Don't be Captious

7 Tips Hadapi Hari Pertama Masuk Kerja

Dimas Drajat
Dimas Drajat
Anak UI yang lagi membangun personal branding

Sobat JBers, hari pertama masuk kerja merupakan hari yang paling penting saat kamu mengawali karir di suatu perusahaan. Pada kesempatan kali ini, saya ingin berbagi pengalaman tentang cara menghadapi hari pertama kerja.

Sebagai seseorang yang telah melewati tahap ini, saya yakin pengalaman ini akan sangat berguna bagi teman-teman yang akan memasuki dunia kerja untuk pertama kalinya atau yang saat ini sedang menyelesaikan tahap akhir seleksi dan akan segera memulai pekerjaan.

Mengapa hari pertama kerja sangat penting?

Karena biasanya apa yang terjadi pada hari pertama akan sangat menentukan apa yang akan terjadi pada hari-hari selanjutnya. Contohnya, jika pada hari pertama kita terkesan negatif bagi rekan kerja, mereka akan cenderung menjauhi kita pada hari-hari berikutnya.

Sebaliknya, jika kita melakukan hal yang positif dan dinilai positif oleh rekan kerja, maka kita akan menjadi lebih mudah bergaul dan betah di kantor.

BACA JUGA: Pindah Kantor? Ini Kiat-kiat Agar Kamu Bisa Beradaptasi dengan Pekerjaan Baru

Berikut ini 7 tips yang dapat membantu Sobat JBers menghadapi hari pertama kerja dengan sukses dan dinilai positif oleh rekan kerja:

1. Jangan datang Tepat Waktu

Jangan datang tepat waktu, tetapi usahakan datang lebih awal. Contohnya, jika jam masuk kita pukul 08.00, datanglah sekitar pukul 07.30 atau 07.45. Hal ini mungkin terlihat sederhana, tetapi dapat memberikan kesan positif kepada atasan atau rekan kerja. Mereka akan melihat kita sebagai seorang yang disiplin dan bertanggung jawab.

2. Kantongi Informasi tentang Perusahaan

Sebelum masuk ke perusahaan, ada baiknya kita mencari tahu tentang perusahaan tersebut, baik dari segi visi misi, budaya kerja, maupun aturan-aturannya. Dengan demikian, kita dapat lebih mudah beradaptasi dan menghindari kesalahan yang tidak disengaja.

BACA JUGA: Daftar Aplikasi Pendukung Konsentrasi Bekerja

3. Jadilah pendengar

Pada hari pertama kerja, kita akan banyak bertemu dengan orang-orang baru. Jadilah pendengar yang baik, dan jangan terlalu banyak bicara. Dengarkanlah apa yang dikatakan oleh rekan kerja atau atasan kita. Hal ini dapat membantu kita memahami lebih banyak tentang perusahaan dan pekerjaan kita.

4. Profesional dan positif

Kita harus bersikap positif dan profesional, baik kepada atasan maupun rekan kerja. Jangan terlalu banyak mengeluh atau membandingkan perusahaan ini dengan perusahaan sebelumnya. Bersikaplah seperti seorang profesional yang fokus pada pekerjaannya.

5. Bertanya lebih baik

Jangan takut untuk bertanya jika ada yang tidak kita pahami. Justru dengan bertanya, kita akan lebih mudah memahami tugas-tugas kita dan dapat menyelesaikannya dengan lebih baik.

6. Persiapkan diri secara fisik dan mental

Hari pertama masuk kerja bisa menjadi sangat melelahkan. Persiapkan dirimu secara fisik dan mental agar kamu siap menghadapi tantangan di tempat kerja. Pastikan kamu tidur cukup dan memakan sarapan yang sehat di hari pertama.

7. Rencanakan perjalananmu ke tempat kerja

Pastikan kamu tahu rute yang harus kamu ambil untuk mencapai tempat kerjamu. Rencanakan perjalananmu sebelum hari pertama masuk kerja agar kamu tidak terlambat dan merasa terburu-buru.

FAQs

Apa yang harus saya lakukan jika saya merasa tidak cukup kompeten di tempat kerja?

Jangan takut untuk bertanya atau meminta bantuan jika kamu merasa tidak cukup kompeten di tempat kerja. Para atasanmu pasti akan lebih menghargai kamu jika kamu jujur tentang keterbatasanmu dan berusaha untuk belajar lebih banyak.

Bagaimana jika saya membuat kesalahan di hari pertama?

Jangan terlalu khawatir jika kamu membuat kesalahan di hari pertama. Ingatlah bahwa semua orang pasti pernah membuat kesalahan. Jangan takut untuk meminta maaf dan belajar dari kesalahanmu.

Apa yang harus saya lakukan jika saya merasa tidak nyaman di tempat kerja?

Jika kamu merasa tidak nyaman di tempat kerja, cobalah untuk berbicara dengan atasanmu atau rekan kerjamu. Mereka mungkin bisa membantumu menyelesaikan masalah dan merasa lebih nyaman di tempat kerja.

Kesimpulan

Jadi, itu tadi 7 tips yang bisa saya bagikan kepada Sobat JBers mengenai cara menghadapi hari pertama kerja. Saya harap tips-tips tersebut dapat bermanfaat bagi Sobat JBers yang akan memulai karir atau sedang menunggu hari pertama bekerja.

Penting untuk diingat bahwa hari pertama kerja sangatlah penting karena akan sangat menentukan kesan dan hubungan antara Sobat JBers dengan rekan kerja dan atasan di kantor. Oleh karena itu, persiapkan diri dengan baik dan jangan lupa untuk mempraktekkan tips-tips di atas agar dapat membuat kesan yang positif di hari pertama kerja.

Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga sukses di hari pertama kerja dan selamat berkarir!

BACA JUGA: Hasil Studi: Bekerja 4 Hari dalam Seminggu Terbukti Bikin Bahagia Karyawan dan Perusahaan

Latest article