BAGIKAN
Instagram (Flickr)

Instagram sudah menjadi media sosial yang setiap hari dikunjungi banyak orang. Banyak dari mereka mengunggah foto, video atau sekedar berbagi postingan di Instastory setiap harinya. Kamu mungkin termasuk yang sering membuka Instagram tiap harinya untuk melihat foto-foto teman kamu atau artis favorit kamu. Namun tahukah kamu dari mana asal usul nama Instagram itu sendiri?

Sebelumnya, mari kita lihat dulu sejarahnya. Berdiri pada tahun 2010, perusahaan Burbn, Inc., merupakan sebuah teknologi startup yang hanya berfokus kepada pengembangan aplikasi untuk telepon genggam. Pada awalnya Burbn, Inc. sendiri memiliki fokus yang terlalu banyak di dalam HTML5 mobile, namun kedua CEO, Kevin Systrom dan juga Mike Krieger, memutuskan untuk lebih fokus pada satu hal saja.

Setelah seminggu mereka mencoba untuk membuat sebuah ide yang bagus, pada akhirnya mereka membuat sebuah versi pertama dari Burbn, namun di dalamnya masih ada beberapa hal yang belum sempurna. Versi Burbn yang sudah final, adalah aplikasi yang sudah dapat digunakan di dalam iPhone, yang dimana isinya terlalu banyak dengan fitur-fitur.

Instagram di iPhone (Pexels)

Sulit bagi Kevin Systrom dan Mike Krieger untuk mengurangi fitur-fitur yang ada, dan memulai lagi dari awal, namun akhirnya mereka hanya memfokuskan pada bagian foto, komentar, dan juga kemampuan untuk menyukai sebuah foto. Itulah yang akhirnya menjadi Instagram.

Lalu, dari mana asal nama Instagram? Media sosial yang menyediakan layanan berbagi foto ini ternyata berawal dari kata Insta yang merupakan kependekan dari kata “Instan”. Instan di sini maksudnya foto dapat diambil secara instan dengan menggunakan kamera. Kata “insta” menjurus kepada kemudahan memamerkan foto yang sama persis dalam sekali klik.

Sedangkan, kata “gram” berasal dari kata “telegram” yang berarti cara kerjanya hampir mirip dengan alat telegram yang kita kenal. Telegram sendiri merupakan alat yang digunakan untuk mengirim informasi dengan cepat.

Kata “gram” di sini merepresentasikan informasi yang disebarkan lewat jaringan internet, sehingga informasi yang disampaikan bisa diterima dengan cepat oleh berbagai kalangan.

Logo lama dan baru Instagram (Underconsideration)

Instagram sendiri menjadi populer setelah diakuisisi oleh Facebook pada 9 April 2012 lalu. Platform media sosial ini langsung memiliki banyak pengguna dan mulai memperkenalkan berbagai fitur-fitur menarik.

Pada 11 Mei 2016, Instagram memutuskan mengganti logonya dari kamera polaroid berwarna cokelat menjadi ikon kamera dengan warna gradient pelangi.

Itulah asal nama Instagram, yang mungkin belum kamu tahu. Selamat, kini kamu jadi tahu asal nama Instagram itu dari mana, jadi nggak cuma asal pakai saja. (tom)

Apa Komentarmu