Don't be Captious

9 Cara Meningkatkan Penjualan di Shopee

Tantri Widya
Tantri Widya
Suka hal-hal yang berhubungan dengan teknologi dan media sosial. Mahasiswa yang sedang berjuang menggapai cita-cita.

Sobat JBers, pada kesempatan kali ini aku ingin berbagi pengalaman tentang cara meningkatkan penjualan di Shopee. Tips yang akan aku sampaikan berikut ini adalah berdasarkan pengalaman aku pribadi dan juga referensi terpercaya yang aku anggap cukup berguna jika di bagikan di sini.

Sebelumnya aku mendapat pertanyaan dari seorang teman yang mengeluh bahwa produknya tidak muncul di halaman pencarian Shopee. Rupanya setelah aku selidiki dia tidak menggunakan kata kunci atau deskripsi produk yang relevan dan tepat. Tentunya hal ini tidak boleh dianggap sepele sebab bagi kita bahwa kata kunci dan deskripsi produk sangat penting dalam memaksimalkan penjualan.

Dari cerita diatas aku menyimpulkan, masih banyak penjual yang perlu mendapatkan edukasi tentang berjualan di Shopee. Oke langsung saja berikut ulasan lengkapnya.

BACA JUGA: Lupa PIN ShopeePay? Tenang Ini Cara Mengatasinya

Berikut 5 Cara Meningkatkan Penjualan di Shopee

1. Optimalkan nama dan deskripsi produk

Pertimbangkan beberapa pilihan kata kunci yang relevan dan akan kamu gunakan oleh calon pembeli dalam menemukan produk kamu. Selain itu, pertimbangkan juga memanfaatkan typo atau kesalahan penulisan yang mungkin dilakukan oleh pembeli yang justru akan mendatangkan traffic ke produk kamu. Gunakan deskripsi yang akurat dan jelas untuk meningkatkan potensi produk kamu muncul di posisi yang pas.

2. Lengkapi kategori dan atribut produk

Upload dengan kategori yang tepat memudahkan pembeli dalam menemukan produk. Selain itu, lengkapi atribut atau spesifikasi produk yang akan membantu pembeli menemukan produk kamu karena atribut yang jelas akan memengaruhi posisi produk di hasil pencarian. Semakin lengkap atribut yang kamu isi maka semakin baik di mata algoritma Shopee

3. Analisa harga produk

Pastikan harga produk kamu bersaing dengan harga produk lainnya. Lakukan riset dengan mengecek kisaran harga kompetitor yang memasarkan produk serupa. Selanjutnya, buat harga produk kamu dengan harga yang tidak jauh berbeda dengan kisaran harga tersebut. Langkah ini adalah salah satu cara meningkatkan penjualan di Shopee yang cukup penting kamu perhatikan diantara yang lainnya. Sebab persaingan harga terkadang cukup ketat. Calon pembeli dengan mudah memilih toko sebelah hanya karena selisih harga Rp1.000 misalnya.

4. Manfaatkan fitur naikkan produk

Fitur naikkan produk adalah salah satu promosi gratis yang disediakan oleh Shopee. Dengan menggunakan fitur ini, produk kamu akan dinaikkan ke posisi teratas dari hasil pencarian jenis produk. Kamu bisa menaikkan sekaligus 5 produk setiap 4 jam sekali. Hal ini akan membantu produk kamu muncul di posisi teratas dan calon pembeli akan sering melihat dan membeli produk kamu.

5. Upload gambar berkualitas

Cara berikutnya untuk meningkatkan penjualan di Shopee adalah gunakan gambar produk yang menarik dan berkualitas tinggi. Kualitas gambar produk sangat penting untuk membuat pembeli tertarik. Pastikan gambar produk yang kamu unggah memiliki resolusi yang baik, tampilan yang jelas dan detail produk yang terlihat.

BACA JUGA: Cara Pakai Voucher Shopee Food Lewat Aplikasi

6. Promosi dan Diskon

Dalam menjual produk di Shopee, promosi dan diskon adalah kunci sukses untuk menarik perhatian pembeli dan meningkatkan penjualan. Cobalah untuk membuat promosi atau diskon secara berkala untuk menarik pembeli dan meningkatkan jumlah penjualan. Perhatikan pula event-event tertentu yang bisa kamu manfaatkan saat melakukan promosi atau diskon seperti natal, lebaran, 11.11, dll.

7. Pelayanan terbaik kepada pelanggan

Memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan dapat membuat mereka merasa senang dan puas dengan produk yang kau jual. Hal ini juga dapat membantu meningkatkan kepercayaan pelanggan dan memicu pembelian ulang di masa depan. Jaga baik hubungan dengan pembeli khususnya mereka yang sudah order lebih dari sekali di toko kamu.

8. Tambahkan ulasan pelanggan yang positif

Ulasan pelanggan yang positif dapat mempengaruhi keputusan pembelian calon pembeli lainnya. Jadi pastikan kamu meminta ulasan dari pelanggan yang telah membeli produk kamu dan tampilkan di halaman produk kamu. Hindari memanipulasi ulasan seperti dengan melakukan fake order karea akan berdampak tidak baik untuk masa depan nama baik toko kamu.

9. Gunakan strategi SEO

Search Engine Optimization (SEO) adalah teknik yang digunakan untuk meningkatkan visibilitas produk di mesin pencari seperti Google. Kamu dapat memanfaatkan teknik SEO untuk meningkatkan visibilitas produk kamu di Shopee dan membantu pembeli menemukan produk kamu dengan lebih mudah. Pelajari dasar-dasar seo yang bisa kamu temukan tutorialnya di YouTube. Lalu cobalah terapkan di produk yang kamu jual di Shopee.

Kesimpulan

Menurutku sebagai penulis yang juga tahu perkembangan seputar dunia ecommerce, kita harus mengkombinasikan penjualan dari organik customer dan memasang iklan untuk tetap selalu ada penjualan di toko kamu.

Jangan lupa memanfaatkan semua fitur yang ada di Shopee, terutama fitur-fitur seperti naikkan produk yang merupakan promosi gratis dan dapat membantu penjualan kamu.

Semoga tips ini bermanfaat bagi kamu yang baru mulai berjualan di Shopee atau mungkin sedang bingung mengapa produk kamu tidak muncul di halaman pencarian. Terima kasih sudah membaca, sampai jumpa di artikel aku lainnya.

BACA JUGA: Cara Cek Pesanan di Shopee Tanpa Aplikasi

Latest article