Cara Perpanjang SIM Lewat GoPay untuk SIM A dan SIM C

Cara Perpanjang SIM Lewat GoPay untuk SIM A dan SIM C 1

Cara perpanjang SIM lewat GoPay untuk kamu yang memiliki SIM A dan SIM C bisa kamu dapatkan informasi lengkapnya di artikel ini. Simak artikel ini sampai selesai untuk ulasan lengkapnya.

Apa yang terlintas di benak Kamu saat membayangkan aktivitas perpanjangan surat izin mengemudi, baik untuk SIM A maupun SIM C? Antrian panjang dan penuh sesak bukan? Namun sekarang hal itu tak berlaku lagi sejak ada cara perpanjang SIM lewat GoPay.

Perkembangan teknologi digital memang sangat luar biasa, bisa merambah ke hampir semua sektor kehidupan manusia modern. Termasuk dalam berbagai pembayaran kebutuhan hidup, sehingga gaya hidup cashless pun sudah menjadi hal biasa di era ini.

Pihak Polda Metro Jaya pun menyambut perubahan gaya hidup ini dengan penerapan cara perpanjang SIM lewat GoPay. Untuk tahu lebih dalam mengenainya, silahkan Kamu ikuti uraian di bawah ini.

Cara Memperpanjang SIM dengan Go-Pay

Cara Perpanjang SIM Lewat GoPay
Foto: Fanny Kusumawardhani kumparan.com

Dengan manfaatkan kemajuan teknologi saat ini, Polda Metro Jaya mengambil langkah cermat dalam menggandeng start up Gojek melalui fitur GoPay, inilah tahapan aksi yang harus dilalui pada cara perpanjang SIM lewat GoPay.

1. Unduhlah Aplikasi Go-Jek

Karena sarana layanan yang digunakan adalah GoPay yang ada di dalam aplikasi Gojek, maka tentu saja tindakan pertamanya adalah melakukan pengunduhan sekaligus pemasangan software aplikasi Gojek. Untuk mengunduhnya silakan KLIK DI SINI

2. Buatlah Akun Pengguna Di Gojek

Pada langkah berikutnya, Kamu silahkan membuat akun pengguna pada aplikasi layanan Gojek. Setelah semua langkah sesuai instruksi sistem dilakukan dan akun anggota berhasil dibuat, maka untuk selanjutnya silahkan mengaktifkan fitur GoPay.

Setelah GoPay berhasil diaktifkan maka pilih menu isi saldo yang dilanjutkan dengan memilih jenis bank yang dipakai. Jangan lupakan untuk memilih jenis pembayarannya, apakah lewat mobile banking, internet banking atau secara manual ke anjungan tunai mandiri (ATM).

3. Melakukan Isi Saldo 

Setelah kedua langkah tersebut di atas terselesaikan, maka segera lakukan top up untuk mengisi dana saldo GoPay. Isilah dengan jumlah nominal sesuai kebutuhan plus tambhan biaya administrasi sistem.

4. Lengkapilah Persyaratannya 

Tahapan pada cara perpanjang SIM lewat GoPay berikutnya, silahkan Kamu lakukan perlengkapan persyaratan agar sesuai dengan ketentuan berdasarkan aturan yang berlaku, yaitu:

  1. Melampirkan jenis SIM milik Kamu yang yang akan dilakukan perpanjangan.
  2. Sisipkan salinan dokumen surat izin mengemudi SIM dan kartu identitas KTP sebanyak masing-masing 2 buah kopian. 
  3. Surat yang menyatakan kondisi kesehatan bagus dari tenaga ahli kesehatan atau puskesmas.
  4. Melakukan uji tes psikologi dan dinyatakan lulus.

5. Scan QR-Code GoPay di Loket Pembayaran SIM

Sebagai langkah terakhir, Kamu wajib untuk melakukan transaksi pembayaran untuk biaya perpanjangan SIM. Hal ini dilakukan pada loket pembayaran dengan cara melakukan pemindaian pada QR-code yang terletak pada halaman menu aplikasi Gojek, yaitu GoPay.

Setelah proses pemindaian berhasi, maka akan dimunculkan pada layar total jumlah yang harus dibayarkan. Segera lakukan proses pembayarannya dan jangan lupa untuk melakukan tangkapan layar sebagai bukti jika Kamu telah selesai melakukan pembayaran.

Serahkan hasil tangkapan layar kepada petugas yang ada di loket, guna dibuatkan tkamu terima pembayaran sebagai tkamu bukti bayar yang sah. 

6. Syarat dan ketentuan pakai GO-PAY untuk SKCK dan SIM

Berikut ini beberapa syarat berikut ketentuan pakai GoPay untuk melakukan pembayaran pada saat ingin melakukan perpanjangan SIM. 

  1. Cashback yang diterima maksimum adalah sebesar Rp20.000.
  2. Promo dapat digunakan hingga batas waktu yang belum ditentukan.
  3. Cashback dapat Kamu paling lambat 1 x 24 jam.
  4. Kuota cashback/minggu untuk 1 orang pelanggan hanya dapat berlaku 2 kali.
  5. Ketentuan tersebut berlaku baik untuk pengurusan perpanjangan SIM, Pembuatan SIM baru serta pembuatan SKCK.

Demikianlah uraian ringan yang membahas mengenai cara perpanjang SIM lewat GoPay. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk bagikan informasi bermanfaat ini melalui sosial media milik kamu baik Facebook, Whatsapp, maupun Instagram. Agar kami akan selalu bersemangat untuk membuat artikel-artikel yang lebih bermanfaat lagi kedepannya. (jow)

BACA JUGA: Cara Perpanjang SIM Online, Mudah Cukup Download Aplikasi