5 Tips Beli Saham IPO Secara Online

5 Tips Beli Saham IPO Secara Online
Foto: Cermati.com

Tips beli saham IPO bisa menjadi pertimbangan sebelum Anda membelinya. Saat ini, saham IPO telah bisa dibeli secara online. Hal ini berarti Anda tak perlu lagi mengunjungi BEI agar bisa memperoleh penawaran saham perdana dari suatu perusahaan.

Pada artikel ini akan dijelaskan terkait cara mendapatkan saham IPO yang bisa Anda ikuti sebagai panduan. Adapun IPO sendiri merupakan suatu istilah yang digunakan ketika perusahaan baru pertama kali menawarkan efek saham pada masyarakat.

Sebagai investor, maka Anda perlu tips memilih saham IPO agar dapat berinvestasi dan memberikan pendanaan yang tepat pada suatu perusahaan. Investasi saham pada IPO ini memang berisiko dimana Anda bisa saja mendapatkan nilai saham yang terus menurun. Ini dia 5 tips selengkapnya!

BACA JUGA: Atur Strategi Kamu untuk Mulai Menjalankan Bisnis Saham

1. Memperhatikan Profil Emiten

Langkah pertama yang perlu dilakukan ialah memperhatikan profil emiten. Memang saat ini sudah banyak perusahaan go public yang menawarkan sahamnya secara umum.

Sebelum memilih saham suatu perusahaan, Anda harus melihat track record dari perusahaan IPO tersebut. Anda harus bisa membaca karakter perusahaan agar bisa memperoleh gambaran dari perusahaan tersebut.

2. Melihat Laporan Keuangan

Selain track record, Anda juga harus melihat laporan keuangan perusahaan sebagai dasar pertimbangan. Ketika perusahaan melakukan IPO, maka perusahaan tersebut akan memberikan paparan laporan keuangan dalam beberapa tahun terakhir.

Dari sinilah Anda bisa mendapatkan gambaran apakah perusahaan IPO tersebut memiliki potensi yang besar dan terus berkembang setelah memutuskan untuk go public.

3. Mengecek Proyeksi Jangka Panjang

Bagi Anda yang telah membaca laporan keuangan tentu saja Anda sudah bisa memberikan prediksi terkait peluang keuntungan dari suatu perusahaan. Biasanya perusahaan yang mempunyai laporan keuangan yang baik akan memiliki nilai saham yang terus naik.

Hal ini juga akan mempengaruhi dividen yang dapat diterima oleh para investor perusahaan IPO tersebut. Dalam hal ini, Anda bisa memperoleh keuntungan yang lebih besar apabila Anda memegang kepemilikan saham dalam jangka waktu yang lama.

4. Tips Beli Saham IPO dengan Mengikuti Paparan Publik Emiten

Sebelum listing, biasanya para emtien saham IPO akan melakukan paparan publik. Anda bisa memperoleh banyak informasi terkait perusahaan maupun proyeksi ke depannya dari paparan tersebut.

Saat ini telah banyak perusahaan yang memberikan paparan publik dalam bentuk online melalui platform digital. Untuk itu, Anda bisa menyaksikan paparan online ini dari rumah Anda dengan lebih mudah.

5. Memperhatikan Tujuan Perusahaan Melakukan IPO

Aspek lain yang perlu diperhatikan sebelum Anda membeli saham perusahaan IPO adalah melihat apa tujuan suatu perusahaan menggalang dana dengan IPO. 

Apabila emiten melakukan IPO yang bertujuan sebagai ekspansi bisnis, maka dana tersebut bisa diproyeksikan agar mendapatkan pendapatan baru yang lebih banyak. 

Berbeda halnya dengan tujuan IPO adalah untuk membayar hutang. Maka Anda harus lebih berhati-hati dalam membeli saham perusahaan tersebut.

Baiklah, itulah beberapa trik memilih saham IPO yang dapat Anda jadikan sebagai panduan. Semoga pembahasan mengenai tips beli saham IPO di atas bisa bermanfat bagi Anda khususnya investor pemula. Sampai jumpa di artikel selanjutnya! (jow)

BACA JUGA: Cara Mudah Beli Saham Blue Chip