Langkah Mudah dan Cara Menjalankan Restoran Agar Sukses

Langkah Mudah dan Cara Menjalankan Restoran Agar Sukses
Foto: unsplash.com/Álvaro Serrano

Membuka usaha restoran memang terbilang jenis usaha yang memiliki peluang usaha baik. Hal ini sejalan dengan banyaknya permintaan terkait warung makan. Buat Anda yang tertarik membuka bisnis di bidang ini, yuk simak bahasan terkait cara menjalankan restoran berikut ini.

Tips Memulai Usaha Restoran

Untuk membuat restoran yang sukses, hal utama yang perlu ditekankan ialah kualitas makanan yang dijual, harga yang ditawarkan, juga tempat makan yang nyaman. Berikut tips membuka restoran sukses dalam membuka restoran yang perlu Anda ketahui:

BACA JUGA: 7 Restoran Terbaik di Jepang yang Wajib Kamu Kunjungi

1. Menentukan Tema Restoran

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menentukan tema restoran. Anda harus memikirkan ingin membuka restoran apa, apakah restoran masakan lokal, restoran Padang, restoran Sunda, masakan western, masakan China, Korea dan lainnya.

Anda juga harus tau tema restoran apakah restoran sederhana ataupun yang berkelas. Hal ini akan berpengaruh pada pola masakan sehingga Anda bisa menentukan tema yang tepat lebih dulu.

2. Memilih Lokasi Strategis

Setelah memikirkan tema, maka Anda juga harus mencari kira-kira dimana sih lokasi yang paling pas untuk membuka usaha restoran dengan konsep tersebut? Pastikan juga lokasi yang dipilih tidak hanya nyaman namun juga strategis didatangi oleh pengunjung.

Lokasi yang paling potensial yakni apabila berada di lingkungan dekat sekolah, kampus, ataupun kantor yang memang banyak konsumen.

3. Memilih Nama Restoran

Buatlah nama restoran yang bisa mencerminkan nama di dalamnya. Agar usaha Anda lebih terlindungi di mata hukum, maka Anda juga bisa mengurus nama merek berupa hak cipta, lisensi, dan sebagainya.

Buatlah juga logo dari restoran yang dipatenkan untuk menghindari hal-hal tidak diinginkan. Pastikan nama dan logo tersebut mudah diingat masyarakat.

4. Menulis Menu Restoran

Tentukan juga menu apa saja yang akan dijual pada restoran Anda dengan membuat daftar menu restoran. Daftar menu ini sebaiknya dibuat dengan desain menarik dan ditambahkan foto pada masing-masing menu.

5. Menyiapkan Persediaan Bahan

Ketika membuka restoran, pastikan bahwa persediaan bahan makanan dapat emncukupi operasional restoran dalam beberapa hari. Hal ini penting untuk memberikan pelayanan pada pelanggan secara maksimal.

6. Menyeleksi Staf Restoran

Demi menunjang kesuksesan restoran, pilih juga SDM yang unggul dibidangnya. Selain yang terampil dan berpengalaman, Anda juga bisa mencari staf yang jujur. Kejujuran ini penting sekali dalam sebuah bisnis.

7. Mempromosikan Restoran

Promosi menjadi cara yang paling ampuh dalam branding restoran sekaligus menarik konsumen. Untuk itu, lakukan promosi dari mulut ke mulut, menyebar brosur, ataupun iklan sosial media.

Nah, demikianlah artikel mengenai cara menjalankan restoran. Dengan bahasan di atas, semoga bisa memperkaya pengetahuan Anda sebelum membuka usaha restoran. Sampai jumpa di bahasan-bahasan selanjutnya! (jow)

BACA JUGA: Anti Ribet, Ini 5 Usaha yang Bisa Kamu Lakukan Sambil Kuliah Buat Uang Tambahan