10 Ide Bisnis Sampingan untuk Karyawan 2023

Mau dapat penghasilan tambahan selain dari gaji? Yuk, mulai berbisnis dengan salah satu dari 10 ide bisnis sampingan untuk karyawan yang masih bisa diterapkan tahun 2023. Simak sampai habis dan selamat mencoba.

Sebelum masuk ke inti pembahasan, mungkin kamu merasa bahwa gajimu tidak cukup untuk memenuhi semua kebutuhan. Banyaknya jumlah tanggungan serta iuran-iuran yang harus dibayar seolah memaksamu untuk mencari sumber penghasilan lain atau beralih ke pekerjaan yang gajinya lebih tinggi. Apabila kamu belum menemukan pekerjaan dengan gaji lebih tinggi, tentu sumber penghasilan lain harus kamu pilih.

Supaya mempermudah kamu dalam mendapatkan sumber penghasilan lain, kami akan berikan rekomendasi 10 ide bisnis sampingan untuk karyawan sepertimu. Pastikan kamu memilih sesuai dengan kondisi dan kemampuanmu.

1. Usaha Makanan Ringan

Usaha ini disarankan karena ada saja yang membutuhkannya. Cemilan dibutuhkan karena dianggap sebagai pengusir rasa kantuk saat bekerja. Selain pengusir rasa kantuk, cemilan juga dibutuhkan sebagai “penolong” di saat lapar dan tidak ada penjual makanan yang dekat dengan rumah atau kantor.

Apabila kamu ingin membuka usaha ini, kamu bisa memulainya di kantor. Silakan beli stok makanan ringan dengan jumlah secukupnya. Setelah stok cukup, barulah kamu tawarkan kepada rekan-rekanmu. Apabila rekan-rekanmu memang membutuhkan cemilan, pasti mereka akan membeli, bahkan dalam jumlah banyak. Ketika berjualan, usahakan untuk tetap mempertahankan kualitas dengan membeli stok di agen yang menjadi langgananmu.

BACA JUGA: Cara Mendapatkan Modal Usaha untuk Memulai Bisnis di Tahun 2023

2. Reseller Fashion

Usaha jenis ini bisa pula kamu coba. Dengan bermodal HP, kamu sudah bisa mendapat penghasilan dengan menerapkan metode pemasaran digital. Jadi, pastikan perangkat selulermu selalu aktif guna mengecek pesanan serta supaya tetap dapat berpromosi di media sosial.

Selain berpromosi di media sosial, kamu bisa pula menawarkan barang daganganmu secara langsung. Sebagai permulaan, tawarkan kepada rekan kerja terlebih dahulu. Setelah dapat pembeli, mintalah mereka untuk membuat testimoni terkait barang daganganmu.Testimoni tersebut penting sebagai senjata andalan supaya calon pelanggan lainnya tertarik dengan produkmu.

3. Bisnis Sampingan untuk Karyawan Menjadi Dropshipper Barang

Perlu diketahui, jasa dropshipper berbeda dengan reseller. Apabila reseller bisa menyimpan barang dagangannya di rumah, sedangkan dropshipper tidak menyimpan sama sekali. Seorang dropshipper bisa berjualan hanya dengan HP mereka. Meskipun hanya melalui HP, keuntungan bisa diperoleh dalam jumlah banyak jika kamu giat dalam berjualan.

Untuk memulainya, kamu tinggal cari platform yang menyediakan wadah khusus dropshipper. Setelah menemukan platform tersebut, silakan daftar dan pilih produk yang ingin dipasarkan. Kamu bisa memasarkan produkmu melalui media sosial atau melalui tatap muka seperti saat bertemu rekan kerja. Biasanya, keuntungan yang kamu peroleh hanya sekian persen dari harga jual. Oleh sebab itu, kamu mesti rajin berpromosi supaya keuntunganmu semakin banyak.

4. Rental Mobil

Apakah kamu memiliki mobil? Jika iya, maka kamu bisa menyewakan mobilmu. Kamu bisa menyewakan mobilmu dengan harga yang bisa kamu atur. Kamu perlu mempertimbangkan hal-hal seperti jarak tempuh dan kekuatan mesin untuk mematok harga. Tidak hanya itu, merk dan jenis mobil juga bisa mempengaruhi harga sewa yang dipasang.

Ketika mobilmu sudah disewa, pastikan penyewa mobilmu merupakan orang yang terpercaya. Supaya yakin, mintalah nomor HP-nya dan suruh aktifkan lokasi terkini ketika dia sedang di perjalanan. Bila perlu, mintalah kepada penyewa untuk membayar DP sebelum berangkat. Dengan demikian, kamu akan merasa lebih tenang karena keamanan mobilmu terjamin dan tidak akan merugi. Ini adalah salah satu bisnis sampingan untuk karyawan yang memerlukan modal besar namun hasilnya pun sepadan.

5. Online Driver

Apabila kamu memiliki mobil, tetapi tidak mau disewakan, kamu bisa menjadi online driver. Mungkin, kamu akan mengira bisnis ini layaknya pengemudi online yang terikat dengan suatu perusahaan, tetapi bisnis ini berbeda karena kamu tidak perlu mendaftar di aplikasi manapun. Cukup promosikan jasamu melalui media sosial milikmu, lalu tinggal menunggu pesanan masuk. Supaya bisa menjadi online driver secara maksimal, manfaatkan waktu luang seperti saat hari libur.

Saat kamu menjadi online driver, pastikan kendaraanmu selalu dalam keadaan bersih. Kebersihan mobil penting diperhatikan supaya pelanggan merasa nyaman. Tidak hanya itu, kondisi mesin dan komponen penting lainnya juga perlu diperhatikan supaya mobilmu tidak bermasalah saat membawa penumpang. Hal lain yang tidak kalah penting adalah cara mengemudimu. Pastikan kamu selalu berhati-hati ketika membawa penumpang, termasuk saat dalam keadaan darurat seperti membawa seseorang ke rumah sakit.

BACA JUGA: 5 Aplikasi Bermanfaat untuk Kamu Pebisnis Online Pemula

6. Agen Properti atau Kendaraan

Agen properti atau kendaraan juga bisa kamu pilih sebagai bisnis sampingan untuk karyawan. Pekerjaannya pun bisa dilakukan secara online sehingga tidak akan mengganggu pekerjaan utamamu. Meskipun dijadikan sampingan, pendapatan dari hasil penjualan properti atau kendaraan tidak bisa dianggap enteng. Sebagai contoh, kamu bisa meraih uang Rp 5 juta apabila berhasil menjual salah satu unit properti atau kendaraan senilai Rp 500 juta.

Supaya kamu cepat untung, cobalah tawarkan properti atau kendaraan yang kamu jual kepada rekan kerja atau keluargamu. Pastikan kamu menawarkan sesuai dengan keadaan mereka saat ini. Sebagai contoh, apabila orang yang kamu tawarkan memiliki penghasilan sesuai UMR, beritahu dia bahwa terdapat keringanan berupa cicilan yang bisa dibayar sesuai kemampuannya.

7. Jasa Penerjemah

Bisnis jasa ini bisa kamu mulai apabila sudah memiliki bakat yang mumpuni. Bakat tersebut biasanya terlihat dari pengalaman, seperti pernah berbincang dengan orang-orang asing dan kamu paham betul semua perkataan lawan bicaramu. Apabila bakat sudah dimiliki, tinggal koneksi yang kamu perlukan guna membuat biro penerjemahan yang terpercaya.

Untuk pengembangan bisnis, kamu bisa memanfaatkan relasi dari kantormu. Mungkin saja, kamu bisa mendapat suntikan dana besar supaya bisnismu semakin berkembang dan dicari perusahaan-perusahaan asing. Tidak hanya suntikan dana, mungkin juga kamu akan mendapat tenaga baru yang bisa menerjemahkan suatu bahasa yang belum kamu ketahui.

8. Usaha Makanan Katering

Usaha jenis ini bisa pula dicoba, terutama jika kamu memiliki keterampilan memasak. Kamu bisa memilih menu masakan apa saja yang bergizi tetapi lezat. Sebagai gambaran, terdapat menu masakan khas Indonesia seperti rendang, tumis kacang panjang, tumis kangkung, dendeng, ikan suir, ayam bumbu rica, dan lain-lain. Kamu bisa pilih mana masakan yang ingin kamu masak untuk hari tertentu.

Setelah dimasak, kamu bisa menakar kandungan gizi di dalam suatu masakan. Setelah kandungan gizi dipastikan cukup, langsung antarkan ke kantormu saat menjelang makan siang. Kamu pun akan mendapat penghasilan tambahan setelah makanan diantar. Tak hanya rezeki yang bertambah, kamu juga turut berkontribusi terhadap kesehatan para karyawan di kantormu.

9. Content Creator

Bisnis sampingan untuk karyawan ini bisa kamu pilih apabila memiliki keterampilan dalam membuat konten. Perlu diketahui, konten terdiri dari empat macam jenis, yaitu teks, audio, video, dan gambar. Kamu tinggal pilih mana jenis konten yang bisa kamu buat. Setelah memilih, buatlah konten-konten berdasarkan jenis konten yang dipilih dan tampung dalam suatu tempat seperti channel YouTube, blog, serta Instagram feed.

Untuk bisa mendapat penghasilan, kamu harus terus berproses. Ketika prosesmu sudah maksimal, akan datang tawaran untuk mengiklankan suatu produk atau Endorsement. Tawaran tersebut tidak terlepas dari kualitas konten yang baik dan telah dinikmati oleh banyak orang. Tidak hanya endorsement, kamu juga bisa mendapat rupiah dari sumber lain, seperti iklan dari Google Adsense.

10. Freelance

Pilihan terakhir yang bisa kamu ambil adalah freelance atau pekerja lepas. Apabila kamu masih sanggup bekerja di luar jam kerja di profesi utamamu, silakan tawarkan diri di platform khusus freelancer, seperti Sribu, Fastwork, Projects.co.id, dan lain-lain. Pasanglah dengan harga termurah jika kamu baru memulai menjadi pekerja lepas.

Ketika kamu mendapat klien, pahami aturan kerjanya dengan baik dan pastikan pembayaran sudah disepakati kedua belah pihak. Saat sudah mulai bekerja, upayakan untuk memberikan hasil yang terbaik. Hasil yang terbaik akan membawa dampak yang baik pula buatmu, seperti penilaian positif dari klien yang akan memperbesar peluang untuk mendapat klien lain dengan bayaran lebih tinggi.

Penutup

Itulah informasi mengenai 10 ide bisnis sampingan untuk karyawan yang masih bisa diterapkan pada tahun 2023. Silakan pilih yang sesuai dengan kondisi dan kemampuanmu. Semoga sukses.

BACA JUGA: Cara Mulai Bisnis Online untuk Karyawan di Kantor

Written by Zari

5 Aplikasi VPN Terbaik untuk HP Android 2023

Cara Download Aplikasi Weverse untuk Para Penggemar Kpop