Anti Ribet, Ini 5 Usaha yang Bisa Kamu Lakukan Sambil Kuliah Buat Uang Tambahan

Sebagai anak kuliahan, tentunya sudah harus mulai berpikir untuk nggak terlalu bergantung pada orangtua. Kamu bisa mencoba untuk mencari kerja sambil kuliah. Jika kamu pikir kuliah sambil kerja itu ribet, kamu keliru, karena ada usaha sampingan yang bisa kamu lakukan tanpa ribet. Contohnya seperti 5 usaha berikut ini.

1. Les privat

Ilustrasi guru privat (Gracetolstay)

Sambil kuliah, kamu bisa membuka jasa les provat untuk sekolah. Kamu nggak perlu gedung atau ruangan khusus, karena les privat ini bisa dilakukan di rumah murid kamu. Kamu bisa mengajar tetangga kamu yang masih sekolah, atau kenalan kamu yang lainnya. Tentunya, kamu harus menguasai bidang yang mau kamu ajarkan. Jasa les privat ini juga lebih fleksibel dalam hal waktu. Kamu bisa buka les setelah pulang kuliah, atau bisa juga saat libur semester.

2. Jasa print

Ilustrasi jasa print (Pixabay)

Jika kamu punya printer di rumah atau di kost, jangan didiamkan saja. Printer milikmu itu bisa kamu jadikan sumber penghasilan dengan membuka jasa print tugas. Biar tambah laris, sebaiknya kamu pasang harga di bawah tarif di bawah rata-rata harga fotokopian di daerah kamu. Lumayan kan uangnya bisa untuk kamu makan sehari-hari tanpa perlu menunggu kiriman dari orangtua?

3. Jualan makanan ringan

Ilustrasi jualan makanan (Pixabay)

Jika kebetulan kelas kamu jauh dari kantin, kamu juga bisa jualan makanan ringan. Selain bisa menambah penghasilan, kamu juga bisa membantu teman kamu yang malas ke kantin karena jauh. Selain itu, jualan makanan ringan ini nggak akan mengganggu jadwal kuliah kamu, karena bisa dilakukan saat sedang istirahat atau sedang nggak ada jadwal kuliah.

4. Buka toko online

Ilustrasi buka toko online (Pixabay)

Zaman serba internet seperti sekarang, sudah nggak aneh lagi jika toko-toko online banyak tersebar di jagat maya. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi jual beli online yang kini sudah tersedia. Atau jika nggak mau ribet kamu juga bisa buka toko online lewat media sosial milik kamu, seperti Facebook atau Instagram. Dengan begitu kamu bisa mulai jualan dari teman atau keluarga kamu dulu.

5. Jualan hijab

Ilustrasi cewek berhijab (Pixabay)

Buat yang cewek, bisa coba untuk jualan hijab. Kamu bisa jualan hijab yang kekinian atau yang sedang tren. Jika teman-teman kamu kebanyakan adalah cewek yang berhijab, dijamin dagangan kamu ini bakal laku, dan kamu bisa mendapatkan uang tambahan untuk makan sehari-hari atau bahkan untuk bayar uang kuliah.

Itu tadi 5 usaha yang bisa kamu lakukan sambil kuliah tanpa ribet. Semoga sukses untuk usahanya. (tom)

Mereka Juga Suka Berita Ini
Apa Komentarmu
Tunggu Dong...