5 Aplikasi Deteksi Gempa Bumi Terbaik yang Wajib Kamu Install

Aplikasi Deteksi Gempa Bumi

Banyak orang kini mencari aplikasi deteksi gempa bumi akhir-akhir ini. Sebab memang terjadi banyak fenomena gempa serta gunung praerupsi. Mengakibatkan kekawatiran akan terjadinya bencana alam makin meningkat seiring waktu.

Terdapat banyak pilihan yang dapat kamu pilih secara gratis ataupun berbayar. Namun, kami akan memilihkan mana saja pilihan terbaik agar kamu bisa mengantisipasi lebih dini. Berikut rekomendasinya untuk pembaca semua.

Daftar Aplikasi Deteksi Gempa Bumi dan Tsunami

Tujuan dari mencari daftar aplikasi tersebut adalah guna mencari tahu sinyal dini akan terjadinya gempa atau goncangan. Sebab ini adalah suatu yang dihasilkan oleh alam dan susah dilihat mata telanjang.

Sehingga satu-satunya solusi atas itu semua menggunakan bantuan aplikasi deteksi gempa bumi. Sebab dengan bantuannya saat akan terjadi goncangan, perangkat sudah mendeteksi lebih dini, sehingga kamu semua bisa menyelamatkan diri.

Kamu bisa mendapatkan dua jenis pilihan berbayar dan tidak, tapi hal paling penting adalah dari mana sumber itu didapatkan. Sehingga Kami akan mengurutkan rekomendasi dari sumber resmi BMKG dan lain-lainnya.

BACA JUGA: Ternyata Ini Penyebab Gempa dan Tsunami Aceh 2004 yang Sebenarnya

1. Info BMKG

Sesuai namanya ini adalah sebuah aplikasi atau apk yang dibuat oleh BMKG itu sendiri. Sebuah badan organisasi negara resmi yang mengurusi masalah meteor, iklim, dan geofisika, di SD juga diberitahu.

Konsep kerja darinya adalah langsung dapatkan informasi dari BMKG pusat. Jadi ketika ada peringatan adanya goncangan di suatu lokasi, notifikasi akan langsung muncul dan kamu bisa mengantisipasi kemungkinan terburuk darinya.

Fitur yang tersedia tentu saja lokasi mana yang akan terkena goncangan, kekuatan goncangan, titik pusat, dan masih banyak lagi. Semua sudah dibuat sedetail mungkin, dengan masuk bantu pengguna makin antisipasi.

Selain untuk urusan gempa ternyata aplikasi deteksi gempa bumi ini juga dilengkapi dengan prakiraan cuaca realtime. Bukan untuk harian tapi beberapa jam sekali selalu ada update terkini langsung kepada pengguna.

Download Aplikasi Info BMKG

2. Info Gempa Indonesia

Sebenarnya data yang diambil dari apk ini semua dari Info BMKG. Hanya saja ini versi lebih lengkapnya. Sebab mungkin developernya lebih serius dalam membuat apk agar mudah digunakan oleh user.

Tentu saja terdapat data kapan gempa akan terjadi, lokasi, dekat jauhnya pusat goncangan dengan lokasi kamu, dan masih banyak lagi. Terdapat gambaran peta 3 dimensi juga untuk makin memudahkan pengguna.

Lalu detail dikirimkan dalam bentuk notifikasi, terlihat juga rincian waktu terjadi secara lebih detail. Bahkan ada fitur yang akan memberikan notifikasi dengan nada darurat dari aplikasi deteksi gempa bumi tersebut.

Ibarat kata ini merupakan bentuk penyempurnaan dari pada info BMKG. Sehingga bagi kamu yang lebih suka apk lengkap dengan berbagai fitur. Info gempa Indonesia adalah pilihannya meski jelas lebih berat.

Download Aplikasi Gempa Indonesia

3. EQ Info – Global Earthquakes

Ini adalah sebuah apk yang sumbernya bukan BMKG Indonesia saja. Malah sumbernya adalah data komprehensif dari kesiapsiagaan gempa Internasional. Jelas akan lebih valid meski hasilnya tidak akan sedetail dari BMKG.

Namun jangan salah bahwa sumber pendeteksi goncangan luar negeri itu lebih berkualitas, semisal USGS, EMSC, Geoscience Australia, Naturan Resources Canda, Japan Meteorologi, dan lain-lain. Ditambah dengan BMKG sebagai sumber lokal.

Download Aplikasi EQ Info

4. Info gempa terkini dan cuaca

Jika kamu sudah mencoba beberapa pilihan aplikasi deteksi gempa bumi tapi masih kesulitan membaca. Mungkin ada solusi ampuh dengan pilihan Info gempa dan cuaca terkini, sebab tampilan interfacenya sederhana.

Bahkan ada juga skala dengan gambaran apa yang akan terjadi, dari skala I yang hanya bisa dirasakan oleh hewan hingga XII yang menyebabkan kerusakan total. Jadi ada gambaran lebih detailnya.

Download Aplikasi Info Gempa Terkini dan Cuaca

5. Vibration meter

Satu saran lagi adalah dengan aplikasi yang dapat mengukur getaran. Tapi untuk membuat kinerja dari aplikasi ini berfungsi maksimal, kamu harus menaruh hp pada lantai agar mengukur lebih akurat lagi.

Download Aplikasi Vibration Meter

Sadari untuk Selamatkan Diri Lebih Dini

Bebas ingin gunakan pilihan yang mana, selama sudah gunakan bantuan darinya. Kamu akan bisa lebih mengetahui prakiraan gempa yang akan terjadi. Sehingga lebih mudah guna menyelamatkan diri ke tempat aman.

Tapi jangan lupakan sanak saudara juga, teruskan pesan kepada Mereka dengan melakukan panggilan juga untuk memberitahukan keadaan genting. Dengan melakukan ini korban jiwa akan dapat diminimalkan jumlah menjadi lebih kecil.

Sehingga tidak ada alasan lagi hanya memasang aplikasi hiburan saja. Terdapat aplikasi jauh lebih penting seperti aplikasi deteksi gempa bumi, unduh dan pasang di latar belakang agar semua dapat lebih terkendali. (jow)

BACA JUGA: Ini 5 Tips Menyelamatkan Diri Saat Gempa Ketika Berada di Gedung Tinggi