Don't be Captious

10 Usaha Rumahan Modal 100 Ribu yang Menguntungkan Tahun 2023

Mau usaha rumahan modal 100 ribu? Mulailah dari sekarang. Cukup dengan modal kecil, kamu bisa mulai berbisnis. Kami akan membantumu dengan merekomendasikan 10 usaha rumahan modal 100 ribu yang masih menguntungkan di tahun 2023. Simak sampai tuntas dan selamat mencoba.

Sebelum masuk ke pembahasan inti, pastikan kamu sudah memiliki kemauan yang kuat untuk berbisnis. Kemauan yang kuat biasanya akan mendorong seseorang untuk berkembang meski mengalami keterbatasan. Tak hanya kemauan, kamu juga memerlukan suatu keterampilan untuk menjalankan suatu bisnis. Setelah memiliki keterampilan, kamu bisa membuka usaha rumahan dengan modal 100 ribu atau bisa kurang dari itu.

Suatu keterampilan dalam berbisnis biasanya dibarengi dengan minat. Supaya mendapat inspirasi, kami akan merekomendasikan 10 bisnis rumahan modal 100 ribu yang mungkin ada yang sesuai dengan minatmu.

1. Les Privat

Ilustrasi Les Privat

Usaha ini cocok bagi kamu yang merupakan lulusan dari jurusan pendidikan. Dengan bermodal ilmu yang telah dipelajari, kamu bisa membuka les privat di rumahmu. Selain modal ilmu, kamu bisa pula membeli perlengkapan lainnya dengan total harga Rp 100.000, seperti papan tulis, spidol, penghapus, pulpen, buku pelajaran, dan buku tulis. Apabila modal tidak cukup untuk membeli kursi dan meja, pakai saja tikar dan meja di rumahmu sehingga bisa belajar secara lesehan.

Setelah semua modal cukup, kamu tinggal promosikan bisnismu ke tetangga sekitar, keluarga, dan teman-temanmu. Gunakan media sosial sebagai sarana promosi dan pakai fitur pendukung seperti stories. Jangan lupa, pasang harga promo supaya menarik perhatian mereka.

2. Jual Beli Pulsa

Jual Beli Pulsa

Usaha jual beli pulsa sudah lazim di masyarakat. Siapapun bisa berjualan pulsa, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Kamu pun bisa mulai usaha rumahan modal 100 Ribu dengan berjualan pulsa cukup mengisi saldo seharga Rp 100.000 atau bahkan kurang dari itu. Dengan modal saldo tersebut, kamu sudah bisa berjualan pulsa elektrik.

Setelah saldo tersedia, langsung tawarkan ke teman atau keluargamu. Sebagai permulaan, tawarkan pulsa dari harga paling murah terlebih dahulu. Apabila tawaranmu diterima, layani mereka dengan baik. Untung yang akan didapat mungkin tidak seberapa, tetapi ada saja yang membutuhkan produk jualanmu. Usahakan para pelangganmu tidak berhutang supaya bisnismu tetap lancar.

BACA JUGA: Ide Bisnis Online Tahun 2023 yang Bisa Kamu Lakukan Sambil Bekerja

3. Jasa Bayar Tagihan

Jasa Bayar Tagihan

Sebenarnya, usaha ini satu paket dengan usaha jual beli pulsa. Hanya saja, sengaja dibedakan karena beda fokus. Usaha jasa bayar tagihan ini berfokus pada pembayaran untuk semua jenis tagihan, seperti tagihan listrik, tagihan air, iuran BPJS, dan tagihan TV kabel. Selain menguntungkan, kamu juga bisa menolong masyarakat karena memudahkan mereka untuk membayar tagihan-tagihan tersebut.

Untuk memulainya, kamu harus membeli saldo terlebih dahulu. Saldo awal bisa dibeli dengan harga Rp 100.000. Setelah saldo tersedia, lakukan promosi melalui media sosial atau dengan metode “dari mulut ke mulut”. Bila perlu, buatlah sebuah banner supaya masyarakat sekitar tahu keberadaan tempat usahamu. Saat sudah mendapatkan pelanggan, upayakan untuk tetap mematok harga yang murah.

4. Bisnis Akseoris Wanita

Bisnis Akseoris Wanita

Usaha jenis ini umumnya digeluti oleh wanita. Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan kalau pria juga bisa melakoni bisnis ini. Oleh sebab itu, bisnis aksesoris wanita bisa menjadi pilihan bagimu yang ingin berbisnis dengan modal sedikit.

Untuk memulainya, silakan beli produk aksesoris wanita terlebih dahulu. Terdapat beragam produk yang tersedia di marketplace dengan harga jauh di bawah Rp 100.000, seperti kalung, gelang, cincin, bros, dan lain-lain. Dengan harga tersebut, kamu bisa membeli dalam jumlah yang banyak, tetapi jangan sampai melebihi Rp 100.000. Apabila sudah dibeli, lakukan promosi di media sosial atau dengan metode “dari mulut ke mulut”. Pastikan target pasarmu adalah wanita muda dan ibu-ibu.

5. Jasa Pengetikan Skripsi

Jasa Pengetikan Skripsi

Usaha rumahan modal 100 Ribu ini memerlukan keterampilan dalam membuat skripsi. Bagi kamu yang telah menjadi sarjana dan memiliki nilai skripsi yang bagus, silakan coba bisnis ini. Sebagai awalan, kamu tidak perlu modal uang. Cukup dengan PC yang kamu punya di rumah dan pasokan listrik yang memadai, bisnis pengetikan skripsi bisa dijalankan.

Ketika ingin berkembang, barulah modal diperlukan. Kamu perlu membeli kertas A4 sebanyak 1 sampai 2 rim apabila ingin mencetak skirpsi klien. Apabila membeli kertas 2 rim, totalnya bisa mencapai Rp 100.000. Untuk printer, pastikan kamu memilikinya supaya menghemat biaya.

Meskipun demikian, kamu berhak menolak apabila ada klien yang meminta sesuatu yang lebih, seperti mencari bahan referensi. Penolakan tersebut dilakukan supaya namamu tetap bersih dari tindak kecurangan akademik.

6. Jualan Es Batu

Jualan Es Batu

Es batu menjadi kebutuhan bagi sebagian orang, baik untuk bahan baku dagangan, maupun untuk konsumsi sendiri. Kamu pun juga bisa berjualan es batu. Modal Rp 100.000 sudah sangat cukup untuk membeli seluruh bahan baku. Bahkan, kamu bisa membuat es batu dalam jumlah yang banyak dengan modal tersebut. Oleh karena itu, pastikan kamu memiliki freezer dengan kapasitas yang cukup.

Setelah membuat es batu, tawarkan ke tetangga atau keluargamu, terutama yang menjual minuman ringan. Biasanya, penjual minumanlah yang akan menjadi langganan. Oleh sebab itu, pastikan stok esmu mencukupi ketika penjual minuman tersebut memesan dalam jumlah banyak.

BACA JUGA: Cara Jualan Online Tanpa Stok Produk di Tahun 2023

7. Jualan Mainan Murahan

Jualan Mainan Murahan

Usaha rumahan modal 100 Ribu ini cocok untuk kamu yang tinggal di permukiman yang banyak anak-anaknya. Terdapat berbagai mainan murahan yang bisa kamu jual dengan harga Rp 1.000 dan Rp 2.000. Apabila tertarik, kamu bisa membeli stok mainan dengan modal Rp 100.000. Bahkan, modal tersebut sudah lebih dari cukup untuk membeli 2 set rencengan mainan Rp 1.000 dan Rp 2.000.

Ketika stok sudah ada, kamu tinggal menjualnya di depan rumahmu. Tunggu sampai anak-anak menghampiri dan membeli mainanmu. Supaya mendapat keuntungan besar, cobalah berjualan pada saat yang tepat, seperti saat banyak anak-anak yang sedang bermain.

8. Jualan Cilok

Jualan Cilok

Usaha rumahan modal 100 Ribu berikutnya adalah jualan cilok. Tentu makanan ini sudah tidak asing bagimu. Apabila kamu tinggal di permukiman padat penduduk, usaha ini cocok untuk dicoba. Modal Rp 100.000 sudah lebih dari cukup untuk membeli bahan baku cilok, seperti tepung kanji, tepung terigu, tahu, saus, dan kecap. Perabotan masaknya tinggal pakai perabotan yang kamu punya.

Supaya mendapat keuntungan besar, cobalah berjualan saat sore hari. Biasanya, waktu sore menjadi saat yang tepat untuk keluar rumah. Saat berjualan, patoklah dengan harga yang wajar, seperti Rp 2.000.

9. Jualan Gorengan

Jualan Gorengan

Satu lagi makanan yang tentu sudah familiar bagimu, yaitu gorengan. Kamu juga bisa berjualan gorengan di rumahmu. Modal Rp 100.000 sudah bisa membeli bahan baku seperti tahu, tempe, minyak goreng, tepung terigu, tepung sagu, gas, dan lain-lain. Untuk perabotan, kamu bisa memakai perabotan masak milikmu.

Supaya mendapat keuntungan besar, bukalah saat pagi dan sore hari. Umumnya, pada waktu-waktu tersebut, banyak orang yang mencari gorengan untuk cemilan atau sarapan. Mengenai harga, patok saja dengan harga Rp 1.000 per satu jenis gorengan.

10. Jualan Kue Basah

Jualan Kue Basah

Makanan selanjutnya yang bisa kamu jual adalah kue basah. Tentu kue basah yang dimaksud adalah kue subuh yang berukuran kecil dan dijual dalam bentuk satuan. Kamu bisa membelinya di pasar dengan modal Rp 100.000. Bahkan, dengan modal tersebut, kamu bisa mendapatkan aneka jenis kue dalam jumlah banyak.

Supaya mendapat keuntungan besar, kamu mesti menjualnya pada pagi hari, terutama setelah waktu Subuh. Gelarlah lapak di depan rumahmu dan promosikan ke ibu-ibu di sekitar rumahmu. Biasanya, ibu-ibu yang akan membeli kue subuh dalam jumlah banyak. Mengenai harga, patoklah dengan harga yang terjangkau, seperti Rp 1.000 sampai Rp 2.000.

BACA JUGA: Ide Bisnis Rumahan dengan Modal Kecil Tapi Beromzet Besar

Penutup

Demikian informasi mengenai usaha rumahan modal 100 Ribu yang bisa kamu coba. Semoga pilihan bisnis di atas bisa menambah pemasukan untukmu dan keluargamu.

BACA JUGA: 10 Ide Bisnis untuk Introvert Tahun 2023

Latest article