Trik Dapat Verifikasi WhatsApp Centang Hijau Tahun 2023

Verifikasi WhatsApp Centang Hijau 1
Foto Source: www.wallsheaven.com

Untuk mendapatkan verifikasi WhatsApp centang hijau sebenarnya cukup mudah. Kamu hanya cukup mengikuti langkah-langkah mudahnya di artikel ini. Bagi kamu yang mengandalkan whatsapp sebagai alat komunikasi, mendapapatkan centang hijau adalah salah satu cara agar bisnis atau usaha kamu semakin dipercaya oleh para pelanggan.

Sebelum membahas cara mendapatkan centang hijau WhatsApp, sebaiknya berkenalan terlebih dahulu dengan simbol dari WhatsApp ini. Centang hijau WhatsApp merupakan simbol yang diberikan oleh WhatsApp untuk menandakan bahwa bisnismu terpercaya sehingga calon pelanggan akan membeli produk bisnismu.

Selain memberikan kesan terpercaya, adapula manfaat lain yang bisa kamu rasakan dari centang hijau WhatsApp seperti berikut.

Manfaat Verifikasi Centang Hijau WhatsApp

Ada banyak manfaat yang bisa kamu nikmati saat mendapatkan centang hijau di Whatsapp. Jadiberita.com telah merangkung setidaknya ada 5 manfaat jika kamu mendapatkan verifikasi WhatsApp centang hijau.

  1. Sebagai sarana untuk mempromosikan bisnis secara lebih luas karena fitur pengiriman pesan yang lebih baik dari WhatsApp biasa. Kamu bisa mengirim pesan ke beberapa kontak sekaligus, bahkan kepada nomor yang belum disimpan di kontak.
  2. Sebagai sarana memperkenalkan brand yang efektif karena nama usaha atau produk akan muncul secara otomatis saat pesan masuk ke nomor yang dituju.
  3. Dapat memperkecil kemungkinan untuk diblokir karena akun WhatsApp-mu sudah memiliki nilai kepercayaan yang tinggi.
  4. Centang hijau bisa membuat calon pembeli merasa yakin jika ingin berinteraksi denganmu. Hal itu juga karena tingginya nilai kepercayaan akunmu.
  5. Dapat meningkatkan hasil penjualan karena hilangnya keraguan dari calon pembeli.

Agar bisa merasakan semua manfaat di atas, tentu kamu harus mendaftarkan akun WhatsApp-mu terlebih dahulu. Sebelum mendaftar, pastikan kamu telah memenuhi syarat sebagai berikut.

BACA JUGA: Cara Agar Isi Chat Whatsapp Kamu Nggak di Intip Orang Lain

Syarat Mendapat Centang Hijau WhatsApp

  1. Bisnis sudah populer di masyarakat. Menurut pihak WhatsApp, popularitas suatu bisnis bisa dilihat dari hasil liputan media mengenai bisnis tersebut.
  2. Memiliki dokumen penting seperti business bank statement, Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK), Nomor Induk Berusaha (NIB), dan lain-lain. Pihak WhatsApp tidak akan memberi centang hijau apabila bisnis tidak legal.
  3. Bukan merupakan akun pribadi sekalipun kamu berposisi sebagai public figure.
  4. Memiliki WhatsApp API atau WhatsApp versi khusus untuk pebisnis.
  5. Tidak menjual produk yang dilarang oleh WhatsApp, seperti narkoba, tembakau, organ tubuh, dan lain-lain.
  6. Memiliki akun Facebook Business Manager. Hal itu digunakan untuk verifikasi data pribadi dari pemilik akun WhatsApp.
  7. Memiliki website resmi yang mencantumkan identitas perusahaan, termasuk nomor perusahaan yang bisa dihubungi.
  8. Supaya memperbesar peluang untuk mendapat centang hijau, pastikan kamu telah mengirim pesan ke ribuan pengguna melalui fitur WhatsApp Blast. Fitur ini hanya bisa didapat di WhatsApp API.

Cara Mendapat Centang Hijau WhatsApp

Trik Dapat Verifikasi WhatsApp Centang Hijau Tahun 2023
Ilustrasi Pelaku Bisnis yang memiliki Whatsapp centang hijau (Foto: findle.top)

Centang hijau WhatsApp membuat bisnismu diakui oleh banyak orang. Meskipun demikian, tidak mudah untuk mendapat tanda hijau tersebut. Oleh karena itu, terdapat cara supaya bisa mendapat centang hijau dari WhatsApp.

  • Pilih pihak ketiga yang bisa membantumu hingga mendapat centang hijau WhatsApp. Pihak ketiga yang dimaksud adalah Business Solution Provider (BSP) yang pihak WhatsApp percayakan untuk menyediakan jasa pendaftaran akun bisnis hingga mendapat centang hijau. Terdapat beberapa BSP yang bisa kamu pilih, seperti Mekari Qontak, Barantum, Qiscus, TapTalk.io, dan Jatis Mobile. Pilihlah yang menurutmu paling baik pelayanannya.
  • Pihak ketiga yang kamu pilih akan meminta ID Facebook Business Manager milikmu. Hal itu diperlukan untuk memverifikasi akunmu. Meskipun bisa didaftarkan, kamu juga bisa memverifikasi sendiri dengan cara berikut.
    • Masuk ke akun Facebook Business Manager milikmu.
    • Setelah masuk, buka pilihan “Business Settings”.
    • Terdapat opsi “Account”, silakan pilih opsi tersebut lalu klik “WhatsApp Accounts”.
    • Pilih akun WhatsApp yang ingin kamu tambahkan centang hijau di antara akun lain yang terdaftar.
    • Setelah dipilih, klik “Settings” dan pilih “Contact Support”.
    • Kemudian, klik “Ask a question” yang terdapat di bagian kanan atas, lalu klik “WABiz: Request official business account status”.
    • Setelah diklik, isi semua formulir dan unggah dokumen yang diperlukan.
  • Setelah memverifikasi akun Facebook, cantumkan nomor serta nama bisnis yang akan kamu beri centang hijau. Perlu diketahui, nomor yang sudah diberi centang tidak dapat diubah sehingga pastikan nomormu aktif dan akan selalu aktif.
  • Apabila nama dan nomor bisnis sudah dicantumkan, pihak BSP akan mendaftarkan nama dan nomor tersebut ke pihak WhatsApp untuk diverifikasi. Proses verifikasi bisa memakan waktu 1-2 hari, tetapi bisa pula sampai 1 minggu atau lebih.
  • Setelah verifikasi selesai, lihatlah hasilnya. Apabila terdapat tanda centang hijau di samping nama bisnismu, artinya verifikasi berhasil.

Hal yang Dilakukan Apabila Verifikasi Gagal?

Apabila gagal mendapatkan centang hijau, kamu bisa mengajukan banding kepada pihak WhatsApp saat 30 hari setelah dinyatakan gagal. Tak hanya mengajukan banding, perhatikan pula apa yang menjadi penyebab kegagalan kamu sehingga bisa kamu benahi.

Apabila penyebabnya berasal dari popularitas atau hal lain terkait WhatsApp API, kamu bisa menggunakan WhatsApp khusus pebisnis tersebut. Perlu diketahui, fitur-fitur WhatsApp API tetap dapat kamu nikmati meski akunmu belum bercentang hijau. Oleh sebab itu, manfaatkan semaksimal mungkin supaya bisa mendapat centang hijau di kemudian hari.

Penutup

Demikian artikel mengenai verifikasi WhatsApp centang hijau. Apabila berhasil mendapatkan centang hijau, manfaatkan dengan sebaik mungkin. Semoga bisnismu semakin berkembang dengan adanya simbol hijau ini. Selamat mencoba dan semoga sukses.

BACA JUGA: Cara Hapus Akun Facebook, Instagram, Twitter dan Whatsapp