Cara Cek Sinyal TV Digital dengan Mudah Menggunakan Aplikasi Ini

Dimas Drajat

  1. Pertama download aplikasi SinyalTVdigital. Link download sudah kami sediakan di artikel ini
  2. Sebelum menggunakan aplikasi, pastikan Anda telah mengaktifkan fitur “lokasi” pada ponsel. 
  3. Buka aplikasi sinyalTVdigital. Klik ikon “bidik” yang berada pada sisi tengah bawah. Ikon ini berguna untuk mendeteksi lokasi pengguna lebih akurat. 
  4. Nantinya pengguna akan melihat informasi mengenai lembaga penyiaran multipleksing (mux) yang menjangkau tempat tinggal Anda. Misalnya saja, wilayah tempat tinggal pengguna dijangkau oleh pemancar (transmitter) dari TVRI. 
  5. Klik “see mux detail” untuk melihat informasi detail mengenai sinyal TV Digital di daerah Anda. 
  6. Informasi tersebut biasanya mencakup kekuatan sinyal, jenis layanan, operator mux, frekuensi/channel, dan lainnya. Adapun jika wilayah tersebut memiliki sinyal yang kuat maka akan ditandai dengan legenda warna merah di peta. 
  7. Jika legenda berwarna hijau-kuning maka kekuatan sinyal sedang dan untuk abu-abu atau biru mengartikan sinyal lemah. Kemudian klik ikon “galeri” di sisi kanan bawah layar. 
  8. Anda akan melihat daftar lengkap konten siaran TV Digital yang bisa disaksikan di televisi Anda.

[adace-ad id=”160792″]

2. Aplikasi Cara Cek Sinyal TV Digital ID

Cek Sinyal TV Digital
Ilustrasi aplikasi Cara Cek Sinyal TV Digital ID

Aplikasi untuk mencari info sinyal TV Digital berikutnya adalah “Cara Cek Sinyal TV Digital ID”. Apk ini sebenarnya lebih berisi tentang edukasi tentang apa itu TV Digital, cara migrasi TV Digital, hingga daftar 42 siaran TV Digital.

Namun di dalam aplikasi ini juga terdapat informasi mengenai cara cek sinyal TV Digital. Menurut pantauan jadiberita.com, aplikasi ini sudah di download lebih dari 5 ribu pengguna per 6 November 2022.

Lalu aplikasi yang bisa Anda download di Google Play ini telah memiliki rating 4,1 dengan total lebih dari 689 ulasan dari para penggunanya.

Kemudian untuk cara menggunakan aplikasi ini sebenarnya tidak ada panduan khusus. Anda cukup langsung menginstallnya melalui Google Play lalu ikuti petunjuk berikutnya di aplikasi.

[adace-ad id=”160792″]

3. Aplikasi Cek Sinyal TV Digital

Cara Cek Sinyal TV Digital
Ilustrasi Aplikasi Cek Sinyal TV Digital

Aplikasi ini bernama “Cara Cek Sinyal TV Digital” yang bisa Anda dapatkan melalui Google Play yang berguna untuk mendapatkan informasi tentang cara cek sinyal TV digital hingga artikel menarik yang terkait dengan informasi terbaru TV Digital.

Sama seperti aplikasi diatas, apk sinyal TV Digital ini sebenarnya menurut kami lebih ke pusat informasi dan edukasi bagi Anda yang belum paham betul soal transformasi TV Analog ke Digital.

Menurut pantauan jadiberita.com, aplikasi ini sudah di download lebih dari seribu pengguna Android. Dan telah mendapatkan rating 4.0 dengan 123 ulasan.

Bagi Anda yang berminat untuk mencobanya silakan download aplikasinya dibawah ini:

[adace-ad id=”160792″]

BACA JUGA: Cara Merubah TV Analog ke Digital Tanpa STB

Kesimpulan

Sebenarnya ada banyak aplikasi mengenai cara cek sinyal TV Digital yang kami temukan di Google Play. Namun ada beberapa yang pada saat kami lakukan pengetesan belum beroperasi secara maksimal. Oleh karena itu kami akan terus update konten ini jika nantinya kami menemukan informasi baru terkait panduan cara mudah mencari sinyal TV Digital melalui aplikasi.

Jadiberita.com hanya memberikan informasi terkait isu-isu terkini yang sedang dibutuhkan oleh masyarakat. Salah satunya adalah membantu dalam edukasi ke masyarakat dalam mendapatkan pengetahuan transformasi TV Analog ke TV Digital. Kami pun berharap kepada Anda untuk tetap bijak dalam menggunakan aplikasi-aplikasi yang saat ini banyak beredar.

Dan gunakan aplikasi resmi yang sudah terdaftar di Google Play untuk memastikan data dan keamanan Anda terjamin. (jow)

BACA JUGA: 10 Tips Membeli STB TV Digital agar Tidak Mudah Tertipu Pedagang Nakal

BACA JUGA: TV Analog Mati?, Tidak Perlu Khawatir Begini Cara Dapatkan STB TV Digital Gratis

Dimas Drajat

Anak UI yang lagi membangun personal branding