Cara Mudah Jualan Abon Ikan Tuna

Karena jualan abon ayam dan sapi sudah terlalu banyak pesaingnya.

Cara Mudah Jualan Abon Ikan Tuna 1
Foto: Instagram @guniezzt

Cara mudah jualan abon ikan tuna ternyata nggak sesulit yang Anda bayangkan jika kita tahu persiapannya sebelum memulai usaha. Jadiberita.com telah mengulas cara lengkapnya di artikel ini agar cara jualan abon ikan tuna Anda menguntungkan.

Sebagian orang mungkin lebih suka untuk jualan abon ayam atau abon sapi. Yup, selain lebih banyak diminati oleh masyarakat, abon ayam dan abon sapi memang lebih banyak penjualnya. Namun jika Anda ingin menciptakan produk yang baru namun masih memiliki pangsa pasar yang cukup besar, nggak ada salahnya untuk mencoba jualan abon ikan tuna.

Segudang manfaat ikan tuna dibandingkan daging sapi dan ayam

Ikan tuna adalah ikan laut yang memiliki bobot cukup besar namun memiliki daging yang enak dan lembut. Ikan tuna memiliki segudang manfaat daripada jenis olahan daging lainnya diantaranya adalah kandungan protein yang lengkap. Protein dari ikan tuna berfungsi untuk pembentukan hormon, enzim, kolagen dan antibodi.

Protein ikan tuna juga tergolong rendah lemak. Sehingga jika Anda mengonsumsinya akan membantu dalam menyehatkan jantung, cegah peradangan, mengurangi sakit stroke, serta adanya asam lemak omega 3 yang berkhasiat dalam menurunkan kadar trigliserida dan tekanan darah.

Kandungan vitamin B6 yang sempurna

Ikan tuna memiliki kandungan vitamin B6 yang dipercaya dapat meningkatkan fungsi sel otak, sistem saraf hingga produksi hemoglobin. Adapun sumber mineral yang ada di daging ikan tuna juga baik untuk magnesium, selenium dan fosfor.

Dengan begitu daging ikan tuna akan juga membantu Anda dalam menjaga saraf, otot, menjaga jantung, kesehatan tulang, dan mengatur pelepasan gula darah. mencegah serangan radikal bebas.

Apa itu abon ikan tuna?

Cara Mudah Jualan Abon Ikan Tuna
Illustrasi produk olahan abon ikan tuna

Abon ikan tuna ialah bahan lauk yang dibuat dari bahan dasar berupa ikan tuna yang digiling halus kemudian dibumbui dan dibuat bertekstur agak kering. Rasa abon tuna ini sangat menggiurkan dimana memang potensial dijadikan sebagai ladang bisnis.

Pesaing yang tidak sebanyak abon sapi dan ayam menjadikan peluang usaha abon ikan tuna ini terbuka cukup lebar. Sebelum membuka bisnis abon ikan, Anda juga harus memperhatikan analisis usaha dalam bisnis abon ikan tuna ini.

BACA JUGA: Pikirkan 5 hal Ini untuk Kuatkan Tekadmu Jadi Pengusaha Muda

Anggaran biaya untuk jualan abon ikan tuna

Modal Awal yang diperlukan

  • Mesin peniris : Rp 2.000.000
  • Penggorengan : Rp 200.000
  • Plastik pembungkus : Rp 20.000

Total untuk biaya perawatan adalah Rp 2.220.000

Bahan Baku Habis 1 Bulan

  • Bumbu membuat abon : Rp 35.000
  • Ikan tuna : Rp 1.220.000
  • Biaya lainnya : Rp 25.000

Total untuk biaya bahan baku yang habis 1 bulan yakni Rp 1.280.000

Biaya Operasional dalam 1 bulan

  • Biaya air : Rp 50.000
  • Biaya listrik : Rp 100.000

Total biaya operasional yakni Rp 150.000

Dari sini dapat disimpulkan bahwa untuk bisa membuka usaha abon ikan abon, maka dibutuhkan biaya setidaknya Rp 2.220.000 + Rp 1.280.000 +  Rp 150.000 = Rp 3.650.000

Tips sukses jualan abon ikan tuna

Untuk membuat usaha bisnis abon ikan tongkol semakin sukses, terdapat tips yang bisa dicoba. Hal ini penting untuk meminimalisir risiko usaha abon ikan. 

1. Mencari Ikan Tongkol Berkualitas

Kunci suksesnya bisnis abon ikan tongkol adalah kepercayaan konsumen. Untuk itu, carilah bahan baku berupa ikan tongkol dengan kualitas baik yakni segar dan tidak berbau. Dengan kualita baik, maka cita rasa abon ikan juga nikmat.

2. Supplier Terpercaya

Carilah supplier ikan terpercaya yang menawarkan ikan tongkol dengan kualitas bagus namun dijual dengan harga yang lebih murah.

3. Mengemas Abon Ikan secara tepat

Pengemasan abon ikan ini sangat penting baik untuk meningkatkan daya Tarik sekaligus menjaga keawetan dari abon ikan. Gunakan packaging yang selain bisa melindungi abon ikan juga bisa meningkatkan daya jual.

4. Mempromosikan produk

Agar bisnis cepat tersebar dan produk laku di pasaran, promosikan abon ikan tuna ini ke berbagai social media ataupun iklan dan brosur.

Itulah ulasan tentang cara mudah jualan abon ikan tuna yang bisa menjadi ide Anda jika ingin memulai berjualan. Semoga artikel ini bermanfaat. (jow)

BACA JUGA: Anti Ribet, Ini 5 Usaha yang Bisa Kamu Lakukan Sambil Kuliah Buat Uang Tambahan