Cara mudah meminta rezeki melalui doa yang bisa Anda lakukan dimana saja dan kapan saja

Jika usaha telah dilakukan namun rezeki tak kunjung datang, lakukanlah hal ini.

Cara mudah meminta rezeki melalui doa
Foto: Tirto.id/Shutterstock

Cara mudah meminta rezeki rupanya bisa dilakukan cukup dengan mengamalkan doa saat Anda selesai menunaikan shalat. Lalu bagaimana caranya?, simak artikel ini sampai selesai.

Sebagai manusia biasa tentu kita ada kalanya mengalami kesulitan dalam ekonomi. Berbagai masalah pun bisa saja datang karena faktor rezeki yang tidak kunjung datang menghampiri Anda. Namun sebagai umat muslim kita hendaknya selalu berusaha diiringi dengan doa. Agar Allah SWT dapat membuka pintu rezeki yang mungkin selama ini belum mendekat kepada Anda.

Salah satu cara mudah meminta rejeki dari Allah SWT adalah dengan mengamalkan doa. Doa di sini tentunya perlu Anda amalkan dalam kehidupan sehari-hari. Semakin sering anda mengamalkannya maka Anda akan terbiasa untuk semakin dekat dengan Sang Pencipta. Sehingga pada akhirnya rezeki yang Anda inginkan pun akan segera datang.

Allah SWT sudah menjamin bahwa umat-umatnya akan diberikan rezeki. Dan rejeki itu akan datang melalui pintu-pintu yang sudah ditentukan oleh Allah SWT. Dengan begitu Anda sebagai umatnya tidak perlu khawatir, sebab Allah SWT sendiri yang telah menjamin rezeki masing-masing hambanya.

Namun walaupun Allah SWT sudah berjanji untuk memberikan rezeki, bukan berarti Anda hanya menunggu dan berdiam diri saja. Harus ada usaha dan doa agar rezeki itu dapat diberikan kepada Anda.

BACA JUGA: Nama adalah Doa dari Orangtua, Benarkah?

Cara mudah meminta rezeki

Dihimpun dari berbagai sumber, inilah doa meminta rezeki yang bisa Anda hafalkan. Simak selengkapnya berikut ini. 

Allahummaf tahlii abwaabal khoiri, wa abwaaba sholaamati, wa abwaabas shihati, wa abwaaban nia’mati, wa abwaaba barokhati, wa abwaabal quwwati, wa abwaabal, mawaddathi, wa abwaabar rohmati, wa abwaabar rizqi, wa abwaabal ‘ilmi, wa abwaabal maghfirothi, wa abwaabal jannati, yaa arhamarroohimiin.

Artinya:

“Ya Allah, bukakanlah untukku pintu-pintu kebaikan, pintu-pintu keselamatan, pintu-pintu kesehatan, pintu-pintu nikmat, pintu-pintu keberkatan, pintu-pintu kekuatan, pintu-pintu cinta sejati, pintu-pintu kasih sayang, pintu-pintu rezeki, pintu-pintu ilmu, pintu-pintu ampunan dan pintu-pintu surga. Ya Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.”

Pintu-Pintu rezeki yang dijamin oleh Allah SWT

Cara mudah meminta rezeki
Illustrasi orang kaya Arab (Foto: Freepik.com)

Setelah Anda mengetahui doa untuk cara mudah meminta rezeki. Kini ada baiknya Anda pula harus memahami dari mana datangnya rezeki itu. Rezeki bukan hanya soal mencari nafkah saja, bekerja, berdagang, berbagi ilmu. Itu hanya sebagian dari pintu-pintu rezeki yang akan Allah SWT berikan kepada umatnya.

Ada banyak pintu-pintu rezeki yang akan mempermudah Anda saat meminta rezeki kepada Allah SWT. Pintu rezeki itu diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Pintu Rezeki dari Anak

Setiap umat manusia akan memiliki rezekinya masing-masing. Begitupula dengan rezeki anak yang baru saja lahir. Allah SWT menjamin hal ini dalam surat Al-Isra’ ayat 31.

“Dan janganlah kamu membunuh anak-anakmu karena takut miskin. Kamilah yang memberi rezeki kepada mereka dan kepadamu. Membunuh mereka itu sunggu suatu dosa yang besar.”

2. Pintu Rezeki dari Pernikahan

Banyak yang menganggap pernikahan akan menambah beban karena biaya hidup akan bertambah. Hal ini adalah pemahaman salah sebagai umat muslim. Sebab Allah SWT telah menjamin pintu rezeki dari pernikahan seperti dalam surat An Nur ayat 32. Pernikahan adalah salah satu Cara mudah meminta rezeki.

“Dan nikahkanlah orang-orang yang masih membujang di antara kamu, dan juga orang-orang yang layak (menikah) dari hamba-hamba sahayamu yang laki-laki dan perempuan. Jika mereka miskin, Allah akan memberi kemampuan kepada mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah Maha Luas (pemberian-Nya), Maha Mengetahui.”

3. Pintu Rezeki dari Bersedekah

Salah satu cara mudah meminta rezeki adalah dengan mengeluarkan rezeki itu sendiri. Artinya Anda harus berbagi dan bersedekah. Hal ini merupakan sebuah janji Allah SWT yang ditulis dalam surat Al-Baqarah ayat 245.

“Barang siapa meminjami Allah dengan pinjaman yang baik, maka Allah melipatgandakan ganti kepadanya dengan banyak. Allah menahan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nyalah kamu dikembalikan.”

BACA JUGA: Bukan Harta yang Melimpah, Tapi 5 Hal Ini yang Justru Bikin Kamu Hidup Bahagia

Sudah meminta rezeki namun masih saja tertutup pintunya, mungkin ini alasannya

Mungkin Anda sudah melakukan segala cara usaha dan doa namun rezeki itu pun tak kunjung datang. Hal ini mungkin saja ada sebabnya. Dosa-dosa yang tanpa Anda sadari ternyata bisa menghambat rezeki yang datang.

Apa saja dosa-dosa yang bisa menutup pintu rezeki itu?, berikut adalah ulasannya:

1. Perbuatan Zina

Zina rupanya menjadi salah satu penyebab tertutupnya pintu rezeki. Banyak orang-orang yang melupakan dosa ini. Apalagi di zaman yang serba bebas seperti sekarang ini. Tahukah kamu bahwa 1 kali berbuat zina maka tidak akan diterima amal ibadahnya selama 40 tahun.

Namun Allah SWT adalah tempat paling tepat untuk bertobat selama dilakukan bersungguh-sungguh. Jika Anda benar-benar tulus bertaubat maka Allah akan sangat mudah untuk mengampuni dosa-dosa kita.

2. Rezeki yang didapat dari cara yang haram

Tahukah Anda jika rezeki yang selama ini didapatkan dengan cara haram juga adalah penyebab tertutupnya pintu rezeki. Apalagi jika rezeki itu sudah dimakan oleh Istri dan Anak kita, maka keberkahan dari Allah SWT pun akan jauh dari orang tersebut.

Jika seseorang mendapatkan rezeki dari cara yang haram, Allah SWT tidak suka maka jangan heran jika semakin Anda mendapatkan banyak rezeki justru semakin banyak yang Anda keluarkan. Karena rezeki yang tidak berkah, Allah SWT akan mengambil kembali harta tersebut. Bisa hari ini, esok, atau lusa.

3. Rezeki tertutup karena menyekutukan Allah (Syirik)

Syirik adalah doa besar dimata Allah SWT. Dosa ini kerap menjadi hal yang biasa saat ini bahkan mengaggapnya sebagai tradisi. Seperti menyembah pohon keramat, mendatangi dukun, percaya pada ramalan. Semua itu adalah dosa yang bisa menjadi penghambat pintu rezeki.

Kita perlu introspeksi diri bahwa semua yang terjadi bahkan kesanggupan kita mencari nafkahpun semua karena karunia Allah.

Itulah ulasan tentang cara mudah meminta rezeki. Semoga artikel ini bisa bermanfaat. (jow)

BACA JUGA: 7 Bacaan Doa Agar Cepat Hamil untuk Pasangan yang Baru Menikah