Ternyata Ini Penyebab Gempa dan Tsunami Aceh 2004 yang Sebenarnya

Tahun 2004 lalu, terjadi bencana alam yang menarik perhatian dunia, yaitu gempa dan tsunami di Aceh. Baru-baru ini, penyebab dari gempa dan tsunami Aceh itu akhirnya diketahui.

Gempa bumi besar, seperti yang terjadi di Aceh pada 2004 dan di Jepang pada 2011, kemungkinan besar bisa terjadi lagi ketika bulan purnama dan bulan baru, dua momen dalam setiap bulan ketika gelombang pasang mencapai titik paling tinggi di Bumi. Kesimpulan ini merupakan hasil penelitian para ilmuwan Jepang yang diterbitkan dalam jurnal “Nature Geoscience” edisi 12 September.

Gelombang pasang, yang biasanya terjadi dua kali sehari, disebabkan oleh tarikan gaya gravitasi bulan. Tetapi dua kali setiap bulan, yakni ketika bulan baru dan bulan purnama, gelombang pasang naik lebih tinggi karena air laut ditarik bukan saja oleh gravitasi bulan tetapi juga Matahari.

Ilustrasi bulan purnama (Tribunnews)
Ilustrasi bulan purnama (Tribunnews)

Memang pada dua momen ini Bumi, bulan, dan Matahari sedang berada dalam garis lurus. Gelombang pasang besar yang ditimbulkan gaya tarik-menarik antara Bumi, bulan, dan Matahari ini pada akhirnya memberikan tekanan lebih besar pada patahan-patahan lempeng Bumi.

Gempa bumi besar, menurut penjelasan para ilmuwan, biasanya terjadi ketika gelombang pasang yang lebih kuat sedang mengguncang lautan.

Satoshi Ide, pakar seismologi dari Universitas Tokyo meneliti tentang catatan sejarah gempa bumi di Jepang, California, Amerika Serikat, dan di berbagai belahan Bumi. Dilansir dari USA Today, Jumat (16/9/2016), selama 15 hari sebelum setiap gempa terjadi, Ide mencari informasi tentang gelombang pasang di Bumi. Ia menemukan bahwa gempa besar, seperti yang menimpa Jepang pada 2010 dan Chile pada 2011 terjadi berdekatan dengan puncak gelombang pasang atau bertepatan dengan bulan baru atau bulan purnama.

Ia bahkan menemukan bahwa lebih dari 10 ribu gempa bumi berkekuatan sekitar 5,5 skala Richter yang terjadi bertepatan dengan gelombang pasang akan cenderung bertambah kuat menjadi 8 skala Richter bahkan lebih besar.

Satoshi Ide (U-Tokyo)
Satoshi Ide (U-Tokyo)

Lebih jauh, Ide menemukan bahwa sembilan dari 12 gempa bumi besar dalam sejarah dunia terjadi di sekitar bulan purnama dan bulan baru, termasuk di antaranya adalah Gempa Aceh pada 2004 yang memicu tsunami dan korban jiwa hingga 230 ribu orang.

Studi ini menguatkan teori sebelumnya yang mengatakan bahwa gempa besar bisa terjadi pada saat gelombang pasang, tetapi penelitian Ide dan timnya adalah yang pertama yang menunjukkan adanya hubungan statistikal tegas antara gempa bumi besar dan gelombang pasang. (tom)

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

Gebrakan Afgan Tampil Enerjik di Video Klip Terbaru

5 Tokoh Superhero Paling Kaya Sedunia, Ini Daftar Hartanya