Cara ke Pulau Tidung dengan Hemat

Cara ke Pulau Tidung dengan Hemat 1

Cara ke Pulau Tidung dengan rute hemat budget dan jarak tempuh tercepat bisa kamu dapatkan informasi lengkapnya dari artikel ini. Simak sampai tuntas supaya tidak rugi.

Pulau Tidung merupakan salah satu pulau yang ada di Kepulauan Seribu. Pulau ini terbagi menjadi dua, yaitu Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil. Kedua pulau ini memiliki fungsi yang berbeda, yaitu Tidung Besar sebagai tempat permukiman penduduk dan Tidung kecil sebagai tempat konservasi alam. Kedua pulau ini terhubung oleh sebuah jembatan bernama Jembatan Cinta. Jembatan ini juga menjadi salah satu spot menarik bagi wisatawan karena menawarkan pemandangan laut dengan tema romantis.

Pulau Tidung berada di Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu. Terdapat dua dermaga untuk menuju ke sana, yaitu dari Dermaga Marina Ancol dan Dermaga Kaliadem. Dua dermaga ini dipakai berdasarkan pilihan paket wisata yang dipilih. Dermaga Marina Ancol menjadi titik keberangkatan untuk paket termahal. Tentu kamu tidak ingin kehabisan uang hanya untuk berlibur. Oleh karena itu, kami akan memberitahu cara hematnya.

BACA JUGA: 50 Tempat Wisata Terpopuler di Jakarta yang Wajib Dikunjungi

Bagaimana Cara ke Pulau Tidung Budget Hemat?

Cara ke Pulau Tidung dengan Hemat
Illustrasi Pulau Tidung (Foto: Instagram @tidung_island)
  • Pilih paket super hemat dan sesuaikan dengan jumlah pesertanya. Perlu diingat bahwa harga setiap paket berlaku per satu orang. Kami sarankan untuk memilih paket termurah yang berangkat menggunakan boat fery. Usahakan booking paling lambat 8 hari sebelum berangkat. Saat booking, jangan lupa mengisi data diri seperti nama, umur, dan alamat.
  • Apabila pilih paket super hemat dan akan menggunakan boat fery, maka kamu akan berangkat dari Dermaga Kaliadem. Kamu bisa berangkat dari Stasiun Kota dengan naik Transjakarta rute Kota-Dermaga Kaliadem. Perjalanan pulang pun bisa menggunakan kendaraan yang sama. Tarif Transjakarta hanya Rp 7.000,- untuk perjalanan pulang pergi, namun pastikan saldo kartumu mencukupi.
  • Kamu tidak perlu membawa banyak bekal karena makanan dan minuman sudah tersedia dan termasuk ke dalam fasilitas paket wisata yang dipilih. Cukup bawa snack kecil atau minuman secukupnya.
  • Datang H-1 supaya bisa tiba di titik keberangkatan pada pagi hari, umumnya antara pukul 06.30 dan pukul 07.00. Apabila berangkat pada pagi hari, semua fasilitas dari paket yang dipilih akan dimanfaatkan dengan maksimal.
  • Karena datang saat H-1, disarankan untuk booking hotel termurah yang dekat dengan titik keberangkatan. Bila tidak sanggup bayar hotel atau tidak ada hotel termurah yang dekat, hubungi saudara atau teman yang tinggal dekat dengan titik keberangkatan supaya disediakan tempat untuk menginap secara gratis.
  • Patuhi semua aturan yang diberlakukan oleh travel agent. Lihat di situs Pulau Seribu Traveling di bagian note untuk melihat aturan lengkapnya.

Sebagai tips tambahan, kami sarankan untuk bersikap baik terhadap masyarakat lokal. Anggap saja sebagai bentuk balas budi terhadap ketulusan mereka dalam melayani para wisatawan. Kamu bisa melakukannya dengan cara mengobrol, membeli produk yang mereka jual, atau membantu mereka dalam melakukan suatu pekerjaan.

Selain bersikap baik terhadap masyarakat, kamu juga mesti bersikap baik terhadap ekosistem di sana. Caranya dengan tidak merusak terumbu karang, tidak membuang sampah di pantai dan di laut, patuhi peraturan lain yang berlaku, serta memungut sampah yang ada di pantai. Apabila ekosistem terjaga dengan baik, maka pariwisata di Pulau Tidung akan terus hidup.

Demikian informasi mengenai cara ke Pulau Tidung budget hemat. Semoga informasi di atas mudah kamu pahami dan bisa diterapkan. Selamat berlibur. (jow)

BACA JUGA: Romantisme Jembatan Cinta di Pulau Tidung