Cara Berkunjung ke Pusat Primata Schmutzer

Cara berkunjung ke Pusat Primata Schmutzer Kebun Binatang Ragunan bisa kamu dapatkan informasinya di artikel ini. Baca sampai habis supaya terbantu.

Pusat Primata Schmutzer merupakan pusat konservasi primata yang terbuka untuk umum. Menurut situs resmi Kebun Binatang Ragunan, tempat ini memiliki luas sebesar 13 hektare dan menyimpan beragam jenis primata yang bisa dilihat oleh para pengunjung, seperti siamang, orangutan, owa jawa, simpanse, gorilla, dan lain-lain.

Semua primata tersebut berada di dalam tempat penangkaran besar dan sebagian memiliki konsep unik, seperti terowongan orangutan dan gorilla. Tidak hana melihat primata, pengunjung bisa pula menikmati fasilitas seperti diorama satwa, perpustakaan, dapur makanan satwa, serta ruang theater tempat pemutaran film dokumenter.

Pusat Primata Schmutzer terletak di tengah Kebun Binatang Ragunan yang beralamat di Jalan Harsono RM Nomor 1, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Tentu terasa jauh bagi kamu yang tinggal di daerah seperti Depok, Bogor, Tangerang, dan Bekasi. Meskipun demikian, kamu tetap bisa ke sana karena tersedia moda transportasi yang murah serta mudah dijangkau. Berikut tipsnya.

BACA JUGA: Cara ke Kebun Binatang Ragunan Tanpa Antri di Loket

Cara Berkunjung ke Pusat Primata Schmutzer
Pusat Primata Schmutzer (Foto: Instagram @lianalynarbi)

Cara Berkunjung ke Pusat Primata Schmutzer dari Kota Depok

  1. Berangkat menuju Terminal Depok, lalu masuk ke Stasiun Depok Baru.
  2. Naik KRL tujuan akhir Stasiun Jakarta Kota, lalu turun di Stasiun Pasar Minggu.
  3. Kemudian, lanjut dengan berjalan kaki menuju Terminal Pasar Minggu selama kurang lebih 1 menit. Untuk mengetahui arah jalannya, silakan bertanya kepada orang di sekitarmu.
  4. Setelah sampai terminal, cari tempat pemberhentian angkot JAK 47 rute Pasar Minggu-Ciganjur.
  5. Setelah ditemukan, naiklah angkot itu sampai tiba di Halte Pintu Barat Ragunan.
  6. Selanjutnya, lanjut dengan berjalan kaki menuju Pusat Primata Schmutzer selama kurang lebih 7 menit. Jangan lupa bertanya apabila belum tahu arah jalannya.

Cara Berkunjung ke Pusat Primata Schmutzer dari Kota Bogor

  1. Berangkat menuju Stasiun Bogor.
  2. Naik KRL tujuan akhir Stasiun Jakarta Kota, turun di Stasiun Pasar Minggu.
  3. Setelah itu, lanjut dengan berjalan kaki menuju Terminal Pasar Minggu.
  4. Setelah sampai, naik angkot JAK 47 rute Pasar Minggu-Ciganjur.
  5. Kemudian, turun di Halte Pintu Barat Ragunan, lalu berjalan kaki menuju Pusat Primata Schmutzer.

Cara Berkunjung ke Pusat Primata Schmutzer dari Kota Tangerang

  1. Berangkat menuju Stasiun Tangerang.
  2. Naik KRL menuju Stasiun Duri.
  3. Sampai di Stasiun Duri, lanjut dengan naik KRL menuju Stasiun Mangggarai, lalu turun di Stasiun Sudirman.
  4. Kemudian, lanjut dengan berjalan kaki atau naik ojek online menuju Halte Dukuh Atas 1. Perlu diketahui, waktu tempuh naik ojek online kurang lebih 7 menit, sedangkan berjalan kaki kurang lebih 13 menit.
  5. Setelah sampai halte, naik bus Transjakarta koridor L6 rute Bank Indonesia-Ragunan.
  6. Sampai di Halte Ragunan, jalan kaki menuju Pusat Primata schmutzer selama kurang lebih 11 menit. Jangan lupa bertanya apabila tidak tahu arah jalannya.

Cara Berkunjung ke Pusat Primata Schmutzer dari Kota Bekasi

  1. Berangkat menuju Stasiun Bekasi.
  2. Naik KRL menuju Stasiun Tanah Abang, lalu turun di Stasiun Sudirman.
  3. Sampai di Stasiun Sudirman, jalan kaki atau naik ojek online menuju Halte Dukuh Atas 1.
  4. Sampai di halte, naik Transjakarta koridor L6 rute Bank Indonesia-Ragunan.
  5. Tiba di Halte Ragunan, jalan kaki menuju Pusat Primata Schmutzer.

Perlu diketahui, untuk menggunakan KRL dan bus Transjakarta, kartu non tunai menjadi alat wajib untuk transaksi pembayaran. Mengingat tujuannya adalah Kebun Binatang Ragunan, kamu harus membawa JakCard. Selain untuk membayar ongkos transportasi, JakCard juga digunakan untuk membayar tiket masuk tempat wisata tersebut.

Apabila kamu belum membeli atau tidak membawa JakCard, tidak perlu khawatir. Melansir dari situs resmi Kebun Binatang Ragunan, kartu ini bisa dibeli di pintu masuk. Caranya sebagai berikut.

BACA JUGA: Cara Pesan Tiket Online ke Taman Margasatwa Ragunan Lengkap dengan Daftar Harga

Cara Membeli JakCard di Kebun Binatang Ragunan

  1. Beli kartu JakCard di loket pintu masuk. Kamu tinggal memilih, mau membeli kartu seharga Rp 35.000,- atau Rp 65.000,-. Kartu seharga Rp 35.000,- sudah termasuk saldo Rp 20.000,-, sedangkan kartu seharga Rp 65.000,- sudah termasuk saldo Rp 50.000,-.
  2. Mengingat saldo JakCard bisa digunakan untuk lebih dari satu orang, maka saldo bisa pula ditambah di bagian loket apabila tidak mencukupi.
  3. Setelah transaksi, kamu dan rombonganmu dipersilakan masuk melalui pintu elektronik. Saat masuk, saldo akan berkurang sesuai tarif masuk dan jumlah pengunjung.

Setelah masuk, pastikan saldomu cukup untuk perjalanan pulang. Apabila kurang, kamu bisa mengisi saldo di bagian loket ketika keluar dari Kebun Binatang Ragunan. Melansir dari situs resmi JakCard, tidak ada batas minimum untuk mengisi ulang saldo JakCard, tetapi saldo tidak boleh terisi lebih dari Rp 2.000.000,-

Apabila rombonganmu tidak memiliki JakCard, pastikan mereka memiliki kartu non tunai lainnya untuk pulang. Umumnya, kartu yang digunakan adalah kartu JakLingko. Apabila menggunakan JakLingko dan saldonya kurang, isilah minimal Rp 20.000,- di ATM, halte transit yang menyediakan mesin tiket, mobile banking, atau toko retail yang bekerjasama dengan JakLingko.

Demikian informasi mengenai cara berkunjung ke Pusat Primata Schmutzer. Semoga informasi di atas mudah dipahami dan diterapkan. Hati-hati di jalan dan selamat berlibur.

BACA JUGA: 50 Tempat Wisata Terpopuler di Jakarta yang Wajib Dikunjungi

Written by Zari