5 Tips Memilih Saham Untuk Trading Harian

5 Tips Memilih Saham Untuk Trading Harian
Foto: www.ngoliday.com

Trading saham harian ialah kegiatan perdagangan saham dimana dilakukan dalam jangka pendek yakni hitungan hari. Untuk memperoleh jaminan yang tepat, maka Anda harus menganalisis lebih dulu mana saham untuk trading harian.

Oleh karena itu, pada artikel ini akan dibahas lebih lanjut mengenai trading saham harian. Yuk simak bahasan trading saham khususnya tips memilih saham trading yang cocok bagi pemula.

1. Fokus pada Saham yang Mempunyai Likuiditas Tinggi

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan ialah fokus pada saham yang mempunyai likuiditas tinggi. Likuiditas ini ialah suatu istilah yang digunakan sebagai gambaran ramai atau tidaknya suatu transaksi jual beli aset pada pasar modal.

Dapat dikatakan bahwa ketika likuiditas saham meninggi, maka trader akan semakin mudah untuk membeli maupun menjualnya pada harga yang diinginkan. Dengan demikian trader mampu memperoleh keuntungan maksimal.

2. Mengamati Perubahan Harga

Trader bisa memperoleh keuntungan dari perubahan harga aset yang terjadi dalam jangka pendek. Dengan demikian, aspek perubahan volatilitas ini menjadi aspek yang perlu diperhatikan para trader.

Volatilitas harga yang cukup tinggi ini bisa menyebabkan risiko yang tinggi pula. Hal ini yang membuat seorang trader harus lebih berhati-hati ketika memilih saham yang mempunyai volatilitas tinggi setiap hari atau jamnya.

Untuk trader harian maka Anda bisa menggunakan indikator seperti candlestick dimana mampu mengamati perubahan harga juga volume dan frekunesnsi transaksi pada suatu aset.

BACA JUGA: 5 Tips Beli Saham IPO Secara Online

3. Memilih Saham dengan Grafik yang Mudah Dianalisis

Selanjutnya, Anda juga perlu memilih grafik yang mudah dianalisis untuk trading saham harian. Analisis teknikal memang dapat digunakan oleh seluruh aset namun ternyata terdapat juga aset yang sulit dibaca.

Agar Anda tetap bisa memperoleh keuntungan, maka sebagai trader saham harian Anda bisa menghindari saham yang sulit dianalisis. Untuk melakukan kegiatan trading, analisis teknikal memang cara paling kredibel yang bisa dilakukan.

4. Memilih Saham dengan Sentimen Bagus

Sebagai trader harian, maka Anda bisa memilih saham dengan sentimen  bagus. Dengan sentimen bagus maka trader dan investor akan terdorong untuk membeli saham agar bisa mengerek harganya.

Sebalinya, apabila sentimen sedang buruk maka bisa menyebabkan investor maupun trader ramai-ramai hendak menjualnya. Bagi trader harian, sentimen yang perlu diperhatikan ialah sentimen yang dapat berpengaruh pada harga saham harian.

5. Membandingkan Saham Pilihan dengan Indeks

Tips memilih saham yang cocok untuk trading harian selanjutnya yakni membandingkan saham yang telah dipilih sebelumnya dengan IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan) yang menjadi wakil dari industri saham.

Memang benar jika banyak trader lebih memilih mengikuti perdagangan saham yang mempunyai korelasi menengah hingga kuat pada indeks tertentu. Saham yang mempunyai korelasi kuat dengan indeks akan cenderung naik 2% apabila indeks terkait tersebut naik 1%.

Nah, itulah beberapa tips dan strategi yang bisa dipaparkan mengenai saham untuk trading harian. Semoga beberapa tips yang sudah dijelaskan di atas bisa bermanfaat bagi Anda. Sampai jumpa! (jow)

BACA JUGA: 3 Tips Trading Forex dengan Modal Kecil