, kamu juga bisa gunakan hosting murah backup harian dari DomaiNesia yang kini menjadi web hosting terbaik di Indonesia

Jadi, dapat disimpulkan bahwa backup file merupakan salah satu hal yang sebenarnya wajib dilakukan saat website telah terkoneksi secara aktif dengan hosting dan domain. 

Dengan adanya proses backup file secara berkala ini, data penting milikmu tentu akan aman dari serangan hacker, kerusakan fisik, maupun human error

Setelah melakukan backup file hosting, kamu dapat melakukan restore atau pengembalian file data penting pada sebuah situs website. (jow)