4 Strategi Konten Digital Marketing 2022

Kenali audiens kamu dan lakukan strategi yang tepat untuk mendapatkan hati mereka

Strategi Konten Digital Marketing 2022
Strategi Konten Digital Marketing 2022 via pexels.com

Dunia Digital Marketing tahun 2022 akan tetap menganut faham “konten adalah raja“. Apapun medianya, dimanapun tempatnya, di dalam dunia digital marketing, kamu tetap membutuhkan konten sebagai daya tarik utama audiens.

Beragam strategi pemasaran bisa kamu lakukan untuk menjadikan konten kamu menarik. Kamu pun bisa memulainya dengan memperkenalkan produk (awareness), lalu berlanjut dengan membangun hubungan baik dengan calon pelanggan (engagement), lalu terakhir kamu bisa mendorong mereka untuk melakukan pembelian (konversi). Juga jangan lupa kamu perlu menjaga hubungan pelanggan setia. Sehingga mereka akan dengan senang hati merekomendasikan produk kamu ke orang lain.

Aktivitas marketing funnel diatas erat kaitannya dengan produksi konten yang bagus dan beraneka ragam. Mulai dari konten tulisan, video, gambar, konten audio wajib dibuatkan strategi agar pemasaran digital marketing kamu menjadi lebih tepat sasaran.

Jadiberita telah menyusun strategi konten-konten apa saja yang bisa kamu jadikan kendaraan untuk pemasaran Digital Marketing tahun 2022. Berikut adalah ulasannya:

1. Website sebagai rumah dari semua konten kamu

Website sebagai rumah dari semua konten kamu
Ilustrasi Website via Pexels.com Christina Morillo

Salah satu syarat wajib untuk melakukan strategi digital marketing di tahun 2022, kamu wajib memiliki website untuk produk kamu. Website adalah holy grail dari digital marketing. Bagi pelaku usaha di era serba digital sekarang ini, kamu minimal harus memiliki rumah (website) sebagai pusat informasi dari produk yang akan kamu pasarkan.

Membuat website kini jauh lebih murah. Ada banyak jasa pembuatan website yang bisa dapatkan dengan kualitas yang cukup baik dengan harga terjangkau. Lalu, kamu juga perlu mempersiapkan hosting untuk menampung semua konten website yang sudah kamu buat.

Kabar baiknya, kini kamu memiliki banyak pilihan untuk layanan hosting di Indonesia. Di tahun 2022 ini, beragam layanan hosting murah namun dengan kualitas dan service yang cukup bagus bisa menjadi awal untuk mempersiapkan rumah untuk konten kamu.

2. E-commerce & social media

E-commerce & social media
Ilustrasi tampilan social media via pexels.com

Setelah website kamu sudah selesai dibuat, otomatis belum banyak orang yang mengetahui keberadaan kamu. Traffic website kamu masih sedikit. Hal ini wajar terjadi demikian. Kamu hanya perlu melanjutkan strategi konten kamu ke tahapan berikutnya yakni dengan memanfaatkan E-commerce & social media.

BACA JUGA: Ternyata Ini Asal Usul Nama Instagram, Sudah Tahu?

Platform e-commerce dan social media adalah wadah bagi produk kamu untuk mendistribusikan konten dan membangun audiens. Yang mana e-commerce dan social media adalah tempat berkumpulnya para calon konsumen kamu. Berikan mereka konten-konten yang bermanfaat dan menginspirasi.

Lalu buatlah strategi khusus agar calon konsumen pun akan mengunjungi website kamu. Bagikan infomasi lengkap mengenai apa yang ingin kamu tawarkan kepada mereka.

3. Pakai e-mail marketing

Pakai e-mail marketing
Ilustrasi e-mail marketing via Rede Parcerias

Sekarang zaman meta verse kok masih pakai email marketing?, eits tunggu dulu. Berhubung meta verse masih dalam proses pengembangan dan saat ini belum banyak yang bisa kita nikmati dari teknologi baru ini. Email marketing akan tetap menjadi kendaraan untuk strategi konten digital marketing di tahun 2022. Sebab, konten melalui e-mail masih memiliki journey yang unik dan tidak tergantikan.

E-mail marketing adalah strategi konten digital marketing 2022 yang masih cukup efektif. Sebab, inilah salah satu cara kamu untuk bisa berkomunikasi langsung secara personal kepada audiens kamu.

BACA JUGA: Shiva Ayyadurai, Sosok Pencipta Email yang Terlupakan

Ada tiga kata kunci yang menggambarkan strategi konten dengan menggunakan e-mail marketing. Personalisasi, Otomatisasi dan Privasi. Tiga hal ini adalah kekuatan dari strategi konten menggunakan e-mail marketing.

Pada akhirnya e-mail marketing juga akan mengarahkan audiens untuk menuju rumah konten kamu yang ada di website. Sehingga kegelisahan kamu terkait traffic pengunjung website yang sebelumnya sedikit akan naik secara bertahap. (jow)

4. Jangan ada yang disembunyikan dari audiens

Jangan ada yang disembunyikan dari audie
Illustrasi identitas via Reputation Defender

Jangan berfikir untuk menyembunyikan sesuatu kepada audiens kamu. Sangat penting untuk kamu sebagai digital marketer untuk terbuka dalam segala bentuk informasi publik.

Mulai dari kamu mendaftarkan hosting, registrasi domain, hingga informasi terkait siapa kamu dan apa peran kamu di bisnis yang kamu jalani penting diketahui oleh audiens kamu.

Sangat penting bagi pemilik domain website untuk menyertakan informasi asli yang valid dan benar. Informasi pemilik domain website biasanya tercatat di Who Is (Who is the responsible owner of the domain name or IP address).

Hal ini akan membantu audiens kamu melakukan verifikasi secara mandiri untuk alamat website dari bisnis kamu. Sehingga tingkat kepercayaan mereka kepada bisnis kamu juga meningkat. (jow)


Written by Admin Post