Cara Pergi ke Hutan Kota GBK, Wisata Gratis di Jakarta

Cara Pergi ke Hutan Kota GBK 1

Cara pergi ke Hutan Kota GBK bisa kamu dapatkan informasi lengkapnya di artikel ini. Hutan Kota GBK merupakan salah satu tempat wisata gratis di Jakarta yang terjangkau dan tidak jauh dari pusat kota.

Hutan Kota GBK sendiri merupakan salah satu ruang terbuka hijau, tetapi vegetasinya tidak begitu rapat. Konsepnya lebih menyerupai taman publik dengan tanah lapang berumput di tengahnya. Pohon-pohonnya tertanam di sekeliling tanah lapang tersebut sehingga ramah untuk dikunjungi siapapun.

Hutan Kota GBK terletak di dalam kompleks Gelora Bung Karno di Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Gelora, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat. Lokasi ini mungkin terasa jauh bagi kamu yang tinggal di Depok, Bekasi, dan Tangerang. Meskipun demikian, kamu tetap bisa ke sana dengan cara berikut.

BACA JUGA: Daftar Rute Bus Gratis Keliling Jakarta

1. Cara Pergi ke Hutan Kota GBK dari Kota Depok

  1. Berangkat menuju Terminal Depok, kami sarankan untuk berangkat pada pagi hari supaya tidak terlambat.
  2. Lalu, naik bus Transjakarta rute Depok-BKN.
  3. Sampai di Halte BKN, sambung dengan naik Transjakarta rute PGC-Monas atau rute PGC-Ancol, lalu turun di Halte Cawang UKI.
  4. Setelah sampai Halte Cawang UKI, sambung dengan naik Transjakarta rute Pinang Ranti-Bundaran Senayan, turun di Halte Gelora Bung Karno.
  5. Kemudian, jalan kaki menuju Pintu 5 Gelora Bung Karno, lalu jalan terus hingga sampai Hutan Kota GBK. Jangan lupa bertanya kepada orang di sekitarmu apabila merasa bingung.

2. Cara Pergi ke Hutan Kota GBK dari Kota Bekasi

  1. Berangkat menuju Terminal Bekasi atau halte pemberhentian Transjakarta terdekat.
  2. Naik bus Transjakarta rute Bekasi Timur-Cawang, turun di Halte Cawang UKI.
  3. Sampai di Halte Cawang UKI, sambung dengan naik Transjakarta rute Pinang Ranti-Bundaran Senayan, turun di Halte Gelora Bung Karno.
  4. Kemudian, jalan kaki menuju Pintu 5 Gelora Bung Karno, lalu jalan terus hingga sampai Hutan Kota GBK.

3. Cara Pergi ke Hutan Kota GBK dari Kota Tangerang

  1. Berangkat menuju Terminal Poris Plawad atau halte pemberhentian Transakarta terdekat.
  2. Naik bus Transjakarta rute Poris Plawad-Bundaran Senayan, turun di Halte Gelora Bung Karno.
  3. Kemudian, jalan kaki menuju Pintu 5 Gelora Bung Karno, lalu jalan terus hingga sampai Hutan Kota GBK.
Cara Pergi ke Hutan Kota GBK
Illustrasi wisata hutan kota GBK (Foto: travelspromo.com)

Perlu diketahui, bus Transjakarta menggunakan kartu non tunai seperti KMT dan kartu JakLingko. Jadi, pastikan saldo kartu kamu mencukupi untuk perjalanan pulang-pergi. Kami sarankan, saldo kamu tidak boleh kurang dari Rp 10.000,-.

Selain saldo, perhatikan pula jam operasional dari moda transportasi yang akan kamu gunakan. Hal itu dilakukan supaya kamu tidak terlambat saat berangkat maupun pulang. Silakan bertanya kepada petugas di halte terkait jam operasional tersebut. Selain melalui petugas, kamu bisa pula mengakses situs resmi atau akun Instagram milik PT Transjakarta untuk mengetahui jam operasional tersebut.

Sampai di sana, harap untuk mematuhi semua aturan yang berlaku. Hal itu supaya Hutan Kota GBK tetap terjaga kebersihan serta ketertibannya sehingga tetap nyaman dikunjungi. Selain itu, usahakan untuk membawa payung atau jas hujan untuk berjaga-jaga apabila turun hujan.

Demikian informasi mengenai cara pergi ke hutan kota GBK. Apabila terjadi suatu perubahan, silakan cari transportasi, halte, atau rute alternatif terdekat. Semoga liburanmu menyenangkan.

Semoga informasi di atas bermanfaat dan jangan lupa untuk bagikan informasi in jika kamu rasa bermanfaat ke sosial media pribadi kamu seperti Facebook, Instagram dan Whatsapp. Dengan begitu kami akan terus semangat dalam membuat konten-konten bermanfaat lainnya. (jow)

BACA JUGA: 50 Tempat Wisata Terpopuler di Jakarta yang Wajib Dikunjungi