spot_img
spot_img
BerandaTechnologyCara Bikin Akun Gmail Tanpa Nomor Telepon

Cara Bikin Akun Gmail Tanpa Nomor Telepon

From Author

Tantri Widya
Tantri Widya
Suka hal-hal yang berhubungan dengan teknologi dan media sosial. Mahasiswa yang sedang berjuang menggapai cita-cita.

Sobat JBers, cara bikin akun Gmail tanpa nomor telepon adalah artikel yang akan aku bahas pada kesempatan kali ini. Ide ini muncul saat aku perlu buat akun Gmail baru untuk memisahkan email pribadi dan email untuk pekerjaan. Artikel ini jujur aku dapatkan dari techinpack.com yang ditulis dalam bahasa inggris. Namun aku coba share kembali di sini siapa tau kamu juga membutuhkannya.

Oke jadi seperti yang kita tau Gmail adalah layanan email yang populer di seluruh dunia. Gmail juga jadi pilihan utama buat orang yang ingin memiliki akun email pribadi atau profesional.

Tapi karena fiturnya yang banyak dan gratis itu, Gmail sering dimanfaatin oleh para spammer untuk membuat akun secara masal.

Akibatnya saat kamu ingin buat akun Gmail baru, kamu harus kasih nomor telepon saat daftar. Tapi tenang, seperti yang akun sampaikan diatas, aku udah nemuin jawaban gimana cara bikin akun Gmail tanpa nomor telepon. Jadi kamu simak terus artikel ini sampai selesai ya.

BACA JUGA: Panduan Lengkap Download Foto dari Google Photos

Kenapa Google Butuh Nomor Telepon Kamu Buat Bikin Akun Gmail?

Seperti yang sudah aku sampaikan sebelumnya, bahwa hal ini terjadi untuk mencegah para spammer membuat akun Gmail secara masal. Selain itu juga buat memastikan akun dibuat oleh manusia dan bukan bot, sehingga Google minta nomor telepon buat verifikasi akun. Proses verifikasi via telepon Google juga membantu ngurangi akun spam dan akses yang gak sah ke akun.

Tapi masalahnya justru muncul saat banyak orang mulai khawatir kasih nomor telepon ke Google karena khawatir privasi. Selain itu, beberapa orang mungkin gak punya akses ke nomor telepon lain dan hanya punya satu nomor saja, jadi susah buat bikin akun Gmail.

Cara Bikin Akun Gmail Tanpa Nomor Telepon

Ilustrasi Tampilan Gmail Saat Verifikasi Nomor Telepon (Foto: edu.gcfglobal.org)

Sobat JBers, membuat akun Gmail tanpa nomor telepon sebenarnya gak susah, tapi bisa jadi rumit kamu yang memang jarang banget bikin email baru. Berikut adalah panduan yang bisa aku share ke kamu di bawah ini.

  1. Kunjungi situs Gmail dan klik tombol “Create account“.
  2. Isi detail yang dibutuhkan seperti nama, username, dan kata sandi.
  3. Saat diminta nomor telepon, klik tombol “Skip“.
  4. Isi tanggal lahir dan jenis kelamin, lalu klik tombol “Next“.
  5. Terima syarat dan ketentuan, lalu klik tombol “Create Account“.

BACA JUGA: 4 email alternatif selain Gmail terbaik 2023

Bikin & Verifikasi Akun Gmail dengan Menggunakan Nomor Telepon Pihak Ketiga

Selain cara diatas, kamu juga bisa bikin akun Gmail tanpa nomor telepon dengan memanfaatkan penyedia layanan pihak ketiga. Jadi kamu tetap memasukkan nomor namun bukan nomor yang kamu miliki. Bagaimana caranya? yuk, simak panduannya di bawah ini.

  1. Pertama, buka Gmail.
  2. Isi informasi yang diperlukan seperti nama depan, nama belakang, dan username.
  3. Atur dan konfirmasi Kata Sandi.
  4. Kemudian kamu akan diminta verifikasi lewat Nomor Telepon (baca catatan)
  5. Setelah nomor telepon diverifikasi, masukkan tanggal lahir dan jenis kelamin lalu klik “Next“.
  6. Setelah klik “Next“, kamu akan diarahkan ke halaman privasi Google dan syarat dan ketentuan.
  7. Klik “I Agree” untuk menyetujui syarat dan ketentuan.

Catatan: Jika kamu tidak ingin menambahkan nomor teleponmu bahkan untuk verifikasi, ada beberapa situs web yang menawarkan nomor telepon sementara yang bisa kamu gunakan untuk verifikasi. Nomor-nomor ini sangat cocok untuk melindungi informasi pribadi dan memastikan keamanan online. Lihat daftar situs web di bawah ini dan buat nomor sementara untuk verifikasi akun Gmail-mu.

Dengan menggunakan situs web diatas, kamu bisa dengan mudah melewati verifikasi nomor telepon.

Cara Verifikasi Akun Gmail Tanpa Nomor Telepon

Memverifikasi akun Gmail tanpa nomor telepon mungkin terasa seperti tugas yang membingungkan. Namun, aku ada metode alternatif yang bisa kamu coba untuk menyelesaikan proses verifikasi. Alamat email cadangan atau nomor Google Voice bisa jadi pengganti nomor telepon.

Untuk memverifikasi akun Gmail tanpa nomor telepon, kamu harus:

  1. Pertama, buka situs Gmail dan login ke akunmu, lalu pilih ikon “Settings“.
  2. Sekarang, pilih “Accounts and Import” dari menu drop-down.
  3. Di bagian “Change account settings“, klik “Other Google Account settings” dan kemudian pilih “Security” dari opsi yang disediakan.
  4. Di bagian bawah “Ways we can verify it’s you“, pilih “Add a backup phone number” atau “Add a backup email” dan ikuti petunjuk untuk menyelesaikan proses verifikasi.

Catatan: Menurut beberapa sumber yang aku baca, penting bagi kamu untuk jangan sekali-sekali menggunakan nomor telepon palsu saat bikin Gmail. Google telah menerapkan langkah-langkah untuk memblokir nomor telepon palsu yang digunakan selama proses verifikasi.

BACA JUGA: Cara Mudah Unsend Email yang telah terkirim di Gmail

Beli akun Gmail tanpa nomor telepon di Shopee amankah?

Aku sempat browsing-browsing di marketplace Shopee. Disana banyak sekali pedagang yang menjual akun Gmail dengan harga yang murah. Aku sendiri belum pernah mencobanya. Namun hal ini tentu tidak disarankan bagi kamu yang ingin ambil gampangnya saja.

Membeli akun Gmail di Shopee atau platform lainnya adalah melanggar kebijakan Google. Setiap pengguna Gmail harus membuat akun mereka sendiri dan tidak diperbolehkan menjual atau membeli akun dari orang lain.

Membeli akun Gmail di Shopee atau platform lainnya tidak hanya melanggar kebijakan Google, tetapi juga dapat menimbulkan sejumlah risiko dan akibat negatif yang akan kamu tanggung sendiri, seperti berikut ini.

  1. Google dapat mendeteksi akun yang dibeli dan menjualnya, sehingga mereka dapat menutup akun tersebut tanpa pemberitahuan.
  2. Kamu mungkin kehilangan akses ke akun yang kamu beli jika penjual memutuskan untuk mengambil kembali akun tersebut atau mengubah kata sandi.
  3. Akun yang dibeli mungkin memiliki riwayat yang tidak diketahui, termasuk konten yang melanggar hukum atau perundang-undangan, dan kamu mungkin secara tidak sengaja terlibat dalam kegiatan ilegal.
  4. Akun yang dibeli mungkin telah digunakan oleh orang lain sebelumnya, sehingga kamu mungkin menghadapi risiko pelanggaran privasi dan pencurian data pribadi.
  5. Penjual akun Gmail di platform seperti Shopee mungkin mencoba menipu pembeli dengan menjual akun palsu atau tidak berfungsi.

Di Shopee, walaupun pedagang tetap masih ada saja yang lolos pengawasan. Namun merujuk pada laman tentang kebijakan barang yang dilarang dan dibatasi tercantum jelas bahwa jasa yang meminta data pribadi termasuk pada password atau data akun milik pengguna yang terdaftar di platform lain adalah dilarang.

Oleh karena itu buatlah akun Gmail sendiri dengan mengikuti langkah-langkah yang aku berikan diatas. Dengan membuat akun kamu sendiri, kamu akan memastikan keamanan, privasi, dan kepatuhan dengan kebijakan Google.

Latest Article

Windows Jadul Penyelamat Southwest Airlines dari Kegagalan Sistem CrowdStrike

Kamu pasti nggak nyangka deh, gara-gara update sistem CrowdStrike, pada hari Jumat, 19 Juli, banyak pesawat dan bandara di...

More Articles Like This