spot_img
- Advertisment -spot_img
BerandaTechnologyTak mau kalah, Adobe perkenalkan AI image generator bernama Firefly

Tak mau kalah, Adobe perkenalkan AI image generator bernama Firefly

From Author

Dimas Drajat
Dimas Drajat
Anak UI yang lagi membangun personal branding

AI atau kecerdasan buatan lagi rame dibicarain nih belakangan ini. Ada yang sampe terkagum-kagum sama kemajuan teknologinya, tapi ada juga yang cemas dengan dampaknya ke tenaga kerja yang mungkin saja menghapus sebagian jenis pekerjaan manusia. Masalah hukum juga ada, soal regulasi, pembatasan, sama masalah hak cipta yang muncul gara-gara teknologi baru ini.

Tapi tetep aja ada perusahaan yang ngeluarin produk AI. Kali ini giliran Adobe yang umumkan kalo mereka bakal ngehasilin produk generator gambar AI yang dinamain “Firefly”. Produk ini bisa mengubah teks jadi gambar, jadi bisa dipake buat tambahin efek ke foto yang udah ada atau buat bikin gambar dari awal.

Generator gambar AI lain udah banyak di pasaran, dan kualitasnya juga bervariasi tergantung harganya. Adobe pastinya bakal ngeluarin produk yang levelnya profesional dan bisa bikin karya berkualitas tinggi. Padahal program seperti Stable Diffusion sempet bermasalah gara-gara pakai gambar yang dilindungi hak cipta. Tapi Adobe berupaya buat bot-nya jadi nggak masalah hak cipta, jadi seniman juga bisa dapet sesuatu dari karyanya.

Gambar-gambar yang dipake buat latih bot Adobe macem-macem, ada yang berlisensi yang udah dibayar sama perusahaan, ada juga yang bebas hak cipta. Adobe juga pengen penggunaan karya orang lain sama AI diatur lebih ketat lagi, dan ngebantu buat tag “Do Not Train” yang bisa dipake sama seniman buat nggak mau karyanya dipake buat bahan latihan AI.

BACA JUGA: 10 Aplikasi untuk Menjernihkan Foto Buram Tahun 2023

Perkembangan Model AI yang dilakukan Adobe

Contoh gambar yang dihasilkan oleh Firefly

Firefly pengen ngejar target pengguna dari berbagai macem kalangan, jadi nggak ada batasan yang ketat buat pake produk ini. Mereka bakal ngeluarin beberapa versi model yang disesuaiin dengan tingkat keahlian dan kebutuhan pengguna. Jadi, pelanggan Adobe bisa pilih model yang paling cocok buat mereka.

Buat yang levelnya lebih advanced, pengguna bisa “melatih” modelnya biar sesuai dengan kebutuhan mereka. Jadi, kalo kamu punya gaya seni yang unik atau butuh AI yang bisa ngelakuin fungsi tertentu, Firefly bisa diatur sesuai kebutuhan kamu. Adobe juga nggak mau lengah soal masalah AI yang bisa bikin output yang aneh.

Mereka akan perhatikan banget nanti pas nambah variasi gambar yang dipake buat latihan modelnya. Ini adalah proyek yang gede, tapi Adobe udah jelasin betapa pentingnya bikin semacam etika buat penggunaan AI, dan ini jadi pilot project buat bikin produknya.

Apa yang bisa dilakukan oleh Firefly?

Seperti yang disebutkan sebelumnya, pada level dasar kamu bisa menghasilkan gambar hampir apa saja, dalam gaya apa saja, dari awal. Misalnya, kalo kamu masukin input yang agak aneh seperti “Lukisan cat air tentang landak minum martini dan nonton TV CRT di panti jompo,” modelnya bakal coba bikin gambar yang persis seperti itu.

Tapi tentunya kata-kata dan struktur inputnya mempengaruhi banget hasil akhirnya. Kita juga belum tahu seberapa bagus model Firefly dari Adobe sampai ada orang yang udah nyoba. Meski begitu, Firefly nggak cuma buat bikin gambar yang absurd, tapi bisa dipake buat edit foto juga.

Di websitenya, ada gambar sauna outdoor yang ada di atas rumput pada musim panas. Ada prompt “Ubah jadi musim dingin” yang ditimpa di atas foto, dan di sampingnya ada gambar itu di musim dingin. Rumput diganti jadi salju, pohon-pohon kehilangan daunnya, dan bahkan gedung di belakangnya ada jendela yang embun. Gambar juga bisa diberi gaya tertentu, font bisa dibikin, sketsa kasar bisa jadi karya masterpiece — banyak kemungkinan.

Adobe bukan orang asing di dunia AI, dan fitur-fitur kayak content-aware fill atau magic wand tool udah pake AI dasar dan udah ada bertahun-tahun. Jadi menarik buat ngeliat perusahaan software kreatif terbesar dunia mau ngapain sama model AI yang bisa dilatih sendiri. Adobe Firefly masih dalam versi beta, dan pengguna bisa daftar buat akses lewat websitenya. Belum jelas kapan model AI generatif ini bakal rilis secara full.

BACA JUGA: Ubah Foto Biasa jadi Sketsa Keren Pakai Aplikasi Gratis Ini

- Advertisement -

Latest Article

10 Rekomendasi Aplikasi Trading Forex Terbaik Dunia

Sekarang ini, minat terhadap dunia investasi semakin meningkat, baik di dunia maupun Indonesia sendiri. Hal ini dikarenakan banyaknya keuntungan...

More Articles Like This