50 Tempat Wisata Terpopuler di Jakarta yang Wajib Dikunjungi

Tempat wisata terpopuler di Jakarta bukan hanya Ancol, Kebun Binatang Ragunan, atau Taman Mini saja. Ada banyak tempat wisata rekomendasi yang

Berlibur merupakan cara terbaik guna melepas penat. Ketika merencanakan liburan, terbayang tempat terkenal seperti Bali, Jogja, dan Bandung. Tempat-tempat tersebut memang terkenal karena objek wisatanya yang menarik. Meskipun demikian, kamu perlu memikirkan hal-hal seperti biaya dan tenaga.

Tempat wisata di Bali, Jogja, dan Bandung jaraknya jauh dari Jakarta. Karena jarak tersebut, ongkos selama perjalanan akan terus bertambah. Belum lagi apabila kamu berkunjung selama lebih dari sehari, itu pun belum termasuk oleh-oleh. Hasilnya, jumlah biaya yang dikeluarkan pun pasti mahal.

Selain biaya, tenaga juga perlu diperhatikan. Apabila kamu membawa kendaraan pribadi, pasti melelahkan setelah berkendara selama berjam-jam. Belum lagi jika terjebak macet. Akibatnya, waktu yang seharusnya dipakai untuk jalan-jalan, malah dipakai untuk istirahat.

Oleh karena itu, kamu tak perlu pergi ke luar kota, sebab di Jakarta pun banyak objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Di antara banyaknya tempat wisata di Jakarta, kami hanya merekomendasikan 50 tempat wisata terpopuler di Jakarta. Sebagian tempat mungkin belum kamu ketahui sebelumnya.

1. Hutan Kota Srengseng

Hutan Kota Srengseng (Foto: Instagram @tamanhutandki)

Hutan ini menempati lahan seluas 15,3 hektare dengan 60 spesies pohon yang tertanam dan terdapat pula hewan seperti biawak. Meski lebat, hutan ini nyaman dikunjungi karena ada jogging track yang ramah untuk pejalan kaki dan pesepeda. Adapun tiketnya dikenakan tarif Rp 2.000,- per orang. Lokasinya terletak di Jl. H. Kelik, Srengseng, Kembangan, Jakarta Barat.

BACA JUGA: Cara Pergi ke Hutan Kota Srengseng, Wisata Murah-Meriah di Jakarta

2. Museum Macan

Museum Macan (Foto: Instagram @museummacan)

Nama “Macan” merupakan singkatam dari (Modern and Contemporary Art in Nusantara). Tempat wisata terpopuler di Jakarta ini mengoleksi berbagai seni modern dan kontemporer dari Indonesia dan luar negeri. Harga tiketnya Rp 80.000,-saat hari  kerja dan Rp 100.000,- saat akhir pekan. Museum ini beralamat di Jalan Panjang No. 5, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

BACA JUGA: Cara Ke Museum Macan dari Depok, Bekasi, dan Tangerang

3. Hutan Kota GBK

Hutan Kota GBK (Foto: Instagram @maninae92)

Sebuah hutan di tengah kota Jakarta, tepatnya di area Gelora Bung Karno. Meski namanya hutan, sejatinya tempat ini layaknya taman yang cocok untuk berlibur bersama keluarga. Tidak dipungut biaya untuk masuk ke tempat ini. 

BACA JUGA: Cara Pergi ke Hutan Kota GBK, Wisata Gratis di Jakarta

4. Haluu World

Haluu World (Foto: Instagram @haluuworld)

Tempat wisata terpopuler di Jakarta ini menawarkan spot foto yang Instagramable karena ruangan-ruangan yang mengusung tema ceria. Cocok untuk kamu yang gemar berswafoto. Harga tiketnya Rp 90.000,- saat hari biasa dan Rp 110.000,- saat akhir pekan. Lokasinya berada di The Warehouse Plaza Indonesia Jln. M.H. Thamrin Kav. 30, Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat.  

5. Sea World Ancol

Sea World Ancol (Foto: Instagram @seaworld.ancol)

Sea World merupakan tempat yang cocok untuk mengenal berbagai hewan laut tanpa harus menyelam. Di sana, terdapat sekitar 11.500 biota laut yang terdiri atas 138 jenis ikan dan avertebrata dan 3 jenis reptil. Harga tiketnya dimulai dari Rp 137.340,-.  Tempat ini berlokasi di Jln. Lodan Timur No.7, RW.10, Ancol, Kec. Pademangan, Jakarta Utara

BACA JUGA: Cara Pergi ke Sea World Ancol dari Depok, Bekasi, dan Tangerang

6. Hutan Mangrove PIK

Hutan Mangrove PIK (Foto: Instagram @nurrohmahjuniilest)

Tempat ini berisi kumpulan tanaman mangrove yang telah direboisasi dan diresmikan pada tahun 2010. Selain terdapat mangrove, adapula beberapa jenis burung yang bisa dijumpai. Harga tiketnya Rp 30.000 untuk dewasa serta Rp 20.000,- untuk anak-anak saat hari biasa. Pada akhir pekan, terdapat penambahan harga Rp 5.000,- untuk setiap harga tiket. Tempat wisata terpopuler di Jakarta ini berlokasi di Kamal Muara, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.

BACA JUGA: Cara ke Hutan Mangrove PIK dari Depok, Bekasi, dan Tangerang

7. J-Sky Ferris Wheel AEON Cakung

J-Sky Ferris Whell AEON Cakung (Foto: Instagram @trip_or_treatss)

Jakarta pun juga memiliki tempat wisata menantang, yaitu J-Sky Ferris Wheel. Bianglala ini memiliki tinggi sekitar 69 meter dan bahkan memecahkan rekor muri. Meskipun sanga tinggi, wahana ini aman untuk semua kalangan, bahkan untuk orang berkebutuhan khusus. Harga tiketnya dimulai dari Rp 55.000,- saat hari kerja dan Rp 66.000,- saat akhir pekan. Lokasi tempat ini berada di area AEON Mall di Jakarta Garden City, Cakung, Jakarta Timur.

BACA JUGA: Cara ke J-Sky Ferris Wheel AEON Cakung dari Depok, Bogor, dan Tangerang

8. Tempat wisata terpopuler di Jakarta Pulau Tidung

Pulau Tidung (Foto: Instagram @tidung_island)

Pulau ini merupakan salah satu pulau di dalam Kepulauan Seribu. Di sana, terdapat suatu spot yang cocok untuk berwisata, yaitu Jembatan Cinta. Jembatan tersebut menghubungkan Pulau Tidung Besar dan Kecil yang bisa digunakan untuk hiburan, berswafoto, dan uji adrenalin. Selain Jembatan Cinta, terdapat pula jogging track untuk sekedar mengelilingi pulau. Harga paket wisata ke sana bergantung jumlah orang dan jenis paket yang dipilih yang dimulai dari harga Rp 265.000,-.

BACA JUGA: Cara ke Pulau Tidung dengan Hemat

9. Pusat Peragaan IPTEK

Pusat Peragaan IPTEK (Foto: Instagram @gogo.bms)

Tempat ini cocok bagi kamu yang menggemari dunia sains dan teknologi. Pusat Peragaan IPTEK memiliki 14 wahana yang memiliki 300 ala peraga. Semua ala peraga tersebut dapat menambah pemahaman pengunjung akan fenomena dalam dunia sains. Harga tiketnya sebesar Rp 16.500,-. Lokasinya berada di dalam Kompleks Taman Mini Indonesia Indah.

10. Taman Agrowisata Cilangkap

Taman Agrowisata Cilangkap (Foto: Info Cilangkap)

Taman ini merupakan tempat budidaya tanaman yang terbuka untuk umum. Terdapat berbagai jenis tanaman seperti beragam jenis rambutan serta aneka tanaman anggrek. Tempat ini berlokasi di Jl. Raya Cilangkap No.45, RT.6/RW.1, Cilangkap, Kec. Cipayung, Kota Jakarta Timur.

BACA JUGA: Cara ke Taman Agrowisata Cilangkap dari Depok, Bekasi, dan Bogor

11. RPTRA Kalijodo

RPTRA Kalijodo (Foto: Instagram @theohudayanto)

Tempat ini merupakan taman terbuka yang ramah untuk semua kalangan. Fasilitasnya pun lengkap, seperti arena bermain untuk anak serta arena olahraga seperti lapangan futsal dan aren skateboard, lapangan futsal, sampai lapangan voli. Tidak dikenakan biaya untuk masuk ke tempat ini. Lokasinya berada di Jl. Pangeran Tubagus Angke, Tambora, Jakarta Barat.

BACA JUGA: Cara ke RPTRA Kalijodo dari Depok, Bekasi, dan Tangerang

12. Galeri Nasional Indonesia

Galeri Nasional Indonesia (Foto: Instagram @galerinasional)

Galeri ini menyimpan berbagai karya seni rupa dari seniman-seniman Indonesia, seperti lukisan, grafis, fotografi, hingga seni instalasi. Cocok bagi kamu yang menyukai seni. Bahkan, biaya masuknya pun gratis. Lokasinya berada di Jl. Medan Merdeka Timur, Gambir, Jakarta Pusat.

BACA JUGA: Cara ke Galeri Nasional dari Depok, Bekasi, dan Tangerang

13. Perpustakaan Nasional

Perpustakaan Nasional (Foto: @iam_andhini)

Perpustakaan ini berbentuk gedung dengan arsitektut yang cukup unik. Terdapat berbagai buku dari berbagai genre. Bahkan, adapula manuskrip kuno yang tersimpan di salah satu ruang dalam gedung perpustakaan. Biaya masuknya pun gratis. Beralamat di Jl. Meda Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat.

14. Pusat Primata Schmutzer

Pusat Primata Schmutzer (Foto: Instagram @lianalynarbi)

Tempat wisata terpopuler di Jakarta ini merupakan pusat konservasi bagi hewan jenis primata. Terdapat berbagai jenis primata yang bisa dilihat, seperti simpanse, gorilla, orangutan, owa jawa, dan lain-lain. Semua hewan tersebut ditempatkan seolah berada di habitat aslinya. Biaya masuknya hanya Rp 6.000,- saat hari kerja dan Rp 7.500,- saat hari libur. Lokasinya berada di dalam Kebun Binatang Ragunan

BACA JUGA: Cara Berkunjung ke Pusat Primata Schmutzer

15. Museum Satriamandala

Museum Satriamandala (Foto: Instagram @museumsatriamandala)

Jangan sekali-kali melupakan sejarah. Kata-kata tersebut mendasari dibangunnya Museum Satriamandala. Museum ini menyimpan beragam koleksi yang menjadi saksi bisu perjuangan sebelum dan sesudah kemerdekaan. Selain koleksi, terdapat pula diorama yang menggambarkan peristiwa saat masa perjuangan tersebut. Biaya masuknya hanya Rp 2.500,-. Beralamat di Jl. Gatot Subroto, Mampang  Prapatan, Jakarta Selatan.

16. Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan (Foto: Instagram @sittipuspithazarii)

Tempat wisata terpopuler di Jakarta ini memiliki area yang luas dengan menyimpan beragam hewan, seperti jerapah, gajah, sampai hewan reptil seperti ular. Tak hanya melihat hewan, tempat ini cocok pula untuk mengdirup udara segar karena dipenuhi oleh pepohonan. Biaya masuknya pun hanya Rp 4.000,- untuk dewasa dan Rp 3.000,- untuk anak-anak. Beralamat di Jl. RM. Harsono, Jakarta Selatan.

BACA JUGA: Cara Pesan Tiket Online ke Taman Margasatwa Ragunan Lengkap dengan Daftar Harga

17. Setu Babakan

Setu Babakan (Foto: Instagram @sigitkusumawijaya)

Sama seperti danau pada umumnya, setu ini juga dikelilingi oleh pepohonan sehingga terasa sejuk. Meskipun demikian, perkampungan di sekitar setu ini merupakan tempat konservasi budaya Betawi. Tidak dikenakan biaya masuk ke tempat ini. Lokasinya berada di Jl. Moh. Kahfi I, Srengseng Sawah, Jakarta Selatan.

18. Hauwke’s Auto Gallery

Hauwke’s Auto Gallery (Foto: Instagram @hauwkeautogallery)

Tempat ini menyimpan mobil-mobil kuno abad ke-19. Karena terkesan keren, tempat ini dapat dijadikan tempat ini bisa menjadi tempat pemotretan pra-wedding dan lokasi syuting. Meskipun demikian, kamu bisa juga berkunjung dengan tidak dipungut biaya masuk. Lokasinya berada di Puri Mutiara VI, Cipete, Jakarta Selatan, membuat tempat ini menjadi salah satu tempat wisata terpopuler di Jakarta.

19. Pantai PIK 2

Pantai PIK 2 (Foto: Instagram @vhera_huang)

Pantai ini seolah menjadi oase bagi warga ibukota. Hal itu karena terdapat area terbuka hijau yang menyejukkan udara. Selain itu, terdapat pula aneka kuliner yang bisa dicoba. Pengunjung pun tidak dikenakan biaya masuk. Lokasinya berada di Jl. Pantai Indah Kapuk, Penjaringan, Jakarta Utara.

20. Taman Cattleya

Taman Cattleya (Foto: Instagram @yunichua)

Satu lagi tempat wisata terpopuler di Jakarta adalah ruang terbuka hijau di Jakarta, yaitu Taman Cattleya. Taman ini merupakan taman yang telah dihidupkan kembali setelah sempat terbengkalai. Selain memiliki ruang terbuka hijau, tempat ini juga memiliki kolam ikan untuk memancing serta arena fitness  terbuka. Tidak ada biaya untuk memasuki Taman Cattleya. Lokasinya berada di Jl. Letjen S. Parman No. 99, Palmerah, Jakarta Barat.

21. Tribeca Park

Tribeca Park (Foto: Instagram @obbie_xu)

Taman ini memiliki lokasi yang tidak biasa, yaitu berada di area mall. Meskipun demikian, Tribeca Park tetap terlihat asri dengan pelengkap lain seperti kolam ikan koi, air terjun buatan, amphitheater, serta taman bermain anak. Tidak dipungut biaya untuik masuk ke taman ini. Lokasinya berada di dalam area Central Park di Jl. S. Parman, Grogol Petamburan, Jakarta Barat.

22. Sky Rink Mall Taman Anggrek

Sky Rink Mall Taman Anggrek (Foto: Instagram @rizaldi_firdaus)

Bermain ski es tidak harus pergi ke luar negeri karena bisa dilakukan di Jakarta. Berada di dalam Mal Taman Anggrek, arena ski es ini menawarkan sensasi bermain ski di area seluas 1.248 meter persegi.  Biaya tiketnya sebesar Rp 95.000,- untuk hari kerja dan Rp 125.000,- untuk hari libur. Tempat ini berlokasi di lantai 3 Mal Taman Anggrek di Grogol Petamburan, Jakarta Barat.

23. Pulau Onrust

Pulau Onrust (Foto: Instagram @hery_jonez)

Pulau ini tak jauh berbeda dengan museum. Pasalnya, di Pulau Onrust terdapat berbagai peninggalan bersejarah dari zaman penjajahan Belanda hingga Jepang. Hal itu karena pulau ini memiliki fungsi yang selalu berganti pada masa lampau. Tarif untuk mengelilingi pulau ini hanya Rp 500.000,- untuk 60 penumpang. Pulau Onrust merupakan salah satu pulau di Kepulauan Seribu.

BACA JUGA: Menilik Sejarah Pulau Seribu

24. Museum Kebangkitan Nasional

Tempat Wisata Terpopuler di Jakarta Museum Kebangkitan Nasional
Tempat Wisata Terpopuler di Jakarta Museum Kebangkitan Nasional (Foto: Instagram @toadjie)

Museum ini merupakan saksi bisu dari lahirnya Budi Utomo pada tahun 1908. Gedung museum ini memiliki beragam koleksi yang berkaitan dengan sekolah kedokteran karena pernah dipakai oleh STOVIA (sekolah dokter zaman Belanda). Selain itu, tempat ini juga menyimpan koleksi terkait perkembangan nusantara. Biaya tiketnya hanya Rp 2.000,-. Beralamat di Jl. Dr. Abdul Rahman Saleh, Senen, Jakarta Pusat.

25. Museum Bank Mandiri

Museum Bank Mandiri (Foto: Instagram @yoni_wijoyo)

Museum ini merupakan tempat penting bagi sejarah perbankan, terutama terkait bank Mandiri. Ruangan-ruangan di dalamnya terdapat berbagai koleksi terkait perkembangan bank di Indonesia. Selain itu, terdapat pula replika dari aktivitas perbankan pada zaman dahulu. Harga tiketnya Rp 5.000,- untuk masyarakat umum Tempat ini berlokasi di Jl. Asemka, Taman Sari, Jakarta Barat.

26. Pasar Baru

Pasar Baru (Foto: Instagram @pasarbaruofficial)

Pasar yang satu ini merupakan salah satu tempat autentik. Pasalnya, pasar ini berdiri sejak zaman penjajahan Belanda. Hal itu terlihat dari pintu gerbangnya yang khas zaman kuno. Barang-barang yang dijual sama seperti pasar lainnya dengan harga yang terjangkau. Pasar Baru berlokasi di Jl. Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat.

27. Taman Prasasti

Taman Prasasti (Foto: Instagram @almahddi_)

Tempat wisata terpopuler di Jakarta ini menyajikan berbagai benda yang berkaitan dengan jenazah, seperti batu nisa, kereta jenazah, serta prasasti. Benda-benda yang dipamerkan pun kental akan nuansa Eropa meski beberapa digunakan pula oleh proklamator kemerdekaan Indonesia. Biaya masuknya hanya Rp 5.000,- dan beralamat di Jl. Tanah Abang No. 1, Jakarta Pusat.

28. Kampung Luar Batang

Kampung Luar Batang (Foto: Instagram @miko_adv)

Kampung tua di Jakarta ini menawarkan perjalanan yang mengandung unsur religi dan sejarah. Didirikan tahun 1630, tempat ini sebelumnya hanya menjadi tempat singgah. Seiring berjalannya waktu, tempat ini berkembang dan menjadi sebuah kampung. Kampung Luar Batang memiliki masjid yang menjadi ikon kampung, yaitu Masjid Luar Batang. Kampung Luar Batang beralamat di Jl. Luar Batang V, Penjaringan, Jakarta Utara.

29. Pelabuhan Sunda Kelapa

Pelabuhan Sunda Kelapa (Foto: Instagram @alivikry)

Pelabuhan ini merupakan saksi bisu sejarah kota Jakarta. Pada masa lalu, Pelabuhan Sunda Kelapa ramai didatangi pedagang dari berbagai wilayah. Karena ramai, pelabuhan ini dianggap penting dan  diperebutkan oleh Kesultanan Demak-Cirebon. Saat ini, pelabuhan tidak seramai dulu dan ditetapkan menjadi situs sejarah. Biaya tiketnya hanya Rp 2.500,- dan beralamat di Jl. Maritim I,  Pademangan, Jakarta Utara. 

BACA JUGA: Nggak Perlu Jauh-jauh, Ini 5 Tempat Romantis untuk Nikmati Sunset di Jakarta

30. Planetarium Jakarta

Planetarium Jakarta (Foto: Instagram @fritzdby)

Satu lagi tempat wisata terpopuler di Jakarta ini menyajikan hal-hal terkait astronomi. Di sana, kamu akan lebih mengenal tata surya, asteroid, satelit, hingga rasi bintang. Terdapat pula koleksi benda-benda terkait perkembangan ilmu astronomi di Indonesia. Biaya tiketnya hanya Rp 5.000,- untuk anak-anak dan Rp 12.000,- untuk dewasa. Tempat ini beralamat di JL. Cikini Raya, Jakarta Pusat.

BACA JUGA: Cobain Wisata Anti Mainstream yang Indoor di Jakarta, Sekaligus Tambah Wawasan Kamu

31. Museum Nasional

Museum Nasional (Foto: Instagram @nafrathylova)

Museum ini juga biasa disebut “Museum Gajah”. Tempat ini menyimpan berbagai benda-benda bersejarah dari masa ke masa, terutama yang terkait sejarah Indonesia. Museum ini terbagi menjadi dua gedung, yaitu gedung untuk ruang penyimpanan koleksi serta Gedung Arca. Biaya tiketnya Rp 7.500,- untuk anak-anak dan Rp 15.000,- untuk dewasa. Tempat wisata terpopuler di Jakarta ini beralamat di Jl. Medan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat.

BACA JUGA: Jauh dari Kesan Kuno, 5 Museum Ini Kekinian dan Instagrammable Banget

32. Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah (Foto: Instagram @milya_purnamasari)

Tempat wisata ini merupakan gambaran dari beragamnya budaya di Indonesia. Hal itu karena terdapat anjungan dari setiap provinsi di Indonesia. Selain anjungan, terdapat pula kereta gantung, berbagai museum, teater, serta tempat ibadah dari berbagai agama di Indonesia. Biaya tiketnya sebesar Rp 25.000,-. Tempat ini beralamat di Jl. Raya Taman Mini, Jakarta Timur.

BACA JUGA: Wow! Taman Mini Indonesia Juga Ada di Belgia

33. Taman Suropati

Taman Suropati (Foto: @lembayung_sendja)

Ruang terbuka hijau lain yang dimiliki Jakarta adalah Taman Suropati. Taman ini memiliki beragam pohon yang bisa menyejukkan udara. Tak hanya itu, tempat ini juga memiliki fasilitas lain seperti jogging track. Taman Suropati juga terdapat beberapa komunitas yang bisa menghidupkan suasana, seperti komunitas pemain gitar dan biola. Tidak dipungut biaya untuk masuk ke tempat ini. Taman Suropati beralamat di Jl. Taman Suropati, Menteng, Jakarta Pusat.

34. Museum Fauna Indonesia Komodo & Taman Reptil

Museum Fauna Indonesia Komodo (Foto: Instagram @rethachanmomod)

Museum ini cocok untuk mengenal beragam fauna di Indonesia. Tak kurang dari 150 hewan yang diawetkan dan dipamerkan untuk sarana edukasi. Museum ini pun terbagi menjadi dua lantai. Gedung museum ini mudah dikenali karena berbentuk Komodo, salah satu hewan endemik Indonesia. Biaya tiketnya sebesar Rp 25.000,-. Museum ini berada di dalam Taman Mini Indonesia Indah.

35. Museum Seni Rupa dan Keramik

Museum Seni Rupa dan Keramik (Foto: Instagram @zahracaris)

Tak kalah dengan Galeri Nasional, museum ini juga menyimpan kurang lebih 500 karya seni rupa, seperti patung, totem kayu, grafis, sketsa, dan batik lukis. Selain seni rupa, museum ini juga menyimpan beragam keramik dari dalam maupun luar negeri. Biaya tiket untuk dewasa Rp 5.000,-, pelajar dan mahasiswa Rp 3.000,-, serta anak-anak Rp 2.000,-. Museum Seni Rupa dan Keramik adalah tempat wisata terpopuler di Jakarta yang beralamat di Jl. Pos Kota No.2, Taman Sari, Jakarta Barat.

36. Monumen Pancasila Sakti

Monumen Pancasila Sakti (Foto: Instagram @ideliarisella)

Monumen ini didirikan untuk mengenang peristiwa G30S/PKI. Tempat ini seolah mengingatkan bahwa Pancasila harus tetap dipertahankan meski nyawa taruhannya. Selain monumen, terdapat pula museum diorama, sumur tua, ruangan relik, serta lapangan tempat peringatan peristiwa G30S/PKI. Biaya masuknya hanya Rp 5.000,- per orang. Alamatnya berada di Jl. Raya Pondok Gede, Lubang Buaya, Jakarta Timur.

37. Museum Sejarah Jakarta

Museum Sejarah Jakarta (Foto: Instagram @irusdha)

Museum ini dikenal masyarakat sebagai “Museum Fatahillah”. Terdapat berbagai koleksi yang berkaitan dengan sejarah kota Jakarta, terutama yang berasal dari masa penjajahan Belanda. Selain itu, terdapat pula bekas penjara bawah tanah dan patung Dewa Hermes di bagian belakang museum. Harga tiketnya Rp 5.000,- untuk dewasa, Rp 3.000,- untuk mahasiswa, dan Rp 2.000,- untuk anak-anak. Museum Fatahillah terletak di Jl. Taman Fatahillah No.1, Taman Sari, Jakarta Barat.

38. Kampung Tugu

Kampung Tugu (Foto: Instagram @yeanoia)

kamu pernah mendengar Keroncong Tugu? musik yang dipengaruhi budaya Portugis tersebut berasal dari kampung ini. Di sini, kamu bisa menikmati Keroncong Tugu pada event tertentu, salah satunya saat diadakan Tradisi Mande-Mande. Selain menikmati musik, kamu bisa pula mengunjungi Gereja Tugu yang autentik. Kampung ini beralamat di Jl. Raya Tugu, Cilincing, Jakarta Utara.

39. Pantai Marina Ancol

Pantai Marina Ancol (Foto: Instagram @viewaround_project)

Tempat wisata terpopuler di Jakarta selanjutnya adalah Pantai Marina Ancol. Pantai ini terdapat banyak kapal yang bersandar, baik kapal pribadi maupun kapal pesiar. Terdapat pula kapal-kapal yang bisa dinaiki jika kamu ingin ke Kepulauan Seribu. Meski dijadikan pelabuhan, pantai ini tetap nyaman untuk dikunjungi. Biaya masuknya sebesar Rp 25.000,- dan berada di dalam kawasan Taman Impian Jaya Ancol.

40. Ocean Dream Samudera

Ocean Dream Samudera (Foto: Instagram @oceandreamsamudra)

Ingin melihat atraksi hewan? di sinilah tempatnya. Ocean Dream Samudera sudah lama dikenal sebagai tempat mengenal satwa yang disajikan secara atraktif. Selain terdapat atraksi hewan, terdapat pula akuarium ikan laut dan tawar serta taman yang berisi aneka spesie burung. Biaya masuknya sebesar Rp 110.000,- untuk hari biasa dan Rp130.000,- untuk hari libur. Lokasinya berada di dalam kawasan Taman Impian Jaya Ancol.

41. Moja Museum

Moja Museum (Foto: Instagram @mojamuseum)

Tempat ini menyajikan hal-hal yang bersifat kekinian. Terdapat berbagai spot foto dengan latar yang unik dan modern. Tak hanya berjalan kaki, kamu bisa pula menikmati setiap spot dengan menggunakan sepatu roda. Biaya masuknya Rp 125.000,- untuk hari kerja dan Rp 135.000,- untuk hari libur. Lokasinya berada di Komplek Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat.

42. Museum Wayang

Museum Wayang (Foto: Instagram @hihaga_)

Museum ini menyajikan berbagai wayang, seperti wayang kulit, wayang golek, wayang rumput, wayang beber, dan wayang kardus. Terdapat pula koleksi wayang dan boneka dari luar negeri seperti Thailand, Malaysia, Vietnam, Cina, Suriname, India, Perancis, dan Kamboja. Pada saat tertentu, digelar pula pertunjukan wayang dan festival wayang. Biaya masuknya tempat wisata terpopuler di Jakarta ini hanya Rp 5.000,- untuk dewasa, Rp 3.000,- untuk pelajar atau mahasiswa, dan Rp 2.000,- untuk anak-anak. Lokasinya pun bersebelahan dengan Museum Fatahillah, tepatnya di Jl. Pintu Besar Utara, Kota Tua, Taman Sari, Jakarta Barat.

43. Pulau Pari

Pulau Pari (Foto: Instagram @pulau_pari_id)

Pulau yang satu ini cocok bagi kamu yang menyukai wisata laut. Terdapat spot snorkeling dengan terumbu karang yang bagus. Selain wisata bawah laut, pantai-pantainya pun tak kalah menarik dan dilengkapi beragam fasilitas. kamu bisa pula menikmati matahari terbit dan tenggelam di Bukit Matahari. Harganya ditentukan berdasarkan paket wisata yang dimulai dari harga Rp 277.000,-. Pulau ini merupakan salah satu pulau di Kepulauan Seribu yang termasuk tempat wisata terpopuler di Jakarta.

44. Museum Bahari

Museum Bahari (Foto: Instagram @baronstic)

Museum ini menyimpan berbagai benda yang terkait dengan kelautan. Di sana, terdapat perahu nelayan dengan beragam corak, kapal zaman VOC, peralatan nelayan zaman dahulu, hingga informasi mengenai ikan di Indonesia. Biaya tiketnya Rp 5.000,- untuk dewasa, Rp 3.000,- untuk pelajar atau mahasiswa, dan Rp 2.000,- untuk anak-anak. Lokasinya berada di Jl. Pasar Ikan, Penjaringan, Jakarta Utara.

45. Jakarta Aquarium & Safari

Jakarta Aquarium & Safari (Foto: Instagram @puturaniii)

Sama seperti Sea World Ancol, tempat ini juga menampilkan satwa laut. Bedanya, di sini terdapat pula satwa darat yang bisa dilihat dan disentuh. Harga tiketnya bergantung paket yang kamu pilih dan dimulai dari Rp 147.000,-. Lokasinya berada di NEO SOHO @Podomoro City Floor LG 101 – LGM 101 Jalan S. Parman Kav 28, Jakarta Barat.

46. Taman Spatodhea

Taman Spatodhea (Foto: Instagram @temantaman.jkt)

Sama seperti Taman Suropati, taman ini juga memiliki pepohonan yang rindang. Terdapat pula area bermain anak, kolam ikan, outdoor gym, dan jogging track. Tidak dipungut biaya untuk masuk ke taman ini. Lokasinya berada di Jl. Kebagusan Raya, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

47. Taman Aquarium Air Tawar

Taman Aquarium Air Tawar (Foto: Instagram @tia_yonathan)

Tempat ini serupa dengan Jakarta Aquarium & Safari, namun lebih berfokus kepada ekosistem air tawar. Terdapat sebanyak 6.000 ekor dari 126 spesies yang menghuni perairan tawar di seluruh dunia. Biaya tiketnya sebesar Rp 35.000,- dan terletak di dalam kawasan Taman Mini Indonesia Indah.

48. Dunia Fantasi (Dufan)

Dunia Fantasi (Dufan) (Foto: Instagram @infodufan)

Tempat yang satu ini sudah tak asing lagi bagi warga Jakarta dan sekitarnya. Di dalamnya terdapat berbagai wahana dengan level yang berbeda-beda, dari wahana yang terkesan santai sampai wahana yang menguji adrenalin. Biaya masuknya berkisar Rp 275.000,- (sudah termasuk tiket masuk Ancol). Lokasinya berada di dalam kawasan Taman Impian Jaya Ancol. Dufan menjadi salah satu tempat wisata terpopuler di Jakarta yang sering dikunjungi mulai dari anak-anak hingga dewasa.

BACA JUGA: Fakta Sejarah Dufan yang Mungkin Belum Kamu Tahu

49. Taman Impian Jaya Ancol

Taman Impian Jaya Ancol (Foto: Instagram @jakartaview.id)

Tempat wisata ini sudah terkenal sejak dahulu. Taman Impian Jaya Ancol merupakan kawasan wisata yang di dalamnya terdapat objek-objek wisata menarik, seperti Dunia Fantasi, Ocean Dream Samudera, Pantai Marina, Pantai Karnaval, dan lain-lain. Harga tiketnya Rp 25.000,- untuk kendaraan mobil, Rp 15.000,- untuk kendaraan motor, dan Rp 45.000,- untuk kendaraan bus. Lokasinya berada di Jl. Lodan Timur No. 7, Pademangan, Jakarta Utara.

BACA JUGA: Nggak Perlu Jauh-jauh, Ini 5 Tempat Romantis untuk Nikmati Sunset di Jakarta

50. Monumen Nasional

Monumen Nasional (Foto: Instagram @theonanta_)

Tempat wisata terpopuler di Jakarta ini merupakan yang paling terkenal se-Indonesia. Monumen ini berada di tengah kota Jakarta dan menjadi landmark kota tersebut. Di dalamnya terdapat diorama yang menggambarkan sejarah Indonesia. Pada bagian puncaknya, kamu dapat melihat pemandangan kota Jakarta dari ketinggian. Harga tiket sampai ke bagian cawan Monas hanya R 5.000,- untuk dewasa, Rp 3.000,- untuk mahasiswa, dan Rp 2.000,- untuk anak dan pelajar. Sementara jika ingin sampai ke puncak, harganya Rp 15.000,- untuk dewasa, Rp 8.000,- untuk mahasiswa, dan Rp 4.000,- untuk anak dan pelajar. Lokasinya berada di kecamatan Gambir, Jakarta Pusat.

BACA JUGA: 5 Fakta Sejarah Teuku Markam, Sang Penyumbang Emas Monas

Kesimpulan

Dari semua objek wisata di atas, dapat disimpulkan bahwa tidak selalu tempat wisata terpopuler di Jakarta bersifat modern. Terdapat pula taman-taman yang gratis, namun tetap ciamik. Adapula tempat-tempat wisata bersejarah yang bisa menambah wawasan kamu. Semua tempat tersebut tersebar di sebagian wilayah Jakarta.

Saat ini, sebagian besar tempat wisata di atas menggunakan sistem online untuk pemesanan tiketnya, baik melalui situs resmi tempat wisata maupun pihak ketiga. Setiap tempat wisata juga memiliki peraturannya masing-masing. Jadi, harap ditaati supaya tidak terjadi hal-hal tak diinginkan. Selamat berlibur. (jow)

Written by Zari

6 Crypto Terbaik untuk Investasi di Tahun 2022

Seberapa Penting Asuransi dalam Kehidupan Saat Ini?