Don't be Captious

Cara Menukarkan Uang Baru Secara Online

Ardy Messi
Ardy Messihttp://killingcr.co.cc
Work in PR agency, Strategic Planner wannabe, a bikers, a cyclist, music and movie freak, Barca fans.

Halo Sobat JBers, seperti yang kita tahu, Lebaran adalah momen yang sangat dinanti-nanti oleh umat muslim di seluruh dunia.

Hari raya Idul Fitri adalah saat dimana semua keluarga akan berkumpul untuk merayakan kemenangan. Salah satu hal yang wajib ditemui di saat lebaran adalah salam tempel.

Biasanya, momen ini dimanfaatkan untuk saling membagikan uang kepada keluarga. Tidak heran jika sebelum lebaran, masyarakat berbondong-bondong pergi ke bank untuk menukarkan uang baru. Namun, Bank Indonesia tahun ini menyediakan penukaran uang baru yang bisa dilakukan secara online maupun langsung datang ke bank. Wah, asyik banget ya!

Pada kesempatan kali ini, aku akan berbagi cara untuk melakukan penukaran uang baru melalui online.

Cara menukarkan uang baru secara online

  1. Buka laman https://pintar.bi.go.id/ untuk penukaran uang baru buat Lebaran 2023.
  2. Pilih menu “Penukaran Uang Rupiah Melalui Kas Keliling”.
  3. Pilih provinsi lokasi penukaran uang baru pada mobil kas keliling yang diinginkan.
  4. Pilih lokasi dan tanggal penukaran uang sesuai kebutuhan.
  5. Isi data pemesanan, yang meliputi NIK KTP, nama lengkap, nomor telepon, dan alamat e-mail.
  6. Isi jumlah lembar atau keping uang rupiah yang akan ditukarkan melalui kas keliling, dan akan diberi bukti pemesanan.
  7. Bawa bukti pemesanan tersebut ke petugas kas keliling saat melakukan penukaran uang baru buat Lebaran 2023, sesuai dengan lokasi dan waktu yang dipilih.

Namun, jika Sobat JBers ingin menukarkan uang baru secara langsung ke Bank Indonesia, kamu bisa langsung mengunjungi bank yang melayani penukaran uang maupun di jalur mudik yang bekerjasama dengan perbankan BI.

Bank Indonesia telah menyediakan 5.066 titik penukaran uang dari 34 provinsi di Indonesia. Daftar lokasi penukaran uang tersebut dapat diakses melalui laman resmi Bank Indonesia.

Saat sudah di petugas keliling, pastikan kamu membawa bukti penukaran yang sudah diregistrasi online ya. Ini sangat penting agar proses penukaran uang baru berjalan lancar dan tidak terjadi masalah di kemudian hari.

Kesimpulan

Menjelang Hari Raya Idul Fitri, penukaran uang baru sudah menjadi hal yang biasa dilakukan oleh masyarakat. Sebelumnya, masyarakat harus pergi ke bank untuk melakukan penukaran tersebut.

Namun, saat ini Bank Indonesia telah menyediakan layanan penukaran uang baru secara online maupun langsung datang ke bank. Selain itu, Bank Indonesia juga bekerjasama dengan perbankan untuk menyediakan titik penukaran uang baru yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia.

Dengan adanya layanan penukaran uang baru ini, diharapkan proses salam tempel bisa berjalan dengan lancar. Jadi, untuk Sobat JBers yang ingin melakukan penukaran uang baru, bisa memanfaatkan layanan tersebut agar tetap merayakan Hari Raya Idul Fitri dengan lancar dan meriah bersama keluarga. (jow)

Latest article